Kehamilan

Amankah Makan Rambutan saat Hamil?

Zahra Aminati, 28 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada anggapan makan rambutan saat hamil bisa berdampak buruk pada janin. Apakah anggapan tersebut sesuai fakta medis? Cek di sini selengkapnya.

Amankah Makan Rambutan saat Hamil?

Rambutan yang punya nama latin Nephelium Lappaceum adalah buah asli Asia Tenggara. Karena memiliki rasa yang manis dan asam, buah ini menjadi favorit sebagian orang, tak terkecuali ibu hamil.

Sayangnya, ibu hamil tidak boleh begitu saja mengonsumsi rambutan. Pasalnya, buah ini disebut-sebut bisa menyebabkan keguguran, khususnya apabila dikonsumsi pada minggu-minggu awal kehamilan.

Tak hanya itu, makan rambutan saat hamil juga diyakini dapat menyumbat jalan lahir sehingga mempersulit proses persalinan.

Lantas, apa kata medis terkait rambutan untuk ibu hamil? Apakah buah ini terbukti dapat menyebabkan dampak merugikan tersebut?

Rambutan untuk Ibu Hamil, Benarkah Berbahaya?

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, anggapan bahwa rambutan berbahaya untuk ibu hamil hanya sekadar mitos belaka. Sebab, tidak terdapat sumber ilmiah yang menemukan bahwa rambutan bisa menyebabkan keguguran dan dampak buruk lain selama kehamilan.

“Pantangan makan rambutan untuk ibu hamil hanya sebatas kabar angin saja. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut,” ungkap dr. Sara Elise.

Bukannya berbahaya, makan rambutan saat kehamilan justru punya banyak manfaat kesehatan, lho. Berikut ini beberapa manfaat rambutan untuk ibu hamil:

  • Menurunkan Risiko Penyakit

Rambutan bisa berperan sebagai antioksidan alami. Hal ini membuatnya bisa meningkatkan kemampuan tubuh ibu hamil untuk menangkal risiko berbagai penyakit infeksi.

  • Mencegah Morning Sickness

Rasa manis dan asam yang terdapat pada rambutan membuatnya mampu meredakan keluhan morning sickness, seperti mual, muntah, serta pusing.

  • Menyehatkan Pencernaan

Rambutan mengandung sejumlah serat, sehingga  sehat bagi saluran pencernaan ibu hamil. Selain itu, serat dalam rambutan juga bisa mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

  • Mengoptimalkan Produksi Hemoglobin

Rambutan memiliki kandungan zat besi, yang bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Senyawa tersebut juga dapat melawan pusing serta kelelahan yang kerap terjadi selama kehamilan.

  • Menyehatkan Tulang dan Otot

Kalsium dalam rambutan bisa menyehatkan tulang dan otot, yang penting untuk menopang pertumbuhan berat janin selama kehamilan.

Artikel Lainnya: Makan Rambutan Bikin Batuk, Benarkah?

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Rambutan saat Hamil

Meski tergolong aman dan punya sejumlah manfaat sehat, ibu hamil tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi rambutan.

Faktanya, rambutan yang terlalu matang cenderung mengandung kadar gula tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya rambutan myang terlalu matang tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jika abai, kadar gula darah ibu hamil bisa saja melonjak dan malah merugikan kesehatan.

Selain itu, ada pula hal lain yang mesti diperhatikan terkait konsumsi rambutan saat hamil, yaitu:

  • Pilih varietas rambutan yang berwarna merah cerah
  • Pilih buah yang keras, karena dagingnya bagus dan berair
  • Hindari memilih buah yang kusam atau kecokelatan.
  • Hindari rambutan yang tampak yang kering atau rapuh, karena sudah terlalu matang dan kurang baik jika dikonsumsi.

Konsumsi rambutan secukupnya selama kehamilan tidaklah berbahaya. Hal tersebut justru bermanfaat bagi kesehatan, baik bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungannya.

Jika ingin lebih aman makan rambutan saat hamil, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

rambutanKehamilanbuah

Konsultasi Dokter Terkait