Sukses

Menyingkap Manfaat Sikat Gigi Menggunakan Seledri

Selain dijadikan sebagai pugas makanan, batang seledri juga dianggap bisa dijadikan sikat gigi alami. Lantas, apa kata medis terkait ini? Adakah manfaat seledri untuk gigi?

Banyak cara dalam mengonsumsi seledri. Beberapa orang mengonsumsinya dengan cara dimakan mentah, dijadikan campuran sup, atau diolah menjadi jus. 

Tidak dimungkiri, seledri memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memerangi berbagai penyakit. Sayuran berdaun hijau ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral, yang baik untuk kesehatan tubuh.

Karena memiliki kandungan-kandungan tersebut, tak sedikit orang yang percaya bahwa seledri juga bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan gigi. Bahkan, ada pula orang-orang yang menggunakan seledri untuk sikat gigi.

Lantas, apa kata dokter sehubungan dengan khasiat seledri untuk gigi? Yuk, cari tahu!

1 dari 3 halaman

Seledri untuk Sikat Gigi, Apakah Bermanfaat?

Menurut drg. Callista Argentina, seledri memang termasuk sayuran yang menyehatkan. Meski demikian, hal tersebut tak serta-merta membuat seledri mampu menggantikan peran sikat dan pasta gigi. 

Faktanya, menggosok gigi menggunakan seledri tidak akan memberikan manfaat apa-apa. Bahkan, menggosok gigi dengan seledri tidak disarankan secara medis.

Artikel Lainnya: Punya Masalah Gigi Sensitif, Bolehkah Memutihkan Gigi?

“Sebab, seledri tidak bisa menyikat dan menjangkau hingga ke sela-sela gigi untuk membersihkan sisa makanan,” kata drg. Callista.

“Di samping itu, tepi pada batang seledri juga cenderung tajam sehingga berpotensi mengiritasi gusi,” sambungnya.

Oleh karena itu, daripada dijadikan sebagai pengganti sikat gigi, akan lebih baik jika seledri dikonsumsi sebagai makanan. 

Dengan demikian, Anda bisa menikmati manfaat seledri untuk tubuh dan gigi secara optimal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Gigi

Agar bisa merasakan manfaat seledri untuk gigi, Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini dalam kondisi mentah. Hal ini karena mengunyah seledri yang masih mentah dapat membantu membersihkan gigi Anda. 

“Seledri mentah bertekstur crunchy, sehingga kalau digigit bisa membantu membersihkan permukaan gigi,” jelas drg. Callista.

“Mengunyah seledri juga sekaligus dapat merangsang produksi air liur untuk membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menempel di gigi,” lanjutnya.

Artikel Lainnya: Gigi Pria Lebih Rapuh daripada Gigi Wanita?

Tidak hanya bermanfaat untuk gigi, mengunyah seledri mentah juga baik untuk kesehatan gusi. 

Saat Anda mengunyah seledri mentah, gusi akan efektif bekerja untuk membantu gigi menghancurkan sayuran tersebut sebelum masuk ke saluran pencernaan. 

Saat mengunyah, gusi pun akan mengedarkan darah dengan lebih efektif. Ini artinya, saat mengunyah seledri, gusi Anda akan memiliki sirkulasi darah yang dibutuhkan untuk menjaga jaringannya tetap sehat. 

Tak berhenti di situ, seledri juga mengandung vitamin A yang diyakini dapat memperkuat email gigi. 

Sayuran ini pun mengandung Vitamin C, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi gusi. 

Ada pula manfaat seledri untuk gigi yang lainnya, yaitu dapat menurunkan risiko gigi berlubang. Hal ini berkaitan dengan kandungan polisakarida non-pati dalam seledri mentah.

Polisakarida non-pati terbuat dari pektin. Senyawa ini tidak dipecah menjadi gula, sehingga tidak memicu produksi bakteri berlebih di dalam rongga mulut. Alhasil, kesehatan gigi dan gusi pun bisa lebih terjaga.

Tertarik dengan khasiat seledri untuk gigi? Jika ya, lebih baik dikonsumsi, bukan dijadikan sebagai pengganti sikat gigi. 

Tetap ingat untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan dan jangan lupa kombinasikan dengan gaya hidup sehat, ya!

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai kesehatan gigi dan mulut, tak perlu ragu untuk melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Referensi: 

Wawancara drg. Callista Argentina

NCBI. Diakses 2021. A Review of the Antioxidant Activity of Celery (Apium graveolens L)

Medical News Today. Diakses 2021. Does celery juice have health benefits?

Healthline. Diakses 2021. What to Do for Pain and a Broken Tooth

0 Komentar

Belum ada komentar