Diet dan Nutrisi

17 Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Siti Putri Nurmayani, 18 Agt 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Ketahui, ini berbagai manfaat buah kiwi yang baik bagi kesehatan tubuh.

17 Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Kiwi adalah salah satu buah yang punya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Meski rasanya asam manis, namun buah yang satu ini terasa menyegarkan, sehingga sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang.

Tidak main-main, ternyata rutin konsumsi buah kiwi bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Yuk, cari tahu manfaat buah kiwi selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

1. Menjadi Pilihan Buah Bernutrisi

Dikutip dari European Journal of Nutrition. buah kiwi mengandung vitamin C dan mengandung sejumlah nutrisi lain, terutama serat, kalium, vitamin E, dan folat.

Tak hanya itu, buah ini juga mengandung berbagai komponen bioaktif, seperti antioksidan, fitonutrien, dan enzim yang punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Dalam 100 gramnya, kandungan buah kiwi terdiri dari:

  • Air: 83,9 gram
  • Energi: 64: kalori
  • Protein: 1,06 gram
  • Lemak: 0,44 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula total: 8,99 gram
  • Kalsium: 35 mg
  • Zat besi: 0,24 mg
  • Magnesium: 15,7 mg
  • Fosfor: 34 mg
  • Kalium: 198 mg
  • Seng: 0,14 mg
  • Tembaga:0,134 mg
  • Vitamin C: 74,7 mg

Artikel Lainnya: Manfaat Kiwi untuk Mengatasi Flu, Benarkah Efektif?

2. Sumber Antioksidan

Selain mengandung antioksidan vitamin C dan vitamin E, kandungan kiwi juga terdiri dari senyawa tanaman yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi dalam tubuh.

Contohnya, kiwi mengandung karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, dan beta karoten yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, The American Journal of Clinical Nutrition juga mengungkapkan bahwa asupan makanan yang tinggi antioksidan bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan bisa meningkatkan kesehatan usus. Buah yang satu ini mengandung serat tidak larut dan larut yang bisa mendukung bakteri usus yang sehat dan menjaga pergerakan usus tetap teratur.

Kandungan serat ini juga dapat meningkatkan konsistensi dan frekuensi tinja. Selain itu, juga efektif untuk membantu mengurangi mengejan ketika buang air besar. Dengan begitu, makan buah kiwi bisa bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ternyata, makan buah kiwi bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Dengan mempertahankan kadar vitamin C yang optimal, ini bisa menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Hal tersebut telah dibuktikan lewat Nutrition Journal. Berdasarkan penelitian tersebut, manfaat kiwi gold bisa diperoleh dengan makan 2 buah kiwi gold setiap hari selama 4 minggu dapat meningkatkan kadar vitamin C dan imun tubuh.

5. Mengencangkan Kulit

Siapa sangka, makan buah kiwi ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mengingat bahwa produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia, maka kulit bisa kehilangan elastisitasnya.

Namun tak perlu khawatir, manfaat kiwi untuk wajah bisa membantu mengencangkan kulit.

Ini berkat kandungan vitamin C dalam kiwi yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, sehingga dapat membantu mengencangkan kulit.

6. Melembutkan Kulit

Kandungan kiwi yang terdiri dari vitamin C dapat membantu melembutkan kulit. Tak hanya itu, buah ini juga bisa menyembuhkan luka, serta mencegah kulit kering dan kasar.

Jika ingin mendapatkan khasiat tersebut, kamu bisa mengonsumsi kiwi secara rutin atau menggunakan produk perawatan yang mengandung ekstrak kiwi.

7. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Kiwi merupakan sumber vitamin E yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang satu ini diketahui dapat mengurangi risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV secara langsung ke kulit.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kamu bisa konsumsi kiwi secara rutin dan aplikasikan tabir surya setiap harinya.

8. Kulit Lebih Awet Muda

awet muda

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengolah kiwi menjadi minuman segar. Manfaat jus kiwi dapat membantu kulit jadi lebih awet muda.

Soalnya, kiwi mengandung antioksidan tinggi yang berperan dalam menetralkan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat, termasuk yang menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus pada kulit.

9. Membantu Mengatasi Jerawat

Selain memiliki sifat antioksidan, buah kiwi juga mengandung anti-inflamasi yang bisa mengatasi jerawat.

Untuk mendapatkan khasiat kiwi yang satu ini, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi buah kiwi dan menggunakan produk skincare yang mengandung ekstrak kiwi.

10. Mengatasi Gejala Asma

Berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam kiwi, buah ini ternyata dapat membantu mengatasi gejala pada pasien asma, terutama pada anak-anak.

Selain itu, konsumsi kiwi secara teratur juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya: Manfaat Mengonsumsi Buah Kiwi untuk Meredakan Asma

11. Mencegah Pembekuan Darah

Antioksidan dan vitamin C dalam buah kiwi dapat membantu mencegah pembekuan darah dan mengatur tekanan darah.

Buah ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah lemak dalam darah. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur, tentunya ini bisa bermanfaat bagi kesehatan.

12. Mengurangi Kerusakan DNA

Kadar radikal bebas yang berlebihan di tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif yang berujung pada terjadinya kerusakan DNA. Ini tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan, bahkan beberapanya sulit untuk dideteksi atau diobati.

Beruntungnya, kiwi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi terjadinya stres oksidatif. Dengan mengonsumsi kiwi secara teratur, ini bisa mencegah kanker usus besar yang berkaitan erat dengan kerusakan DNA.

13. Mencegah Kehilangan Penglihatan

Kiwi dapat mencegah terjadinya degenerasi makula atau menurunnya penglihatan akibat usia.

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kiwi dapat membantu pembentukan vitamin A yang penting untuk mata.

Selain itu, antioksidan ini juga dapat menyerap kelebihan cahaya yang bisa merusak retina dan melindungi mata dari katarak dan penyakit mata lainnya.

14. Melawan Peradangan

Enzim bromelain dalam kiwi berguna untuk memecah protein dan menyembuhkan peradangan di tubuh. Ketika mengonsumsi kiwi, bromelain akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan memecah kompleks inflamasi.

Selain itu, tingginya kadar vitamin C dalam buah kiwi bisa mengurangi peradangan dengan melawan radikal bebas dalam tubuh.

15. Mendukung Perkembangan Janin

Ternyata, ada manfaat buah kiwi untuk ibu hamil. Kadar vitamin C dalam buah kiwi dapat membantu penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia selama dan sesudah kehamilan.

Selain itu, tercukupinya asupan zat besi selama hamil juga dapat membantu pembentukan neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak yang baik.

Buah yang segar ini juga mengandung asam folat yang tinggi, sehingga bisa mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi.

16. Meredakan Kram Menstruasi

Khasiat buah kiwi untuk wanita juga bisa membantu meredakan kram menstruasi. Peradangan yang dialami selama siklus menstruasi bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Untungnya, antioksidan dalam buah kiwi memiliki sifat kanker yang bisa mencegah terjadinya pembentukan tumor dan membantu membersihkan racun tubuh.

17. Meningkatkan Kesuburan Pria

Selain untuk wanita, ada juga manfaat buah kiwi untuk pria. Buah yang satu ini mengandung karotenoid, mineral, dan vitamin yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Bahkan, konsumsi kiwi secara rutin juga dapat meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi risiko infertilitas pada pria. Namun, manfaat ini bisa diperoleh jika dibarengi dengan pengaturan pola hidup sehat dan aktivitas fisik yang teratur.

Meski ada banyak manfaat kiwi untuk kesehatan, namun dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengungkapkan bahwa makan kiwi bisa memicu terjadinya alergi, sehingga kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

“Selain itu, kiwi juga tinggi gula. Bagi orang dengan risiko diabetes, ada baiknya untuk membatasi konsumsi kiwi. Secara umum, batasi konsumsi kiwi di bawah 140 gram agar aman,” sarannya.

Nah, itu dia segudang manfaat buah kiwi untuk kesehatan. Yuk, #JagaSehatmu dengan rutin mengonsumsi kiwi dan buah-buahan lainnya untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bila punya pertanyaan lain seputar manfaat kiwi, jangan sungkan untuk konsultasi langsung dengan dokter gizi. Unduh aplikasi KlikDokter dan manfaatkan layanan Tanya Dokter agar lebih praktis.

(NM)

Kecantikan KulitKiwi

Konsultasi Dokter Terkait