Diabetes

Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Kurma? Ini Aturannya Menurut Medis

dr. Fiona Amelia MPH, 11 Des 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Kurma menjadi salah satu buah yang dianggap pantangan makanan untuk penderita diabetes. Padahal penderita diabetes boleh makan kurma, asalkan tidak berlebihan.

Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Kurma? Ini Aturannya Menurut Medis

Kurma adalah salah satu buah tinggi nutrisi yang mengandung zat besi, kalium, vitamin B, B6, niacin, vitamin K, mangan, hingga riboflavin. Namun, rasa buah kurma yang manis kerap disebut menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes, karena dianggap bisa meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Faktanya, 80% berat kurma terdiri dari gula sederhana (fruktosa dan glukosa), dimana jumlah ini jauh lebih tinggi ketimbang buah atau makanan lain. Inilah yang mungkin memunculkan anggapan bahwa penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari kurma.

Bagaimana faktanya menurut medis? Berikut informasi lengkap efek makan kurma untuk penderita diabetes hingga cara konsumsinya yang tepat.

Penderita Diabetes Boleh Makan Kurma

Menurut penelitian, kurma boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meski kadar gulanya tinggi, konsumsi kurma tidak memberikan efek yang signifikan terhadap peningkatan kadar gula darah, termasuk pada penderita diabetes.

Di tahun 2009, peneliti dari Israel menguji sekelompok individu sehat yang diminta untuk mengonsumsi 100 gram kurma setiap hari selama 4 minggu. Pada akhir masa uji coba, berat badan dan kadar gula darah responden tetap stabil. Malah, individu tersebut menunjukkan perbaikan kadar trigliserida dan antioksidan dalam darah.

Studi lain di tahun 2011, yang dimuat dalam Nutrition Journal, memperkuat temuan tersebut. Ditemukan bahwa kelima varian kurma yang diteliti memiliki indeks glikemik rendah, yaitu di rentang 43-53. Untuk diketahui, indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan atau minuman untuk meningkatkan kadar gula darah. Indeks glikemik dianggap rendah bila angkanya di bawah 55. Karenanya, kurma tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan pada penderita diabetes.

Cara Aman Konsumsi Kurma untuk Penderita Diabetes

Takaran jumlah kurma yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah 2-3 potong buah atau setara 1 sendok makan kurma potong per hari. Satu sendok makan kurma memberikan jumlah karbohidrat yang setara dengan ¾-1 mangkuk melon.

Mengonsumsi kurma dalam jumlah tersebut masih aman, mengingat pada umumnya penderita diabetes diperbolehkan memenuhi 10% kebutuhan kalori totalnya dari gula atau karbohidrat sederhana.

Namun, agar gula darah tetap terjaga, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis lainnya dan tetap menjalankan pola makan sehat serta rutin berolahraga 30 menit setiap harinya.

Bagi kamu yang mengalami diabetes mellitus, kini tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi kurma. Buah ini sudah terbukti aman dan sehat selama dikonsumsi dalam batas yang wajar. 

Jika kamu ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar diabetes, kamu bisa konsultasi online dengan dokter spesialis di aplikasi KlikDokter. Diabetes tidak bisa diobati, tapi bisa dikendalikan. Supaya lebih waspada, cek risiko dan skrining gejala diabetes dengan health tools cegah diabetes, ya. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

[NB/ RVS]

Diabetes MelitusKurmagula darahDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait