HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil
Diet dan Nutrisi

Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

dr. Atika, 08 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Terdapat buah-buahan yang bagus untuk kesuburan, mulai dari semangka hingga mangga. Ini dia jus buah yang disebut-sebut efektif bantu program hamil.

Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

Saat menjalankan program hamil (promil), pasangan disarankan mengonsumsi banyak buah-buahan. Jika bosan makan buah potong, maka jus buah bisa dijadikan alternatif yang baik.

Semua buah secara umum baik untuk kesehatan dan bisa membantu program hamil. Hal ini dikarenakan buah-buahan dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan beberapa jenis zat gizi, terutama mikronutrien. 

Seperti yang kita ketahui, mikronutrien adalah zat yang juga penting dalam proses pembuahan.

Meskipun bukan menjadi faktor penentu utama akan keberhasilan promil, beberapa jus buah bisa menjadi kudapan yang bergizi.  Nah, berikut adalah beberapa pilihan jus untuk membantu promil kamu: 

1. Jus Beri

Siapa yang masih meragukan kandungan antioksidan dalam berbagai jenis buah beri? Baik itu stroberi, bluberi, maupun rasberi, semua kaya akan antioksidan. 

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan sel telur dari ancaman radikal bebas, jus buah beri adalah pilihan yang tepat!

Tidak hanya karena kandungan antioksidannya, fitonutrien dalam jus beri berpotensi meningkatkan kesuburan. 

Jus beri juga mengandung vitamin C dan asam folat yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil. 

Artikel Lainnya: Pilihan Minuman Pagi yang Baik dan Menyehatkan bagi Ibu Hamil

2. Jus Alpukat

Asam folat merupakan kandungan nutrisi yang dapat mendukung program hamil. Salah satu buah yang kaya akan asam folat adalah alpukat.

Buah berdaging hijau ini mengandung asam folat tinggi dan vitamin K yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi secara efektif. 

Vitamin K pada buah alpukat juga membantu menjaga regulasi hormonal, baik pada pria maupun wanita.

3. Jus Jeruk

Ternyata selain rasanya yang enak, jus jeruk mengandung vitamin C dan folat dalam jumlah yang banyak.

Satu buah jeruk besar mengandung 55 mikrogram folat, yaitu sekitar 14 persen dari kebutuhan harian. Zat folat dalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di The American Journal of Obstetrics and Gynecology disebutkan, suplementasi asam folat mampu meningkatkan keberhasilan kehamilan. Oleh karena itu, jus jeruk bagus untuk membantu promilmu. 

4. Jus Pepaya

Buah pepaya memiliki warna oranye terang yang berasal dari kandungan karotenoidnya. Siapa sangka pepaya juga kaya akan asam folat. 

Satu cangkir (140 gram) buah pepaya memiliki kandungan folat yang mencapai 13 persen dari kebutuhan harian. 

Selain kaya akan folat yang bisa membantu promil, pepaya juga tinggi vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan.

5. Jus Jambu Biji

Meskipun lebih tenar sebagai jus untuk demam berdarah, ternyata jus jambu biji juga bermanfaat untuk promil atau kesuburan.

Jambu biji yang merupakan buah asli Amerika Selatan ini diketahui kaya akan vitamin C. Terdapat 125 mg vitamin C dalam 1 buah jambu biji. Hal ini sama dengan 138 persen kebutuhan harian. 

Selain itu, terdapat kandungan antioksidan likopen pada jambu biji. Atas kandungan-kandungannya tersebut, jus jambu biji bisa bermanfaat untuk program hamilmu. 

Artikel Lainnya: Daftar Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

6. Jus Melon Oranye

Melon oranye, atau dalam bahasa Inggris disebut cantaloupe, merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan vitamin C. Dalam 1 cangkir melon oranye mengandung kira-kira 17,4 mg vitamin C (19 persen kebutuhan harian orang dewasa akan vitamin C).

Selain bermanfaat atas kandungan vitaminnya, jus melon oranye juga berpotensi membantu kesuburan karena seratnya yang tinggi.  

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Advances in Nutrition, makanan tinggi serat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Karena itu, jus melon oranye baik untuk kesuburan agar membantu cepat hamil. 

7. Jus Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 56 mg vitamin C, atau 62 persen dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kiwi bisa berpotensi untuk membantu program hamil kamu. Tidak hanya itu, kiwi juga memiliki manfaat untuk sistem imunitas.

8. Jus Apel

Apel merupakan buah yang ‘dekat’ dengan kehidupan kita sehari-hari. Bagi kamu penikmat jus apel, ketahuilah bahwa jus ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk membantu promil.

Hal ini dikarenakan apel kaya akan antioksidan, vitamin C dan serat, di mana kandungan-kandungan tersebut berpotensi meningkatkan fertilitas. Jadi, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah apel atau jus apel. 

9. Jus Plum

Buah plum tidak hanya bermanfaat karena kandungan airnya yang tinggi. Plum juga diteliti kaya akan antioksidan. Tidak hanya itu, ternyata plum tinggi vitamin A, vitamin C, dan asam folat.

Antioksidan dan potensinya dalam membantu meningkatkan kesuburan sudah banyak ditemukan dalam berbagai studi. 

Salah satunya dijelaskan dalam jurnal Advances in Nutrition, bahwa stres oksidatif akibat radikal bebas dapat memengaruhi sel. Padahal, kesuburan bermula dari proses yang melibatkan sebuah sel kecil, yaitu sel telur.  

Telah terbukti bahwa ketika radikal bebas (reactive oxygen species/ ROS) memasuki sel telur, akan terjadi kerusakan yang mengganggu proses fertilisasi. 

Itulah mengapa dalam penanganan ketidaksuburan (infertilitas), pemberian antioksidan menjadi salah satu langkah umum yang selalu ada.

Demikian beberapa rekomendasi jus buah untuk membantu promil kamu. Perhatikan bahwa jus buah tersebut bukanlah ‘obat sakti’ untuk mengatasi segala masalah ketidaksuburan. 

Jus buah hanyalah sebagai pelengkap kandungan nutrisi yang mungkin dibutuhkan saat menjalani promil. Oleh sebab itu, jus buah bukan satu-satunya jenis asupan bernutrisi bagi orang yang melakukan promil.

Selain itu, hindarilah penambahan berbagai jenis gula sederhana (misalnya, gula pasir) dalam jumlah berlebihan ke dalam proses pembuatan jus. Mengonsumsi jus buah murni adalah pilihan yang relatif lebih sehat.

Hitung juga masa subur dan tentukan program kehamilan Anda dengan menggunakan Health Tools Kalkulator Masa Subur.

Untuk #JagaSehatmu, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter mengenai masalah kesehatan apa pun. Gratis, lho!

[RS]

Referensi

  • Gaskins AJ, Chavarro JE. Diet and fertility: a review. Am J Obstet Gynecol. 2018;218(4):379–89.
  • Skoracka K, Ratajczak AE, Rychter AM, Dobrowolska A, Krela-Kaźmierczak I. Female Fertility and the Nutritional Approach: The Most Essential Aspects. Adv Nutr. 2021 Dec 1;12(6):2372-2386. doi: 10.1093/advances/nmab068. PMID: 34139003; PMCID: PMC8634384.
KehamilanKesuburanbuahJus BuahProgram Hamil

Konsultasi Dokter Terkait