HomeGaya hidupPerawatan WanitaHal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Skincare
Perawatan Wanita

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Skincare

Endah Murniaseh, 26 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ganti skincare merupakan hal yang lumrah dilakukan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan menggantinya. Lakukan hal ini dulu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Skincare

Bagi kebanyakan orang, pakai skincare telah menjadi kebutuhan dan rutinitas penting. Untuk mendapatkan kondisi kulit yang sehat, beberapa orang sampai harus mengganti dan mencoba berbagai jenis produk skincare

Ganti skincare sebetulnya boleh-boleh saja dilakukan, terlebih jika Anda merasa tak ada perubahan di kulit setelah memakai produk tersebut sekian lama.

Namun sebelum mengganti produk skincare, Anda harus memerhatikan dan melakukan beberapa hal berikut ini, ya.

1. Tes Skincare Terlebih Dahulu

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, untuk meminimalkan iritasi atau break out saat ganti skincare, Anda dapat melakukan test patch terlebih dahulu.

“Bisa dilakukan patch test dulu di bagian kulit tertentu, misalnya di leher atau lengan dalam. Hal ini bertujuan untuk melihat reaksi kulit”, ungkapnya. 

“Perhatikan pula saat mencampurkan skincare yang akan digunakan. Misalnya ingin menggunakan skincare yang memiliki sifat eksfoliasi (AHA/BHA), jangan campurkan dengan skincare berbahan aktif (misalnya retinol), karena dapat memicu iritasi,” saran dr. Devia Irine.

2. Ketahui Kondisi Kulit Anda

Mengetahui jenis kulit merupakan hal yang paling penting sebelum ganti skincare. Misalnya, jika tipe kulit Anda berminyak dan sedang mengalami jerawat

Anda dapat memilih produk perawatan yang fokus mengatasi jerawat untuk tipe kulit berminyak. 

Tidak disarankan untuk sembarangan mengganti dan memilih skincare tanpa mengetahui jenis atau tipe kulit Anda.

Artikel Lainnya: Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

3. Ketahui Kandungan Skincare Sesuai Jenis Kulit

Anda juga harus tahu bahan skincare yang sesuai atau dibutuhkan kulit. Berikut merupakan contoh panduan mencari pelembap sesuai jenis kulit:

  • Untuk kondisi kulit berminyak, gunakan produk mengandung asam alfa hidroksi, benzoil peroksida, serta asam hialuronat. Bahan-bahan tersebut efektif mengendalikan produksi sebum berlebih. 

Skincare mengandung asam hialuronat juga dapat menghidrasi dan melembapkan kulit tanpa harus membuat wajah lebih berminyak. 

  • Untuk kondisi kulit kering, Anda bisa menggunakan produk skincare mengandung shea butter dan asam laktat. Bahan tersebut dapat menghidrasi kulit lebih lama dan mencegah pengelupasan kulit kering. 
  • Untuk orang dengan kulit sensitif, gunakan produk mengandung bahan alami, seperti lidah buaya, oatmeal, atau shea butter

Bahan-bahan tersebut dapat melembapkan, tidak mengiritasi, dan tidak merusak lapisan kulit.

4. Berikan Waktu untuk Kulit Beradaptasi

Butuh waktu bagi skincare bekerja memperbaiki kulit. Untuk melihat hasil atau perubahan kulit setelah pakai skincare, Anda bisa menunggu selama 6 hingga 12 minggu.

Waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil kerja skincare juga bergantung dari produk yang digunakan. 

Artikel Lainnya: Ragam Manfaat French Rose untuk Skincare Routine

5. Jangan Mengganti Seluruh Skincare dalam Satu Waktu

Pastikan Anda mengganti produk skincare satu per satu, bukan semua sekaligus. Apabila kulit mengalami reaksi alergi atau iritasi, Anda dapat menduga skincare terbaru itu tidak cocok untuk kulit. 

Kapan Harus Ganti Skincare?

Skin Care (Foto: Shutterstock)

Kulit wajah yang tidak menunjukkan perubahan atau malah semakin memburuk dapat menjadi tanda untuk mengganti skincare.

Lalu, bila kondisi kulit semakin kering, terkelupas, dan terasa perih, bisa menjadi tanda bahwa produk skincare yang Anda gunakan mengandung bahan yang kurang tepat . 

Untuk mendapatkan perawatan kulit atau mengetahui skincare yang cocok, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kecantikan. 

Nantinya, dokter dapat memeriksa kondisi kulit dan menyarankan produk perawatan yang tepat. 

Ketahui informasi kesehatan dan tips merawat kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. 

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter dengan memanfaatkan fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

wajahKulit WajahSkin Care

Konsultasi Dokter Terkait