Kulit

5 Tips Perawatan Kulit Gelap Agar Tetap Tampil Glowing

Siti Nurmayani Putri, 22 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit glowing juga bisa dimiliki oleh pemilik kulit gelap dengan cara melakukan perawatan yang tepat. Ini 5 langkah perawatan kulit gelap agar tetap glowing.

5 Tips Perawatan Kulit Gelap Agar Tetap Tampil Glowing

Punya kulit glowing jadi salah satu impian dari kebanyakan orang. Tak hanya mereka yang berkulit putih, pemilik kulit gelap juga bisa mendapatkan kulit yang glowing dan sehat.

Untuk mendapatkan kulit bercahaya, tentu kamu perlu melakukan perawatan wajah secara teratur. Kira-kira, apa saja langkah yang bisa dilakukan agar kulit tampak glowing? Mari simak tipsnya berikut ini.

1. Rajin Pakai Serum Vitamin C

Vitamin C bisa jadi salah satu bahan terbaik untuk membuat kulit jadi lebih glowing. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh nutrients Journal, vitamin C dapat menghambat produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. 

Ketika produksi melanin terhambat, maka vitamin C bisa bantu cerahkan kulit. Oleh karenanya, penggunaan serum vitamin C pun menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin punya wajah glowing. Nah, kamu bisa memakai vitamin C & Peptides Brightening Serum dari ERHA TRUWHITE.

Produk ini merupakan The First Serum for Multi Glowing Skin pertama yang mengandung Vitamin C dan peptides yang bekerja dengan cara mengurangi flek pada wajah sekaligus membantu menghidrasi, menjaga elastisitas kulit, dan membuat wajah jadi lebih glowing dengan hasil yang berbeda-beda.

Karena dibuat dengan New Advance technology active brightening ingredients dan kombinasi dengan kandungan lainnya, seperti vitamin C, peptides, hyaluronic acid, salicylic acid, serta water lily, serum ini dapat lebih efektif dalam mencerahkan kulit secara merata, mengurangi dark spots, menjaga pori-pori agar tetap bersih, sekaligus menghidrasi kulit.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan wajah glowing dengan hasil yang instan karena sudah teruji klinis mencerahkan kulit wajah dalam 7 hari.

Menariknya, produk ini menjadi serum lokal pertama yang mengandung vitamin C & Salicylic Acid, sehingga aman untuk semua jenis kulit, termasuk acne prone skin.

Bahkan, Vitamin C & Peptides Brightening Serum dari ERHA TRUWHITE juga aman digunakan pada ibu hamil yang ingin glowing.

2. Gunakan Clarifying Toner

Umumnya, pemilik kulit gelap sering merasa kulitnya semakin berminyak saat menggunakan make up. Untuk mengatasinya, coba aplikasikan clarifying toner yang berfungsi untuk mengeringkan minyak di kulit. 

Selain itu, produk ini juga dapat mengencangkan pori-pori dan mencegah pembentukan noda di wajah. Akan tetapi, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan menyarankan agar tetap memerhatikan kandungan yang ada di dalam clarifying toner. 

Clarifying toner yang mengandung AHA dan BHA bisa mengeksfoliasi atau meregenerasi kulit mati. Jadi, produk ini bisa mencerahkan wajah dengan cara mengganti sel-sel kulit mati dengan sel kulit yang baru,” tuturnya. 

Kendati demikian, clarifying toner hanya disarankan untuk digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Jika kulit kamu kering, ada baiknya untuk menghindari penggunaan produk tersebut, ya!

Artikel Lainnya: 20 Cara Efektif Memutihkan Kulit Secara Alami

3. Selalu Oleskan Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

Penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Melansir dari Harvard Medical School, paparan sinar matahari bisa menimbulkan dampak negatif bagi kulit, seperti hiperpigmentasi dan kulit yang terbakar. 

Hal ini tentu dapat membuat kulit tampak lebih gelap dan kusam. Oleh karenanya, wajib untuk mengoleskan tabir surya sebelum keluar rumah. 

Berdasarkan Skin Cancer Foundation, penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30 sebelum keluar rumah bisa mengurangi risiko kanker karsinoma skuamosa (SCC) sekitar 40 persen. 

Tak hanya itu, memakai tabir surya juga mampu menurunkan risiko melanoma atau kanker kulit yang terjadi akibat pertumbuhan abnormal dari melanosit (sel yang menghasilkan pigmen kulit). 

Selain itu, tabir surya juga berperan penting dalam mencegah penuaan dini akibat radiasi sinar matahari. 

4. Lakukan Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Bagi pemilik kulit gelap, masalah yang paling sering muncul adalah tidak meratanya warna kulit dan munculnya dark spot atau hiperpigmentasi. Untuk membuat wajah tampak glowing, maka kamu perlu melakukan eksfoliasi secara teratur. 

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Ini tentunya bisa mencerahkan dan memperbaiki penampilan kulit. 

Akan tetapi, kamu tetap perlu berhati-hati. Pasalnya, proses pengelupasan kulit ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karenanya, pastikan untuk melakukannya secara lembut dan perlahan. 

Jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif, kamu bisa memilih metode eksfoliasi kimia dengan produk yang mengandung AHA. Sedangkan untuk kulit berminyak, coba untuk lakukan eksfoliasi secara fisik dengan menggunakan eksfoliator atau scrub secara perlahan. 

Hindari melakukan eksfoliasi pada kulit yang terluka, terbuka, atau terbakar sinar matahari. Jangan lupa, oleskan pelembap setelah eksfoliasi. 

Artikel Lainnya: Mau Eksfoliasi, Lebih Baik Pakai yang Chemical atau Physical?

5. Fokus ke Dark Spot

Disarankan Dokter Iqbal, coba untuk fokus ke bagian dark spot atau flek hitam. Bekas jerawat menjadi salah satu jenis dark spot yang mudah untuk dihilangkan. 

“Coba gunakan skincare yang mengandung agen pencerah untuk mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan chemical peeling dan mikrodermabrasi,” tuturnya. 

Bahkan, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang ringan namun efektif. Misalnya asam glikolat yang sering ditemukan pada essence, serum wajah, dan toner. 

Pastikan produk yang kamu gunakan juga sesuai dengan kondisi kulit yang dialami. Contohnya yang berlabel untuk kulit sensitif dan bebas pewangi. 

Jadi, sudah siapkah kamu untuk memiliki kulit glowing? Supaya hasilnya lebih maksimal, jangan sungkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. 

Agar lebih praktis, segera unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi langsung dengan dokter kulit. Dengan konsultasi, nantinya kamu lebih paham masalah kulit yang dialami dan semakin aware untuk #JagaSehatmu dan kulitmu!

kulitKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait