Diabetes

Manfaat Sepatu Khusus Pengidap Diabetes

Aditya Prasanda, 20 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berfungsi mencegah luka, infeksi, maupun membantu kelainan bentuk kaki, ini dia manfaat sepatu khusus untuk penderita diabetes.

Manfaat Sepatu Khusus Pengidap Diabetes

Kadar gula darah tidak terkontrol yang dialami penderita diabetes dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah maupun saraf kaki. Kondisi ini menyebabkan diabetesi (pengidap diabetes) memiliki proses penyembuhan luka yang lebih lama.

Untuk mencegah terjadinya luka, diabetesi harus cermat merawat dan menjaga kesehatan kaki. Salah satu caranya dengan menggunakan sepatu khusus untuk penderita diabetes.

Apa keunggulan sepatu khusus diabetes dan jenis yang direkomendasikan dokter? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut ini.

 

Manfaat Sepatu Khusus untuk Penderita Diabetes

Sepatu khusus diabetes umumnya direkomendasikan oleh seorang pedorthotist atau dokter spesialis ortopedi kaki. Sepatu ini memiliki sejumlah manfaat, berikut di antaranya menurut American Orthopaedic Foot & Ankle Society:

1. Mengurangi Tekanan dan Gesekan

Tekanan dan gesekan dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit maupun luka pada kaki diabetesi. Kondisi ini harus dicegah, terutama karena diabetes membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih lama.

Penderita diabetes mengalami kerusakan pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan suplai darah ke area tubuh tertentu – termasuk kaki – menjadi terhambat.

Sel-sel kaki yang mengalami kerusakan lantas tidak mendapatkan suplai oksigen dari darah secara optimal, sehingga proses regenerasi sel terganggu. Akibatnya, penyembuhan luka di area kaki diabetesi pun menjadi lebih lama.

Kondisi ini bisa semakin parah karena beberapa pengidap diabetes mengalami penurunan respons sistem kekebalan tubuh. Tubuh lebih mudah terinfeksi patogen dan proses penyembuhan lukanya semakin lama.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menjelaskan, sepatu diabetes dirancang khusus untuk mengurangi tekanan dan gesekan pada kaki.

“Nantinya dapat memperbaiki suplai darah dan oksigenasi di kaki. Secara tidak langsung juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka di area kaki,” jelasnya.

Artikel Lainnya: 5 Masalah Kaki yang Kerap Dialami Penderita Diabetes

2. Mengakomodasi Kaki yang Mengalami Deformitas

Manfaat sepatu diabetes selanjutnya yaitu membantu mendukung kaki yang mengalami deformitas (kelainan). Deformitas kaki merupakan jenis kelainan yang terjadi karena ketidakseimbangan otot, tendon, dan ligamen kaki.

Salah satu jenis deformitas yang umum dialami diabetesi yaitu hammertoe. Kelainan ini menyebabkan jari-jari kaki diabetesi menekuk ke bawah, sementara sendi di tengah jari mencuat ke atas.

Sepatu khusus diabetes dirancang untuk mengakomodasi dan menyeimbangkan kaki diabetesi yang mengalami deformitas.  Sepatu ini juga bermanfaat mengurangi rasa sakit dan perkembangan lanjutan deformitas kaki.

3. Meminimalkan Masalah Saraf

Diabetesi dapat mengalami kerusakan saraf. Kondisi ini dapat menyebabkan kaki diabetesi mengalami lepuh. Tak jarang, lepuh diabetes dapat memicu nyeri dan peradangan.

Guna meminimalkan risiko masalah saraf, sepatu diabetes dirancang untuk membatasi gerakan sendi. Gerak sendi yang terbatas tidak hanya bermanfaat mengurangi rasa sakit maupun peradangan, namun juga membuat kaki lebih stabil.

Rekomendasi Alas Kaki Khusus Diabetes

Dokter mungkin akan merekomendasikan sepatu dan alat bantu kaki khusus berdasarkan kondisi kaki penderita diabetes, berikut di antaranya:

1. Healing Shoes

Dokter Iqbal mengatakan healing shoes umumnya digunakan pascaoperasi. Sepatu ini juga digunakan untuk mengobati ulkus diabetikum atau kondisi infeksi, tukak maupun destruksi jaringan kulit paling dalam di kaki penderita diabetes.

Healing shoes dapat berupa sandal dengan bagian jari kaki terbuka maupun sepatu dengan jari kaki tertutup.

2. Orthosis

Orthosis berbentuk busa atau gel padat. Alat bantu khusus ini dapat dilepas dan disisipkan di dalam sepatu.

“Fungsi orthosis mengurangi tekanan ketika memakai alas kaki,” terang dr. Iqbal. Orthosis dapat disesuaikan dengan bentuk kaki diabetesi.

Artikel Lainnya: Kaki Diabetes, Komplikasi Diabetes yang Sering Terlupakan

3. In-Depth Shoes

In-depth shoes memiliki ukuran 0,6-1,2 cm lebih dalam dari sepatu biasa. Sepatu diabetes ini berfungsi mengakomodasi deformitas kaki.

Tingkat kedalamannya dapat disesuaikan dengan bentuk kelainan kaki diabetesi. In-depth shoes dirancang memiliki bobot ringan, dengan sol yang mengurangi tekanan di alas kaki.

4. Custom-Made Shoes

Diabetesi dengan kondisi deformitas parah mungkin akan disarankan menggunakan custom-made shoes. Sepatu ini dibuat berdasarkan gips atau model kaki pasien.

Dengan begitu, aktivitas harian diabetesi dengan kelainan kaki parah tidak terhambat.

Itu dia manfaat sepatu khusus diabetes. Untuk membantu menentukan pilihan sepatu penderita diabetes yang pas sesuai kondisi, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Gunakan Live Chat Klikdokter untuk konsultasi ke dokter spesialis lebih cepat dan mudah.

(FR/JKT)

LukasepatuDiabeteskaki diabetes

Konsultasi Dokter Terkait