Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitManfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Kulit
Kulit

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Kulit

Zahra Aminati, 09 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Buah sawo memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit. Apa saja khasiat sawo bagi kulit ? Simak informasi selengkapnya di sini.

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Kulit

Sawo merupakan buah lokal yang biasanya tumbuh di negara tropis, misalnya di  Indonesia. Tanaman yang bernama Latin sapodilla ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Chikoo atau sawo mengandung kalori yang tinggi, tetapi rendah lemak. Tentunya, buah ini tidak mengandung kolesterol. Itu sebabnya, disarankan dikonsumsi untuk Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat.

Tanaman yang termasuk dalam keluarga Sapotaceae memiliki banyak jenis yang bentuknya berbeda. Ada yang memiliki daging buah berwarna abu-abu kehitaman hingga cokelat keputihan.

Biasanya, buah sawo dipercaya sebagai pencahar alami karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Tanaman ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti diare, radang saluran pencernaan, atau gastritis.

Perlu Anda tahu, manfaat sawo tak hanya sampai di situ saja. Ada juga fungsinya untuk perawatan kulit dan kecantikan wajah. Simak di sini.

1. Mencerahkan Kulit

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes., sawo bisa mencerahkan kulit karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C. Mengonsumsi satu buah sawo sudah bisa mencukupi sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian.

Dilansir dari beberapa sumber, vitamin C dapat menghambat jumlah melanin (zat pemberi warna kulit) yang dihasilkan oleh sel-sel pigmen.

Ketika dikonsumsi, vitamin C dapat berinteraksi dengan tirosinase, enzim yang bertanggung jawab mengubah asam amino tirosin menjadi melanin.

Efek tersebut dapat mengurangi produksi melanin dan mencegah pigmentasi. Alhasil, konsumsi vitamin C membuat warna kulit terlihat lebih cerah.

2. Membantu Proses Penyembuhan Kulit

Kandungan antioksidan, seperti vitamin C di dalam buah sawo, dapat mempercepat proses penyembuhan kulit. Anda perlu tahu, peradangan dapat menghambat proses pembaruan kulit.

Konsumsi makanan mengandung antioksidan dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh dan membantu kulit memperbaiki diri dari kerusakan.

Apabila mengalami luka atau iritasi, zat antioksidan mampu memperbaiki dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Antioksidan juga dapat merangsang produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan terlihat awet muda.

3. Mencegah Munculnya Masalah Kulit

Mengonsumsi sawo yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan serta mencegah tubuh dari serangan penyakit, termasuk penyakit kulit.

Vitamin C juga berfungsi meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk menurunkan tingkat stres. Ketika stres, sistem saraf simpatik akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin ke dalam tubuh.

Hormon kortisol dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kelenjar kulit. Produksi minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat atau masalah kesehatan kulit lainnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kurma Untuk Kecantikan Kulit

4. Mencegah Penuaan Kulit

Menurut International Journal of Science and Research, sawo mengandung zat besi yang tinggi. Sama seperti antioksidan, zat besi dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

"Menurunkan asupan zat besi Anda dapat mencegah berbagai penuaan kulit, termasuk kerutan," kata dr. Joshua Zeichner, dermatolog dari New York, Amerika Serikat, dikutip dari Allure.

Lantas, seberapa banyak konsumsi buah sawo yang aman dan bermanfaat bagi kesehatan kulit?

Dokter Sara Elise mengatakan, “Konsumsi buah dan sayur disarankan maksimal 5 porsi per hari. Secara umum jika konsumsi berlebihan tidak ada efek sampingnya.”

“Namun, hati-hati untuk orang dengan penyakit maag, karena sawo tinggi vitamin C yang dapat menyebabkan sakit perut. Apabila makan buah sawo membuat mag kambuh, kurangi porsinya saja,” tambahnya.

Itu dia manfaat sawo bagi kesehatan kulit. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Sawo

Konsultasi Dokter Terkait