Sukses

Susu Bubuk Kedaluwarsa untuk Masker, Apakah Bermanfaat?

Sebagian orang tak segan untuk menggunakan susu kadaluarsa untuk masker. Racikan alami ini dianggap bisa mempercantik kulit wajah. Benarkah demikian?

Sebagian wanita rela melakukan berbagai cara untuk memiliki kulit wajah yang mulus dan glowing

Bahkan, tak sedikit yang melakukan upaya ‘tak lazim’ untuk mewujudkan hal tersebut, yaitu dengan meracik susu sapi bubuk yang telah kedaluwarsa untuk masker.

Menurut teori, penggunaan susu kadaluarsa untuk masker wajah dapat membantu proses eksfoliasi. Racikan tersebut juga disebut dapat mencerahkan dan menghilangkan minyak berlebih di wajah.

Lantas, benarkah teori tersebut? Yuk, cari tahu fakta medis terkait susu kadaluarsa untuk masker wajah!

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Blueberry untuk Perawatan Kulit Wajah

1 dari 3 halaman

Susu Sapi Bubuk Kedaluwarsa untuk Masker

Melansir Healthline, susu sapi mengandung asam laktat yang merupakan bahan utama dari asam alfa hidroksi (AHA). Senyawa tersebut sering ada di dalam produk perawatan kulit wajah. 

Kendati demikian, hal tersebut tidak serta-merta membuat susu bubuk kedaluwarsa baik untuk digunakan sebagai masker wajah. 

“Penelitian tentang susu sapi bubuk (biasa dikonsumsi) yang kedaluwarsa untuk masker wajah masih bersifat terbatas,” kata dr. Dyah Novita Anggraini

“Oleh karena itu, manfaat susu bubuk kedaluwarsa untuk masker wajah belum bisa diketahui dengan pasti hingga saat ini,” tegasnya.

Dari pernyataan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat susu bubuk kedaluwarsa untuk masker wajah masih belum diketahui dengan pasti. 

Atas dasar itu, akan lebih baik jika Anda menghindari penggunaannya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, khususnya jika sedar awal Anda termasuk orang-orang yang alergi terhadap susu. 

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Lendir Siput untuk Kecantikan

2 dari 3 halaman

Risiko Akibat Penggunaan Susu Bubuk Kedaluwarsa untuk Masker

Penggunaan susu bubuk kedaluwarsa untuk masker wajah bisa meningkatkan risiko iritasi. Hal ini dapat membuat kulit wajah Anda terasa gatal-gatal, kemerahan dan bengkak, serta muncul ruam.

Oleh sebab itu, daripada menggunakan masker dari susu bubuk kedaluwarsa, lebih baik pilih produk lain yang terbukti efektif dan aman untuk kulit wajah Anda.

Pastikan pula produk yang Anda pilih sesuai dengan jenis kulit, dan digunakan berdasarkan anjuran yang tertera di kemasan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai masker wajah beserta manfaatnya? Anda dapat membaca artikel berikut ini: Mengenal Jenis Masker Wajah Beserta Manfaat Sehatnya.

Ingin tahu fakta lain tentang susu kadaluarsa untuk masker wajah? Anda bisa bertanya kepada dokter secara langsung melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar