Sukses

Gerakan Wall Slides untuk Atasi Pegal Kebanyakan Duduk

Bekerja dengan posisi duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan punggung terasa pegal. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan gerakan wall slides berikut ini.

Banyak orang yang bekerja dengan posisi duduk selama berjam-jam. Namun sedikit yang menyadari bahwa posisi duduk yang mereka lakukan tidak tepat.

Aktivitas duduk dapat membahayakan tubuh jika dilakukan dalam posisi yang tidak tegak lurus, terutama ketika punggung membungkuk dan leher sedikit tertekuk.

Posisi duduk yang keliru dapat menyebabkan otot punggung, bahu dan leher kaku. Untuk mengatasi hal ini, Grayson Wickham, DPT, CSCS, ahli terapi fisik sekaligus pendiri Movement Vault menganjurkan Anda melakukan wall slides.

Latihan wall slides merupakan gerakan yang dilakukan dengan menyandarkan kepala, bahu, punggung, lengan dan pinggul Anda di dinding. Kemudian, Anda harus menggeser lengan ke atas dan ke bawah.

Artikel Lainnya: Lima Gerakan Peregangan yang Bisa Dilakukan di Mobil Saat Macet

1 dari 3 halaman

Cara Melakukan Gerakan Wall Slides

Gerakan wall slides dapat dilakukan di mana pun. Anda hanya membutuhkan dinding yang berdiri tegak dan kokoh.

Berikut cara melakukan latihan wall slides:

  • Duduk dalam posisi tegak lurus dan bersandar di dinding.
  • Posisikan kepala, bahu, punggung, dan pinggul menempel di dinding.
  • Rentangkan kaki dalam kondisi lurus.
  • Kencangkan otot inti (otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot sekitar panggul) Anda.
  • Kemudian angkat kedua lengan ke atas dengan siku membentuk sudut 90 derajat.
  • Angkat lengan ke atas sejauh mungkin dengan tetap menempel di dinding.
  • Lalu perlahan turunkan ke posisi awal.

Agar memperoleh hasil optimal, Grayson menganjurkan Anda melakukan wall slides sebanyak dua kali sehari. Satu sesi dilakukan sebanyak 20 kali pengulangan.

Artikel Lainnya: Duduk Lama Saat WFH Bikin Lelah? Ini Cara Mengatasinya 

2 dari 3 halaman

Manfaat Wall Slides

Ada banyak manfaat wall slides, utamanya dalam memperbaiki postur leher, bahu, dan punggung yang mengalami stres akibat posisi duduk yang keliru. Berikut manfaat melakukan wall slides:

1. Mendukung T-Spine

Thoracic spine atau T-Spine merupakan tulang belakang yang terletak di bagian atas dan tengah punggung. Tulang ini membantu tubuh tetap tegak dan stabil.

Namun ketika Anda duduk seharian, T-Spine paling terkena dampaknya. Disampaikan Grayson, gerakan wall slides dapat meningkatkan mobilitas T-Spine.

“Karena gerakan ini dapat mengaktifkan otot ekstensor punggung atas. Selain itu wall slides juga dapat menjaga postur punggung atas menjadi relatif lebih lurus,” katanya dikutip dari Livestrong.

2. Mendukung Postur Tubuh jadi Lebih Baik

Dijelaskan oleh dr. Atika, duduk dalam postur yang kurang tepat, seperti miring atau membungkuk, membuat otot menopang tubuh secara tidak seimbang.

Kondisi ini membuat beban tulang punggung menjadi lebih besar sehingga kerap mengakibatkan nyeri punggung.

“Dalam jangka waktu lebih lama, kesalahan duduk juga bisa mengubah alignment dari tulang belakang, sehingga membuat masalah nyeri tulang belakang makin berat dan sulit ditangani,” jelas dr. Atika.

Dia menambahkan, latihan wall slides pada gilirannya dapat membantu membiasakan diri dengan postur duduk yang lebih lurus.

Artikel Lainnya: Jangan Salah, Ini Perbedaan Stretching dan Pemanasan!

3. Mengurangi Nyeri Leher dan Punggung

Grayson Wickham mengatakan gerakan wall slides dapat menguatkan otot ekstensor punggung atas, ekstensor leher bawah, fleksor leher dalam, serta otot inti.  “Hal ini akan membantu memperbaiki postur tubuh Anda,” katanya.

Dengan menjaga postur tubuh menjadi lebih baik, otot di sekitar leher, dan punggung otomatis menjadi lebih rileks sehingga rasa nyeri di bagian tersebut bisa berkurang.

Kebanyakan duduk tanpa disadari dapat mengganggu fleksibilitas otot leher, bahu, punggung, maupun pinggul.

Cobalah lakukan wall slides agar deretan bagian tubuh tersebut menjadi lebih fleksibel. Selain itu, rasa nyeri akibat posisi duduk yang keliru pun ikut berkurang.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar manfaat olahraga lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter melalui Live Chat Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar