Sukses

Mengetahui Angka Harapan Hidup Penderita Diabetes

Diabetes yang tidak terdeteksi dapat memicu komplikasi, sehingga mempersingkat harapan hidup penderitanya. Berikut ini fakta selengkapnya tentang harapan hidup diabetes.

Penyakit diabetes terbukti dapat mengurangi harapan hidup penderitanya. Salah satu alasannya, penyakit tersebut tidak menimbulkan gejala awal yang khas sehingga sering terlambat dideteksi.

Diabetes menyebabkan kadar gula darah cenderung tinggi. Apabila kondisi ini tidak dikontrol dengan baik, berbagai fungsi organ vital pada tubuh bisa terganggu atau rusak sama sekali.

Apabila hal tersebut terjadi, penderita diabetes lebih berisiko mengalami berbagai komplikasi yang bisa mengancam keselamatannya.

Lantas, bagaimana harapan hidup penderita diabetes yang telah mengalami komplikasi? Cari tahu faktanya lewat ulasan berikut.

1 dari 3 halaman

Angka Harapan Hidup Penderita Diabetes

Diabetes terbagi menjadi tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit metabolik yang disebabkan rusaknya sel beta pankreas yang bertugas menghasilkan hormon insulin. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit autoimun, yang terjadi akibat pengaruh genetik.

Sementara itu, diabetes tipe 2 merupakan penyakit metabolik yang terjadi karena ketidakmampuan tubuh merespons insulin. Kondisi ini terjadi akibat gaya hidup dan pola makan tidak sehat.

Artikel Lainnya: Penyebab Penderita Diabetes Tidak Nafsu Makan

Laporan Diabetes UK yang terbit pada tahun 2010 silam menyatakan bahwa diabetes tipe 2 menyebabkan harapan hidup penderitanya berkurang sebanyak 10 tahun.

Sementara itu, diabetes tipe 1 menyebabkan harapan hidup penderitanya berkurang sebanyak lebih dari 20 tahun. Dengan kata lain, pengidap diabetes tipe 1 memiliki harapan hidup yang lebih singkat dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2.

Hal tersebut karena diabetes tipe 1 bisa terjadi pada usia yang sangat muda. Bahkan, anak berusia 4 tahun pun dapat terjangkit penyakit metabolik ini. 

Meski begitu, penderita diabetes tipe 1 tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, sebuah studi yang diterbitkan University of Pittsburgh pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa pengidap diabetes tipe 1 yang lahir pada abad ke-20 memiliki peningkatan harapan hidup. Harapan hidup diabetes tipe 1 dapat berkisar hingga usia 69–85 tahun.

Sebagai perbandingan, harapan hidup manusia secara umum adalah 77 tahun untuk pria, dan 81 tahun untuk wanita.

Artikel Lainnya: Penyebab Gangguan Kecemasan pada Penderita Diabetes

2 dari 3 halaman

Tips Meningkatkan Harapan Hidup Penderita Diabetes

Diabetes yang tidak terkontrol atau terdeteksi sejak dini dapat menyebabkan komplikasi, seperti kerusakan ginjal, hati, jantung, saraf, pembuluh darah, maupun mata.

Jika tidak diobati dengan saksama, komplikasi tersebut dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, dr. Reza Fahlevi, Sp.A, menganjurkan penderita diabetes untuk segera menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat guna meningkatkan harapan hidup.

Gaya hidup dan pola makan sehat bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah agar tidak melulu tinggi.

“Kemudian, deteksi dini risiko maupun komplikasi yang mungkin terjadi pada penderita diabetes. Hal tersebutlah yang sebenarnya bisa mengancam nyawa penderita diabetes,” tegas dr. Reza.

“Jadi, dengan mengontrol gula darah secara baik dan mendeteksi dini risiko maupun komplikasi diabetes, hal ini dapat meningkatkan harapan hidup penderita penyakit metabolik tersebut,” pungkasnya.

Punya pertanyaan seputar angka harapan hidup penderita diabetes? Atau ingin tahu lebih lanjut mengenai penyakit metabolik ini? Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam di Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Diabetes UK. Diakses 2021. Diabetes Life Expectancy

0 Komentar

Belum ada komentar