Sukses

Manfaat Minyak Marula untuk Kulit Lembap dan Awet Muda

Minyak marula berasal dari hasil ekstraksi pohon marula dan dapat menyehatkan kulit. Apa saja manfaat marula oil untuk kulit? Simak di sini.

Cara mendapatkan kulit cantik dan sehat bisa dilakukan salah satunya dengan minyak alami dari tanaman. Minyak marula (marula oil) dipercaya baik untuk kulit.

Minyak marula berasal dari ekstraksi pohon buah marula di Afrika Selatan. Minyak ini cukup populer di dunia skincare dan telah banyak diteliti manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menjelaskan, “Di dalam minyak marula terkandung banyak jenis nutrisi, misalnya asam amino, antioksidan, dan asam lemak.”

Berikut ini beberapa khasiat marula oil untuk kulit wajah:

 

1 dari 3 halaman

1. Melembapkan Kulit

Biji buah marula dikenal sangat bermanfaat bagi wanita di Afrika Selatan. Bahan alami ini dianggap baik untuk melindungi kulit dari cuaca kering dan panas di wilayah tersebut.

Tak perlu khawatir, minyak marula dapat digunakan untuk semua jenis kulit (kering, berminyak, sensitif). Manfaat minyak marula dapat melembapkan kulit yang kering, tidak menyumbat pori-pori wajah, dan mencegah kulit memproduksi minyak berlebih.

Di dalam minyak marula, terdapat kandungan asam lemak palmitat yang dapat mempertahankan kelembapan pada kulit.

Artikel Lainnya: Ragam Manfaat Minyak Plum untuk Kulit

Selain itu, asam lemak oleat yang dimiliki marula oil baik untuk kesehatan kulit dan bisa meresap sampai ke lapisan kulit paling dalam.

Tekstur yang ringan dari minyak marula membuatnya sangat baik untuk melembapkan kulit tanpa meninggalkan sisa minyak di wajah.

Sifat menenangkan dari marula oil juga baik untuk mengatasi iritasi dan kemerahan pada kulit sensitif.

2. Mencegah Penuaan pada Kulit

Semakin tua, tubuh akan kesulitan mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang biasanya dihadapi sehari-hari berasal dari sinar UV, lingkungan, dan lain sebagainya.

Efek radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif di dalam tubuh. Jika terpapar radikal bebas, kulit akan lebih rentan mengalami penuaan dini.

“Kandungan antioksidan di dalam minyak marula akan melindungi kulit dari paparan oksidatif stres atau radikal bebas,” jelas dr. Iqbal.

Elastisitas kulit dapat meningkat dengan penggunaan minyak marula rutin. Munculnya keriput di wajah juga bisa berkurang. Efek melembapkannya membantu kulit menyamarkan garis-garis halus akibat penuaan.

2 dari 3 halaman

3. Menghilangkan Bekas Noda dan Mencegah Jerawat di Wajah

Minyak marula mengandung zat antimikroba yang berperan penting membantu menghilangkan noda di wajah.

Bukan hanya itu, marula oil juga dapat membantu melawan patogen penyebab jerawat dan komedo pada wajah.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan Kulit

4. Mengatasi Kulit Bibir Mengelupas

Minyak marula juga baik untuk beberapa bagian tubuh lainnya. Masalah bibir, rambut, dan kuku tertentu bisa diatasi dengan minyak marula.

Khasiat minyak marula bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi kulit bibir kering dan mengelupas. Minyak ini juga dapat digunakan untuk memberikan rona pink alami pada bibir.

Selain untuk kulit, minyak marula juga baik untuk kesehatan rambut. Dilansir dari Healthline, marula oil mampu melembapkan rambut tanpa meninggalkan efek berminyak.

Oleh karena itu, minyak biji buah marula cocok untuk rambut kering, keriting, dan mudah rapuh.

Mengenai cara memakai minyak marula, dr. Iqbal mengatakan digunakan tergantung kebutuhan.

“Jika sebagai pelembap, bisa digunakan 1-2 kali sehari. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai lotion dan serum rambut untuk atasi rambut yang kering,” jelasnya.

Itulah beberapa manfaat marula oil untuk kulit dan rambut yang sayang Anda lewatkan. Bila ingin digunakan untuk kulit wajah, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit.

Konsultasi bisa lebih mudah lewat LiveChat dokter kulit. Cari tahu solusi masalah kulit lainnya melalui aplikasi Klikdokter, download di sini.

(FR/AYU)

1 Komentar