Kesehatan Lansia

Waspada Gangguan Psikologis pada Lansia, Apa Saja?

KlikDokter, 28 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lansia rentan mengalami penurunan kondisi psikologis maupun fisik. Mari ketahui gangguan psikologis pada lansia dan cara membuat mereka merasa lebih nyaman.

Waspada Gangguan Psikologis pada Lansia, Apa Saja?

Lebih dari 20 persen orang lanjut usia (lansia) menderita gangguan psikologis. Lalu, sekitar 6,6 persen dari jumlah keseluruhan lansia dilaporkan mengalami gangguan mental dan neurologis.

Gangguan psikologis yang umum dialami lansia atau orang berusia 60 tahun ke atas adalah demensia dan depresi.

Demensia memengaruhi sekitar 5 persen dan depresi memengaruhi sekitar 7 persen populasi lansia di dunia.

Selanjutnya, gangguan kecemasan juga menjadi salah satu kondisi psikologis yang memengaruhi 3,8 persen populasi lansia.

Mari ketahui penjelasan lengkap mengenai masalah psikologis pada lansia dan bagaimana cara membuat mereka lebih nyaman di masa tuanya.

Berbagai Gangguan Psikologis Pada Lansia

Seperti disinggung di atas, ada beberapa gangguan kesehatan mental yang bisa dialami oleh lansia. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Demensia

Demensia merupakan gangguan psikologis pada lansia yang bersifat kronis (berlangsung lama) atau progresif. Kondisi ini ditandai dengan penurunan fungsi kognitif, yakni kemampuan untuk memproses pikiran.

Demensia dapat memengaruhi memori, pemikiran, orientasi, pemahaman, kapasitas belajar, bahasa, dan penilaian seseorang terhadap suatu hal.

Gangguan fungsi kognitif ini biasanya disertai dan kadang didahului oleh penurunan kontrol emosi, perilaku sosial, atau motivasi.

2. Depresi

Depresi yang dialami lansia sering terjadi bersamaan dengan masalah kesehatan fisik lainnya.

Selain berhubungan dengan risiko penyakit dan tingkat kematian yang lebih tinggi, depresi yang dialami lansia dapat mengurangi kemampuan mereka untuk merasa lebih baik.

Gejala depresi pada lansia ditandai dengan kelelahan, sulit tidur, menjadi pemarah, kebingungan, putus asa, tidak berharga, atau merasa bersalah.

Selain itu, penurunan nafsu makan, berat badan, hingga adanya keinginan untuk bunuh diri juga harus menjadi gejala depresi yang harus diwaspadai.

Artikel Lainnya: Ini Tanda dan Gejala Depresi yang Harus Anda Waspadai

3. Gangguan Kecemasan

Masalah kesehatan mental yang satu ini juga dapat menyerang orang lanjut usia. Gangguan kecemasan dapat menyebabkan perasaan khawatir hingga takut yang berlebihan pada penderitanya. Bagi orang tua, gangguan kecemasan dapat terjadi bersamaan dengan depresi.

Kombinasi keduanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti sulit tidur, perubahan nafsu makan, kehilangan minat, sulit berkonsentrasi, hingga tidak mampu mengambil keputusan. Akhirnya, Lansia menjadi tidak percaya diri.

Buat Lansia Nyaman untuk Jaga Kesehatan Jiwanya

Beberapa gangguan psikologis di atas membuat lansia membutuhkan pendampingan dari keluarga atau pengasuh.

Mereka membutuhkan perhatian dan harus selalu berada di dalam pengawasan ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan membuat lansia merasa nyaman dan lebih percaya diri ketika melakukan aktivitas harian, hal itu membantu mereka untuk mengatasi gejala gangguan psikologis yang timbul. Salah satu cara dapat dilakukan adalah menggunakan popok dewasa.

Popok dewasa dapat digunakan bagi lansia yang mengalami inkontinensia urin. Kondisi tersebut terjadi saat otot-otot kandung kemih yang menahan urine jadi melemah. Akibatnya, penderitanya tidak dapat menahan atau mengendalikan buang air kecil.

Artikel Lainnya: Agar Selalu Sehat, Lansia Perlu Lakukan Aktivitas Fisik Ini

Guna mengatasi hal tersebut, pengasuh lansia bisa menyediakan popok dewasa Confidence. Pastikan untuk memilih jenis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, untuk kondisi tirah baring, disarankan menggunakan tipe perekat.  Pengasuh harus menyadari bahwa aktivitas pengguna di siang dan malam hari berbeda, sehingga kebutuhan akan popok dewasanya juga harus dibedakan. Lengkapi kenyamanan mereka dengan Confidence Classic Day dan Night.

Confidence Classic Day dilengkapi dengan 4 kali daya serap lebih cepat, sudah teruji secara klinis, dan harga ekonomis. Ukuran popok dewasa Confidence Classic Day lengkap dan membuat penggunanya nyaman untuk beraktivitas di siang hari.

Lalu, untuk kenyamanan malam hari, berikan Confidence Classic Night dengan daya tampung hingga 6 kali, ekstrak aloevera yang cegah iritasi, dan pelindung samping bebas bocor, sehingga pengguna dapat nyenyak semalaman.

Confidence Day & Night sudah tersertifikasi halal dan teruji klinis oleh Australian Dermatologis yang aman untuk kulit sensitif.

Dengan menggunakan popok dewasa yang tepat dan sesuai kebutuhan, lansia menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu aktivitasnya.

Untuk tahu informasi kesehatan lansia lebih lanjut, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

AdvertorialLansiaGangguan Psikologis

Konsultasi Dokter Terkait