HomeInfo SehatTHTPerawatan Rumahan untuk Mengatasi Radang Amandel
THT

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Radang Amandel

Tri Yuniwati Lestari, 31 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Radang amandel dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan pada tenggorokan. Kamu dapat mengatasinya dengan perawatan rumahan berikut ini.

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Radang Amandel

Radang amandel atau tonsilitis adalah suatu kondisi ketika amandel terinfeksi oleh bakteri atau virus. Tonsilitis dapat menyebabkan amandel bengkak atau meradang, sakit tenggorokan, dan nyeri saat menelan.

Tidak hanya itu, radang amandel juga dapat menyebabkan demam atau nyeri pada daerah telinga. Namun, tak perlu khawatir, beberapa perawatan radang amandel berikut ini bisa kamu lakukan di rumah. 

1. Perbanyak Minum Air Hangat

Melansir Medical News Today, perawatan untuk radang amandel di rumah dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan berkuah atau minuman yang hangat.

Minum air putih hangat dapat meringankan rasa ketidaknyaman pada tenggorokan. Kemudian sup hangat juga dapat menjadi pilihan untuk meredakan rasa sakit pada amandel.

Menyeduh teh herbal yang mengandung bahan-bahan seperti madu, pektin, atau gliserin juga dapat membantu meredakan radang amandel.

Pasalnya, bahan-bahan tersebut diyakini dapat membentuk lapisan pelindung di atas selaput lendir mulut dan tenggorokan yang dapat meredakan iritasi. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

2. Menghindari Makanan yang Keras

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, untuk meredakan radang amandel kamu perlu menghindari makan-makanan yang bertekstur keras dan juga mengandung banyak minyak.

“Hindari makan-makanan yang terlalu keras, misalnya gorengan. Atau, makanan yang memicu gatal pada tenggorokan, seperti makanan tinggi lemak, pedas, dan berpenyedap rasa,” ucap dr. Iqbal.

Hindari pula ngemil makanan, seperti keripik, ciki, dan makanan manis yang mengandung gula buatan.

Ganti cemilan dengan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, smoothies, yoghurt, dan kacang-kacangan yang direbus atau dipanggang.

3. Berkumur dengan Air Garam

Cara lainnya dalam mengatasi radang amandel di rumah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Untuk hasil yang lebih baik disarankan untuk berkumur menggunakan air hangat.

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri akibat tonsilitis.

Cara ini juga dapat mengurangi peradangan, bahkan dapat membantu mengobati infeksi yang menyebabkan radang amandel.

Artikel Lainnya: Penyebab Suara Berubah pasca Operasi Amandel

4. Hindari Berteriak atau Menggunakan Nada Tinggi

Pembengkakan di tenggorokan dapat menyebabkan suara kamu menjadi serak dan bahkan tidak terdengar. Jika itu terjadi, jangan memaksakan untuk berteriak atau berbicara dengan meninggikan suara.

Pasalnya, memaksakan berbicara dengan keras berisiko menyebabkan iritasi tenggorokan lebih lanjut.

Bila berbicara membuat tenggorokanmu terasa sakit, kamu perlu mengistirahatkan suara sebanyak mungkin.

Selain itu, ketika tenggorokan terasa sakit saat berbicara, disarankan pula untuk periksa ke dokter. Ini karena kesulitan berbicara dapat mengindikasikan terjadinya komplikasi.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Dokter Iqbal mengatakan bahwa ada beberapa obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter yang dapat mengobati radang amandel.

Adapun obat-obat anti nyeri ringan yang dijual bebas di apotek, seperti parasetamol, ibuprofen, dan aspirin.

Obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, demam, dan gejala tonsilitis lain yang mengganggu.

Namun, perlu dicatat bahwa obat anti nyeri aspirin tidak cocok untuk anak-anak, karena berisiko menyebabkan penyakit mengancam jiwa yang disebut sindrom Reye.

Radang amandel yang terjadi pada anak anak sebaiknya diperiksa oleh dokter untuk mendapat resep obat yang tepat.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mencegah Radang Amandel

6. Semprotan Tenggorokan dan Obat Kumur

Semprotan tenggorokan dan obat kumur adalah cara lain untuk memberikan obat anestesi, anti-inflamasi, dan antiseptik langsung ke tenggorokan.

Kamu dapat membeli semprotan tenggorokan dengan salah satu bahan aktif berikut:

  • Benzidamin
  • Fenol
  • Dibucaine
  • Benzil alkohol
  • Setilpiridinium klorida
  • Klorheksidin glukonat

7. Obat Pelega Tenggorokan

Obat pelega tenggorokan memiliki kandungan anestesi yang dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang.

Selain itu, kebanyakan obat pelega tenggorokan juga mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Salah satu manfaat pelega tenggorokan adalah obat ini memberikan pereda nyeri langsung ke tempat peradangan.

Banyak obat pelega tenggorokan yang tersedia dalam bentuk permen atau tablet yang diisap.

Meski berbentuk permen, obat pelega tenggorokan tidak cocok untuk anak kecil karena dapat menimbulkan risiko tersedak.

Beberapa merek obat juga mengandung benzokain yang dapat berefek buruk pada anak-anak.

8. Perbanyak Istirahat

Orang dengan tonsilitis harus mendapatkan istirahat dengan cukup atau sebanyak mungkin. Istirahat akan memungkinkan tubuh melawan infeksi virus atau bakteri.

Memaksakan diri untuk beraktivitas saat sedang radang amandel hanya meningkatkan kemungkinan sakit bertahan lebih lama. Di samping itu juga berisiko menularkan infeksi pada orang lain.

Itulah sejumlah cara mengobati radang amandel di rumah. Apabila tidak mengurangi nyeri atau semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(PUT/AYU)

tenggorokanpernapasanRadang Amandel