HomeInfo SehatKulitCara Menghilangkan Daki dan Kulit Kehitaman di Leher
Kulit

Cara Menghilangkan Daki dan Kulit Kehitaman di Leher

Zahra Aminati, 29 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Munculnya daki dapat ditemui di bagian lipatan tubuh seperti leher. Ketahui cara menghilangkan daki di leher dari ulasan berikut.

Cara Menghilangkan Daki dan Kulit Kehitaman di Leher

Jika daki tidak dibersihkan dengan benar, lama kelamaan kulit leher dapat berubah warna menjadi cokelat kehitaman Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara ampuh menghilangkan daki di leher berikut ini.

1. Bersihkan Leher saat Mandi

Saat mandi terburu-buru, beberapa bagian tubuh mungkin terlewat untuk dibersihkan. Salah satu bagian yang kerap luput dibersihkan adalah leher.

Untuk mengatasi daki di leher, Anda bisa mandi lebih bersih sembari menggosok area leher yang hitam menggunakan sabun dan air.

Usai mandi, Anda bisa mengeringkan bagian leher dengan handuk bersih berbahan lembut.

2. Lap Leher saat Berkeringat

Salah satu bagian tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat adalah leher  Agar tidak ada sisa kotoran dan penumpukkan sel kulit mati, Anda bisa mengelap bagian leher saat tubuh berkeringat.

Anda juga bisa menyiapkan saputangan dan tisu kering di dalam tas. Gunakan tisu atau saputangan untuk mengusap leher yang berkeringat.

3. Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Kondisi acanthosis nigricans ditandai dengan munculnya warna kehitaman di lipatan leher bagian belakang.

Acanthosis nigricans disebabkan oleh kadar insulin tinggi atau disebut resistensi insulin. Resistensi insulin dapat dialami oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Untuk menghilangkan daki di leher akibat acanthosis nigricans, Anda harus menjaga kadar gula dalam darah tetap normal dan menjaga berat badan ideal.

Anda juga dianjurkan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Artikel Lainnya: Penyebab Munculnya Daki di Lipatan Kulit dan Tips Atasinya

4. Eksfoliasi Kulit Leher

Dokter Sara Elise Wijono, MRes., mengatakan, “Kalau kotoran biasa mudah dibersihkan hanya dengan mandi, tetapi sel kulit mati akan sulit. Oleh karena itu perawatan seperti scrub, mandi dengan sponge, atau waslap dapat membantu angkat sel kulit mati.”

American Academy of Dermatology menganjurkan scrubbing kulit minimal selama 30 detik lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa menggunakan scrub yang terbuat dari bahan alami seperti gula atau scrub lulur yang dijual di pasaran.

Hindari eksfoliasi jika kulit memiliki luka terbuka atau luka terbakar akibat paparan sinar matahari.

Artikel Lainnya: Minyak Kayu Putih Atasi Selangkangan Hitam, Ini Faktanya!

Kulit leher yang menghitam juga bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi kulit leher dapat disebabkan oleh konsumsi obat NSAID, fenitoin, antimalaria, obat antipsikotik, dan obat tetrasiklin.

Biasanya warna kehitaman di leher akan menghilang saat Anda berhenti menggunakan obat-obatan tersebut.

Namun, perubahan warna leher ini bisa berlangsung lama, bahkan menjadi permanen. Anda dapat melakukan perawatan laser untuk menghilangkan hiperpigmentasi di leher.

Jika hendak mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan tanyakan apakah ada efek samping dari obat tersebut.

Apabila ingin tahu lebih banyak seputar masalah kesehatan kulit lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

American Academy of Dermatology. Diakses 2021. How to Safely Exfoliate at Home

Healthline. Diakses 2021. Black Neck

Perawatan Kulitkulit

Konsultasi Dokter Terkait