Perawatan Wanita

Waspada Efek Samping Air Mawar pada Kulit

Zahra Aminati, 07 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Air mawar bermanfaat untuk kecantikan kulit. Namun, Anda juga harus hati-hati dengan risiko efek samping air mawar. Apa saja bahayanya?

Waspada Efek Samping Air Mawar pada Kulit

Air mawar telah lama dikenal bermanfaat dan aman untuk kulit wajah. Meski begitu, mungkin banyak yang belum menyadari adanya risiko efek samping air mawar.

Terdapat beberapa keluhan kulit yang dapat muncul akibat pemakaian air mawar. Apa saja kemungkinan efek samping penggunaan air mawar untuk kulit?

Efek Samping Air Mawar pada Kulit

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (Xmee/Shutterstock)

Menurut dr. Reza Fahlevi, secara umum air mawar untuk kulit tergolong aman, terutama bila diproses secara alami. Yang mesti diwaspadai ialah air mawar yang diproses kimiawi.

Pada beberapa kasus, seseorang dapat mengalami reaksi terhadap air mawar karena memiliki sensitivitas. Reaksi yang muncul akibat air mawar, meliputi:

  • Rasa terbakar atau panas pada kulit.
  • Kemerahan. 
  • Iritasi kulit.

Karena itu, penting untuk uji tempel (patch test) air mawar di bagian kulit lain terlebih dahulu, sebelum diaplikasikan di wajah.

Artikel lainnya: Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Coba oleskan sedikit air mawar di lengan Anda. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi atau masalah pada kulit dalam waktu 24 jam, air mawar aman untuk area kulit lainnya.

Pastikan juga untuk mengenali jenis kulit sebelum menggunakan air mawar. “Bagi pemilik kulit sensitif, bisa saja air mawar memunculkan iritasi, atau kulit yang gampang alergi juga bisa memunculkan iritasi,” ujar dr. Reza.

Jika mengalami efek samping air mawar yang tak kunjung membaik, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Efek Samping Air Mawar pada Kulit

Mana Lebih Bagus untuk Kulit, Air Beras atau Air Mawar? (OlgaKot17/Shutterstock)

Dokter Sara Elise Wijono, MRes, mengatakan, “Kalau sudah terlanjur mengalami iritasi akibat air mawar, stop pemakaian produk tersebut dan istirahatkan kulit dari penggunaan skincare.”

Artikel lainnya: Mana Lebih Bagus untuk Kulit, Air Beras atau Air Mawar?

Beberapa langkah yang bisa dilakukan setelah kulit mengalami iritasi akibat air mawar, antara lain:

  • Gunakan kain dingin dan basah pada kulit iritasi, atau kompres es. Tempelkan sekitar 5-10 menit sampai iritasi mereda.
  • Jika iritasi sudah mereda, gunakan pelembap. Pastikan pilih pelembap yang bebas zat aditif dan tidak mengandung wewangian.
  • Anda juga bisa mengoleskan bahan-bahan dengan efek dingin dan menenangkan, seperti mentol atau kalamin, pada kulit yang terpapar air mawar.

Tips Aman Memakai Air Mawar untuk Kulit

Kini sudah banyak produk air mawar yang dijual di pasaran. Bila Anda ingin membuatnya sendiri, pastikan gunakan mawar segar dan utamakan kebersihan selama proses pembuatan.

Untuk perawatan kecantikan, air mawar bisa digunakan dengan aman sebagai pembersih makeup ringan. Tuang air mawar secukupnya ke kapas, lalu usap riasan perlahan. Ulangi pemakaian bila diperlukan.

Wajah yang kusam dan lelah juga bisa diatasi dengan face mist air mawar. Semprotkan sekitar 2-5 kali ke wajah agar kembali segar.

Untuk mengatasi mata lelah, air mawar juga aman digunakan. Caranya, rendam kapas di dalam air mawar dingin. Letakkan kapas di atas kelopak mata selama beberapa menit, lalu angkat.

Secara umum, air mawar aman untuk kulit. Namun, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati karena ada risiko efek samping dari air mawar terhadap jenis kulit semacam itu.

Bila ingin berkonsultasi seputar skincare, gunakan Live Chat dokter kulit di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Bunga mawarKecantikanSkincare

Konsultasi Dokter Terkait