HomeInfo SehatKulitWaspada, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Rambut Rontok
Kulit

Waspada, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Zahra Aminati, 05 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Vitamin D memainkan peran penting bagi kesehatan kesehatan rambut. Kurang vitamin D dapat menyebabkan kerontokan rambut. Bagaimana penjelasannya? Cari tahu di sini.

Waspada, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Vitamin D merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Bersama dengan kalsium,  Vitamin D berperan penting untuk menjaga dan membangun kekuatan tulang. 

Tak hanya itu, vitamin D juga berperan penting bagi kesehatan rambut, terutama untuk mencegah rambut rontok. Berikut penjelasannya.

Alasan Kekurangan Vitamin D Sebabkan Rambut Rontok

Perlu diketahui, vitamin D dimetabolisme di kulit oleh sel keratinosit. Sel keratinosit berperan memproses keratin, protein di rambut, kuku, dan kulit. Selain itu, pembentukan folikel rambut juga dipengaruhi oleh kadar vitamin D dalam tubuh.

Folikel adalah pori-pori tempat tumbuhnya rambut di kepala. Folikel membantu rambut mempertahankan ketebalan dan mencegah rambut rontok sebelum waktunya.  Dokter Atika mengatakan, “Bila folikel rambut tidak sehat, rambut akan mudah rontok.”

Saat tubuh tidak memiliki kadar vitamin D yang cukup, keratinosit di dalam folikel mengalami kesulitan untuk mengatur pertumbuhan dan kerontokan rambut. 

Artikel Lainnya: Kekurangan Sederet Nutrisi Ini Bisa Picu Kerontokan Rambut

“Ada hubungan antara kekurangan vitamin D dan rambut rontok (alopecia), dan ini sering menjadi penyebab umum penipisan rambut atau kerontokan rambut pada pria atau wanita,” ujar dr. Arielle Levitan, dilansir dari WebMD

Penelitian bertajuk Vitamin D Deficiency in Alopecia Areata tahun 2014 menunjukkan bahwa orang dengan alopecia areata memiliki kadar vitamin D yang jauh lebih rendah daripada orang yang tidak menderita alopecia. 

Melansir dari Medical News Today, alopecia areata merupakan kondisi autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata. 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin D untuk Mencegah Rambut Rontok 

Untuk mencegah serta membantu mengatasi kerontokan rambut, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D harian. 

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutuhan vitamin D orang dewasa sebanyak 15 mcg atau sekitar 600 IU per hari.

Artikel Lainnya: Lemon Ternyata Berguna untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti telur, alpukat, kacang-kacangan, keju, dan susu.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. 

Saat kadar vitamin D terlalu rendah, dokter dapat meresepkan dosis vitamin D yang lebih tinggi. 

Berjemur di bawah sinar matahari juga dapat mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan membantu mencegah rambut rontok

Disarankan berjemur di bawah sinar matahari sekitar jam 8-9 pagi selama 15 menit. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Atika
  • Harvard Edu. Diakses 2022. Vitamin D. 
  • WebMD. Diakses 2022. Vitamin D Deficiency and Hair Loss: Everything You Need to Know. 
  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses 2022. Angka Kecukupan Gizi
  • Medical News Today. Diakses 2022. Can a vitamin D deficiency cause hair loss?
  • Research Gate. Diakses  2022. Vitamin D Deficiency in Alopecia Areata. 2014.  
  • PubMed. Diakses 2022. Serum ferritin and vitamin d in female hair loss: do they play a role? 2013.  

 

vitamin dRambut RontokKebotakan

Konsultasi Dokter Terkait