HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Susu Kambing untuk Kulit, Bikin Awet Muda!
Diet dan Nutrisi

Manfaat Susu Kambing untuk Kulit, Bikin Awet Muda!

Zahra Aminati, 05 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tanpa disadari, ternyata susu kambing memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Ketahui berbagai manfaat susu kambing untuk kulit di sini.

Manfaat Susu Kambing untuk Kulit, Bikin Awet Muda!

Susu kambing (goat’s milk) ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Tak heran bila beberapa produk skincare memasukkan bahan tersebut sebagai komposisinya.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, “Kandungan yang menonjol di dalamnya [susu kambing] adalah asam laktat, ragam vitamin, protein, dan lemak yang baik untuk kulit.” 

Berikut sederet manfaat susu kambing untuk kulit:

1. Mencerahkan Kulit

Skincare berbahan dasar susu kambing dapat membantu kulit lebih cerah. “Dari berbagai penelitian, asam laktat dapat membuat kulit lebih terhidrasi dan ternutrisi. Inilah yang membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat,” jelas dr. Iqbal. 

Asam laktat (lactic acid) merupakan salah satu jenis AHA (alpha hydroxy acid) yang populer untuk produk kecantikan kulit. Asam ini bisa ditemukan pada produk susu, termasuk susu kambing. 

Menurut studi tahun 2018 bertajuk “Dual Effects of Alpha-Hydroxy Acids on the Skin”, asam laktat memiliki fungsi mempercepat pergantian sel dan merangsang pembaruan sel. Pergantian sel-sel inilah yang membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. 

2. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Selain mencerahkan kulit, lactic acid pun dapat membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. “Kandungan-kandungan seperti vitamin, protein, dan lemak dalam susu kambing mampu mengeksfoliasi kulit untuk menutrisi dan meregenerasi kulit,” ujar dr. Iqbal. 

Melansir Very Well Health, semua jenis AHA memang mampu mengeksfoliasi dan memperbaiki tekstur kulit. Tetapi, asam laktat memiliki manfaat ekstra yang tidak bisa didapatkan dari jenis AHA lain, seperti glycolic acid dan asam mandelat.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan asam laktat susu kambing juga ternyata baik untuk menjaga kelembapan kulit. 

Kulit kering merupakan kondisi saat kadar air di dalam kulit rendah. Adanya lipid di kulit dapat mencegah hilangnya kelembapan. 

Orang yang memiliki kadar lipid rendah akan mengalami kondisi kulit yang kering, iritasi, dan terasa tertarik. 

Untuk mengatasi kulit kering, lapisan lipid harus dipulihkan dan direhidrasi. Susu kambing yang memiliki kadar kolesterol dan asam lemak tinggi bisa menggantikan lipid yang hilang. Kulit pun kembali lembap. 

Artikel lainnya: Hati-Hati, Posisi Tidur Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Keriput! 

Menurut studi dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, lactic acid juga membantu meningkatkan kelembapan alami kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Jadi, kulit lebih lembap dan tidak kering. 

Itulah mengapa susu hewan ternak ini cukup baik untuk kulit yang mengalami masalah seperti iritasi, psoriasis, eksim, dan sebagainya. 

4. Mengatasi Jerawat

Asam laktat di dalam goat’s milk juga dapat mengendalikan atau mencegah jerawat.  

Pada penelitian tahun 2015 dengan judul “The effect of physically applied alpha hydroxyl acids on the skin pore and comedone”, asam laktat dan jenis AHA lainnya dapat menjaga pori-pori bersih dari kotoran dan minyak, sehingga munculnya jerawat bisa dicegah.

Meskipun membantu mengatasi, efektivitas susu kambing untuk jerawat dapat bervariasi pada setiap orang. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit untuk memastikan susu ini tepat untuk menangani jerawat. 

Artikel lainnya: Perbedaan Garis Halus dan Kerutan yang Perlu Anda Tahu 

5. Mencegah Penuaan Kulit

Paparan radikal bebas dan sinar UV yang terlalu sering bisa membuat kulit rentan mengalami penuaan, terlebih bila tidak memakai skincare pelindung. 

Produk kecantikan berbahan goat’s milk yang kaya vitamin, protein, dan AHA bisa berguna mengatasi masalah penuaan kulit. Kandungan asam laktatnya dapat merangsang pembaruan kolagen yang penting untuk kekencangan kulit.

Selain itu, asam laktat bisa membantu memudarkan sunspot (bintik akibat matahari), serta mengurangi garis-garis halus di wajah. Namun, asam ini tidak memperbaiki kerutan yang lebih dalam. 

Pakailah skincare susu kambing teratur untuk merasakan manfaatnya pada kulit.

Agar keremajaan kulit lebih maksimal, lakukan juga skincare routine sesuai jenis kulit. Disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu kepada dokter kulit sebelum menggunakan produk kecantikan berbahan dasar susu kambing.

Gunakan Live Chat dokter kulit di aplikasi KlikDokter untuk pengalaman berkonsultasi yang lebih cepat dan mudah.

(FR/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. 6 Surprising Benefits of Goat Milk Soap.

International Journal of Cosmetic Science (2015). Diakses 2021. The effect of physically applied alpha hydroxyl acids on the skin pore and comedone.

Very Well Health. Diakses 2021. An Overview of Lactic Acid Skin Care.

Molecules (2018). Diakses 2021. Dual Effects of Alpha-Hydroxy Acids on the Skin. 

Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology (2018). Diakses 2021. Skin hydration is significantly increased by a cream formulated to mimic the skin’s own natural moisturizing systems.

kulitKecantikanSkincareSusu Kambing

Konsultasi Dokter Terkait