Kanker

Waspadai Sakit Paru-Paru Sebelah Kiri, Mungkin Ini Sebabnya

Zahra Aminati, 08 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernahkah Anda merasakan sakit paru-paru sebelah kiri? Waspada, kondisi ini dapat menandakan penyakit tertentu. Cari tahu fakta selengkapnya lewat ulasan berikut

Waspadai Sakit Paru-Paru Sebelah Kiri, Mungkin Ini Sebabnya

Pernah atau sering merasa sakit pada paru-paru sebelah kiri? Jika ya, waspadalah. Pasalnya, sakit paru-paru sebelah kiri bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Melansir Healthline, paru-paru terasa sakit bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala. Kondisi tersebut pun tidak melulu berkaitan dengan paru-paru, tapi juga organ lain yang ada di sekitarnya. 

Faktanya, paru-paru manusia memiliki sedikit sensor rasa sakit. Dengan kata lain, rasa sakit yang Anda anggap terjadi di paru-paru mungkin terjadi di dada atau perut.

Lantas, apa saja hal yang bisa mencetuskan gejala paru-paru kiri sakit? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Asma

Asma merupakan penyakit jangka panjang, yang ditandai dengan penyempitan atau peradangan pada saluran pernapasan. Kondisi tersebut membuat penderitanya lebih rentan mengalami gejala mengi, batuk kronis, dan sesak napas. 

Gejala-gejala yang berhubungan dengan asma dapat menyebabkan sesak dan nyeri di dada, baik sebelah kiri maupun kanan.

2. Pleuritis

Pleuritis adalah kondisi yang terjadi ketika selaput (pleura) pelapis sisi dalam rongga dada dan jaringan paru-paru meradang. 

Melansir National Health Service Inform, gejala umum dari pleuritis adalah sensasi nyeri dada, baik di sebelah kiri atau kanan, yang terasa tajam saat menarik napas dalam. Rasa sakit tersebut juga bisa menjalar hingga ke bahu. 

3. Pneumotoraks

Pneumotoraks merupakan kondisi yang terjadi ketika paru-paru kolaps. Gejala utama dari kondisi ini adalah nyeri tiba-tiba pada bagian dada atau paru-paru yang terlibat, baik di kiri ataupun kanan.

Penderita pneumotoraks juga umumnya mengalami sesak napas. Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat mengancam jiwa penderitanya.

4. Emboli Paru

Emboli paru terjadi akibat gumpalan di paru-paru. Mengutip Medlineplus, emboli paru dapat merusak paru-paru, karena membatasi aliran darah dan kadar oksigen. 

Kondisi tersebut juga bisa merusak organ lain dalam tubuh. Sebab, organ-organ tidak mendapat suplai oksigen yang cukup. 

Artikel Lainnya: Waspadai Tanda-Tanda Masalah Paru-Paru Ini

Gejala umum dari emboli paru adalah rasa nyeri di dada sebelah kiri atau kanan, dan sesak napas. Selain itu, kondisi ini dapat pula menyebabkan detak jantung dan pernapasan menjadi cepat, batuk berdarah, penurunan kesadaran, dan tekanan darah rendah. 

5. Efusi Pleura

Efusi pleura terjadi akibat adanya cairan berlebihan di antara lapisan pleura (selaput pelapis paru-paru). 

Pada sebagian kasus, efusi pleura dapat menyebabkan nyeri dada, batuk kering, dan sesak napas. Kondisi tersebut dapat pula mengakibatkan ketidakmampuan bernapas dengan mudah, kecuali penderitanya duduk tegak atau berdiri tegak.

Penumpukan cairan pada pleura bisa menyebabkan ketidaknyamanan paru-paru pada sisi yang terlibat, baik di kiri maupun kanan. 

6. Kanker Paru-Paru

Kanker paru tidak memiliki gejala awal yang khas. Namun, pada kondisi yang parah, penyakit tersebut dapat menyebabkan sesak napas, batuk terus-menerus, batuk disertai darah, mudah lelah, dan penurunan berat badan tanpa sebab.

Karena gejala-gejala tersebut, kanker paru-paru juga bisa mencetuskan rasa sakit pada dada sebelah kiri maupun kanan.

Artikel Lainnya: Dada Sakit saat Batuk? Awas, Mungkin Ini Penyebabnya

Itu dia beberapa penyakit yang mungkin dapat menyebabkan sensasi sakit di paru-paru sebelah kiri. 

Satu hal yang perlu digarisbawahi, penyakit-penyakit tersebut sebenarnya juga bisa mencetuskan rasa nyeri pada dada atau paru-paru kedua sisi (tidak terbatas pada kiri saja).

“Secara umum, penyakit-penyakit di atas dapat menyebabkan rasa nyeri pada kedua sisi paru. Dengan kata lain, gejalanya tidak hanya terbatas pada paru-paru kiri saja,” tegas dr. Theresia Rina Yunita.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami rasa nyeri pada paru-paru atau dada, baik di sebelah kiri maupun kanan, sebaiknya segera berobat ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan tunggu penyakit parah, karena dapat menurunkan peluang kesembuhan.

Ingin tahu lebih detail mengenai nyeri paru-paru sebelah kiri atau kanan? Punya pertanyaan tentang penyakit lain? Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. What's Causing My Left Lung Pain?

Medical News Today. Diakses 2021. What does it mean when your left lung hurts?

Web MD. Diakses 2021. Asthma.

National Health Service Inform. Diakses 2021. Pleurisy.

Mayo Clinic. Diakses 2021. Pneumothorax.

Medline Plus. Diakses 2021. Pulmonary Embolism.

Cleveland Clinic. Diakses November 2021. Pleural Effusion Causes, Signs & Treatment.

National Health Service UK. Diakses November 2021. Lung Cancer

Paru-parupernapasanAsmaKanker

Konsultasi Dokter Terkait