Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Anak Ancam Ingin Kabur, Ini yang Perlu Dilakukan Orangtua

Anak Ancam Ingin Kabur, Ini yang Perlu Dilakukan Orangtua

Saat anak mengancam kabur dari rumah, pastinya itu membuat orangtua panik. Ketahui cara mengatasinya di sini.

Kasus anak yang mengancam kabur dari rumah dapat disebabkan oleh banyak hal. Konflik antara anak dan orangtua merupakan salah satunya. 

Sebagian orangtua mungkin menganggap ancaman itu hanya gertak sambal saja. Akibatnya, orangtua pun cenderung tidak terlalu serius menanggapinya.

Namun, mengabaikan perasaan anak bisa berdampak serius. Lantas, sikap seperti apa yang perlu dilakukan orangtua saat anak mengancam pergi dari rumah? 

Nah, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan orangtua ketika anak mengancam lari dari rumah menurut psikolog. Di antaranya:

1. Tenangkan Anak Terlebih Dahulu

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, saat anak mengancam ingin kabur, pastinya ia sedang dalam keadaan emosional yang membuatnya tidak dapat berpikir dengan jernih. 

Jadi, hal pertama yang perlu dilakukan oleh orangtua adalah menenangkan anak terlebih dahulu. Ajak anak untuk duduk bersama dan bantu dia menenangkan diri.

Bisa ajak anak untuk relaksasi napas, jangan langsung memaksa membahas masalahnya. Boleh juga elus atau peluk anak, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak untuk ditenangkan saat itu,” ucap Gracia.

Artikel Lainnya: Kenali Perbedaan Perilaku Bullying dan Nakal pada Anak

1 dari 3 halaman

2. Tanyakan Penyebabnya

Setelah anak tenang, Ibu atau Ayah bisa mencoba mendekatinya. Orang tua dapat bertanya seputar permasalahan yang mendorongnya ingin kabur dari rumah. 

“Setelah tenang, baru ajak anak untuk bicara baik-baik. Dengarkan keluhan anak dan coba pahami dulu konteks serta persepsi anak. Apa faktor-faktor yang memengaruhi keinginan anak untuk kabur,” ucap Gracia.

Melansir Very Well Family, saat anak sudah mulai berani mengutarakan perasaanya, sebaiknya orangtua mendengarkan apa pun yang anak katakan tanpa memotong dan menghakimi cerita anak.

3. Berdiskusi dengan Pasangan

Bila penyebab keresahan anak sudah diketahui, sebaiknya orangtua mengambil tindakan untuk memahami apa yang anak rasakan.

Ketika penyebab anak ingin kabur dari rumah adalah pola asuh yang diterapkan, sebaiknya Anda dan pasangan berintrospeksi diri. Ambil waktu untuk berdiskusi dengan pasangan perihal pola asuh yang diterapkan selama ini. 

Kemudian, tetapkan kembali pola asuh yang baik untuk diterapkan kepada anak. Pastikan bahwa Anda dan pasangan menyepakati keputusan tersebut.

4. Ajak Anak Berdiskusi

Selanjutnya, ajak anak yang ingin kabur dari rumah berdiskusi seputar keresahannya. Anda bisa memberi penjelasan dengan lembut tanpa menyudutkan pendapat atau sudut pandang anak. Setelah itu, buatlah kesepakatan bersama antara anak dan orangtua.

Artikel Lainnya: Benarkah Anak Kedua Lebih Bandel Dari Anak Pertama? Ini kata Ahli

“Setelah paham konteks permasalahan berdasarkan sudut pandang anak, coba ajak anak berdiskusi dan berkompromi. Bukan berarti orangtua harus menuruti semua kemauan anak, pastinya disesuaikan juga dengan apa yang baik bagi anak,” ucap Gracia.

“Cara penyampaian dan diskusinya harus terbuka, dua arah, jangan langsung tolak pernyataan anak. Di akhir diskusi, harus ada kesepakatan dengan anak sesuai hasil kompromi orangtua maupun anak,” lanjut Gracia.

2 dari 3 halaman

5. Jelaskan Bahwa Melarikan Diri Tidak Menyelesaikan Masalah

Ingatkan anak bahwa Anda mencintai mereka dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Kemudian, ingatkan juga bahwa kabur dari rumah tidak akan menyelesaikan masalah.

Dengan demikian, anak akan belajar bertanggung jawab dan berani menghadapi masalah saat anak dewasa nanti. 

6. Minta Bantuan Psikolog

Apabila anak enggan membicarakan masalah yang memicu keinginannya untuk kabur dari rumah, Ibu atau Ayah bisa mengajaknya berkonsultasi ke psikolog. Namun, sebelumnya jelaskan dulu apa itu psikolog dan mengapa ia perlu melakukan konsultasi tersebut.

Selain anak, orangtua juga bisa ikut berkonsultasi dengan psikolog untuk mengetahui cara mengatasi anak yang mengancam pergi dari rumah.

Demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan orangtua ketika anak mengancam kabur dari rumah. Anda bisa berkonsultasi seputar masalah pola asuh lainnya lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter

Referensi: 

Very Well. Diakses 2021. Teenagers Running Away.

Kids Health. Diakses 2021. Running Away.

Railway Children. Diakses 2021. Why Do Children Run Away?

0 Komentar

Belum ada komentar