Kehamilan

Minum Teh Hijau Tingkatkan Keberhasilan Program Hamil?

Tamara Anastasia, 07 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minum satu sampai dua cangkir teh hijau saat program hamil diduga bisa meningkatkan peluang memiliki anak. Benarkah demikian? Cek faktanya di sini!

Minum Teh Hijau Tingkatkan Keberhasilan Program Hamil?

Teh hijau merupakan jenis minuman herbal yang diketahui punya banyak manfaat kesehatan. Salah satu khasiatnya konon adalah meningkatkan kesuburan wanita.

Disebutkan bahwa konsumsi teh hijau sebanyak satu hingga dua cangkir dalam satu hari dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Tidak heran, banyak wanita yang rutin mengonsumsi teh hijau saat program hamil.

Lantas, bagaimana tanggapan medis mengenai kabar bahwa konsumsi teh hijau saat program hamil dapat meningkatkan peluang untuk mengandung anak? Yuk, cari tahu!

Manfaat Teh Hijau untuk Kesuburan Wanita, Benarkah Adanya?

Faktanya, teh hijau mengandung vitamin B, asam folat, magnesium, kafein, dan antioksidan polifenol. Berkat kandungan-kandungan tersebut, teh hijau disinyalir dapat mencegah kerusakan sel tubuh yang berujung pada kanker.

Di samping itu, kandungan yang ada di dalam teh hijau juga dapat membantu mengoptimalkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan di dalam tubuh. Polifenol yang ada di dalamnya bahkan disebut sebagai zat yang bisa memberikan manfaat baik bagi kesuburan dan ovulasi wanita.

Sayangnya, anggapan tersebut masih belum punya dasar ilmiah yang kuat. Pasalnya, menurut dr. Arina Heidyana, penelitian tentang teh hijau dan kesuburan masih sangat sedikit. Oleh karena itu, hubungan antara konsumsi teh hijau dan kesuburan wanita masih belum dapat dipastikan.

“Namun, memang, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Seperti diketahui, antioksidan bisa mencegah kerusakan sel dan mencegah stres oksidatif. Hal ini diduga bisa berpengaruh baik pada kesehatan tubuh, termasuk kesuburan,” ucap dr. Arina.

Artikel Lainnya: Sederet Efek Samping Obat Penyubur Kandungan

Boleh Dikonsumsi Asalkan Tidak Berlebihan

Manfaat teh hijau untuk program hamil memang belum sepenuhnya terbukti. Namun, bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsi teh hijau sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesuburan agar bisa hamil.

Pada dasarnya, teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan berkat kandungan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, dengan mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, bukan tak mungkin kondisi tubuh Anda akan membaik sehingga kesuburan ikut meningkat.

Satu hal yang perlu diperhatikan terkait konsumsi teh hijau yaitu kandungan kafein di dalamnya. Bagi Anda yang sensitif terhadap zat tersebut, sebaiknya berpikir dua kali sebelum mengonsumsi teh hijau.

Sebab, pada orang-orang yang sensitif, kafein yang ada di dalam teh hijau dapat menyebabkan diare, sakit perut, kecemasan, jantung berdebar, hingga insomnia atau kesulitan tidur di malam hari.

Manfaat teh hijau untuk kesuburan wanita belum sepenuhnya terbukti secara medis. Namun, Anda tetap dapat mengonsumsi minuman herbal tersebut sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang telah disampaikan terkait konsumsi teh hijau, agar Anda tak malah mengalami efek samping merugikan.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai manfaat teh hijau, kesuburan, atau kondisi kesehatan lainnya, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter melalui Tanya Dokter atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Teh hijauKehamilanKesuburan

Konsultasi Dokter Terkait