Sukses

Cara Membentuk Karakter Anak Penuh Kasih Sayang

Membentuk karakter anak agar penuh kasih sayang dapat dilakukan dengan mengenalkan pentingnya kerja sama hingga memelihara hewan.

Pertengkaran antara kakak dan adik memang wajar terjadi. Namun, jika melibatkan kontak fisik hingga menimbulkan trauma bagi si kecil, hal ini bisa mengindikasikan sesuatu yang keliru dalam pola pendidikan anak di rumah.

Oleh karena itu, orangtua perlu tahu cara membentuk karakter anak agar ia memiliki pemahaman tentang rasa kasih sayang. 

Disampaikan Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, cara mendidik anak dengan penuh kasih sayang dapat Anda lakukan dengan memberikan contoh langsung kepada si kecil.

“Misalnya memberikan pelukan ke anak atau mengungkapkan rasa kasih sayang kita ke anak,” katanya.

Hal ini dapat membuat anak memahami pentingnya bersikap baik dan menyayangi satu sama lain. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan cara membentuk karakter anak yang positif berikut:

Artikel Lainnya: Karakter atau Bakat yang Menentukan Kesuksesan Anak?

1 dari 4 halaman

1. Mentalitas Tim

Pakar komunikasi Amerika Serikat, dr. Carol Morgan mengatakan pentingnya mengajarkan anak agar tidak egois dan memiliki mentalitas tim sedini mungkin. Berikan pengertian kepada si kecil bahwa semua hal tidak selalu berjalan sesuai keinginan.

“Sebagai orangtua, Anda harus membiasakan anak-anak agar tidak memprioritaskan diri sendiri. Beritahu mereka bahwa keluarga adalah sebuah tim,” jelasnya, mengutip Lifehack.

“Setiap tindakan mereka akan memengaruhi orang lain. Sehingga penting untuk mengedepankan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Jika rutin diingatkan, pemahaman ini akan meresap dalam perilaku anak,” lanjut dr. Carol. 

Ikhsan menambahkan, mentalitas tim ini juga dapat dibina dengan melibatkan anak untuk bermain bersama teman-temannya. “Ajari anak berbagi kepada temannya, ini juga mengembangkan rasa kasih sayang ke teman,” jelasnya.

2. Berargumen, Bukan Berkelahi

Cara membentuk karakter anak yang positif selanjutnya adalah mengajarkannya menyelesaikan masalah secara rasional.

“Anda harus melatih keterampilan si kecil dalam menyelesaikan konflik lewat argumen, alih-alih berteriak maupun berkelahi,” kata dr. Carol. Oleh karena itu, setiap ada masalah, cobalah biasakan anak untuk duduk dan berdiskusi. 

Ajarkan anak mengenal dan menyelesaikan masalah lewat cara yang positif. Kenalkan kepadanya pentingnya memperjuangkan sesuatu tanpa harus melalui jalur kekerasan. 

Artikel Lainnya: Cegah Renggang, Orangtua Harus Kenali Karakter Anak Remaja Laki-laki

2 dari 4 halaman

3. Jangan Remehkan Anak

Anda harus menyadari bahwa setiap anak dilahirkan dengan bakat dan kemampuan yang berbeda. 

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan anak atau membandingkan keunggulan anak yang satu dengan lainnya.

Beritahu si kecil bahwa Anda sangat bangga dengan segala pencapaiannya. Dorong ia untuk tetap semangat dan melakukan yang terbaik dalam setiap proses kehidupan.

Ajari juga untuk saling menghargai, mendukung, dan mengucapkan selamat kepada kakak maupun adik ketika memperoleh pencapaian apa pun. 

Hal ini akan menumbuhkan rasa kasih sayang dan sikap saling menghargai di antara saudara-saudara kandung.

4. Menghormati Milik Orang Lain

Mengajarkan kasih sayang kepada anak juga dapat dilakukan dengan membiasakannya untuk menghormati waktu, ruang, maupun benda milik orang lain.

Hal ini dapat dilakukan sesederhana membiasakan si kecil untuk selalu meminta izin ketika meminjam mainan atau benda dari siapa pun.

5. Menerima dan Meminta Maaf Itu Baik

Didiklah anak untuk mau meminta maaf atas kesalahannya. Beri pengertian juga kepada si kecil agar mau berlapang dada memaafkan perlakuan buruk siapa pun. Cara ini dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dalam diri anak.

Artikel Lainnya: Sikap Orang Tua yang Bikin Anak Membangkang

3 dari 4 halaman

6. Jangan Berbicara Buruk tentang Siapa Pun

Cara mendidik anak dengan penuh kasih sayang juga dapat dilakukan dengan tidak mengatakan hal buruk soal siapa pun kepada si kecil.

Ketika hendak memberitahukan hal keliru yang perlu diubah, pastikan untuk melontarkan kata-kata positif. Biasakan pula si kecil untuk melihat sisi baik yang dimiliki setiap orang.

7. Memelihara Hewan

Ikhsan mengatakan, cara membentuk karakter anak yang penuh rasa kasih sayang dapat dilakukan dengan memelihara hewan.

“Berikan contoh cara merawat hewan dengan baik. Ini akan menumbuhkan rasa perhatian dan tidak menyakiti makhluk hidup, baik orang ataupun binatang,” jelas Ikhsan.

Tidak ada kata terlambat untuk mengenalkan anak tentang pentingnya rasa kasih sayang terhadap siapa pun.

Cobalah terapkan tips di atas dan mulailah membiasakan anak menyayangi satu sama lain.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar tips mendidik anak lainnya, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat psikolog.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar