HomeIbu Dan anakKehamilanPilihan Minuman Pagi yang Baik dan Menyehatkan bagi Ibu Hamil
Kehamilan

Pilihan Minuman Pagi yang Baik dan Menyehatkan bagi Ibu Hamil

Tamara Anastasia, 03 Jul 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selama masa kehamilan, Anda wajib memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Di mulai dari pagi hari, yuk, cari tahu apa saja minuman ibu hamil yang baik dikonsumsi!

Pilihan Minuman Pagi yang Baik dan Menyehatkan bagi Ibu Hamil

Ibu hamil wajib mengonsumsi cairan sedikit lebih banyak agar tetap sehat dan tidak mengalami dehidrasi. Hal ini penting dilakukan, apalagi jika Anda sering berkeringat.

Kendati demikian, bukan berarti ibu hamil dapat memilih sembarang sumber cairan. Menurut dr. Atika, salah satu yang mesti dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah minuman beralkohol.

Berdasarkan dr. Atika, minuman beralkohol bisa memicu gangguan kesehatan serius. Lantas, minuman apa saja yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan, terutama di pagi hari? 

“Memang, yang paling baik adalah minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama tidur semalaman,” tegasnya.

Namun, lanjut dr. Atika, ibu hamil sebenarnya dapat mengonsumsi minuman apa pun, selama itu menyehatkan. Yang perlu dihindari ibu hamil adalah minuman mengandung gula dan kafein tinggi serta alkohol.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Suka Makanan Bersantan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa minuman ibu hamil yang dapat dikonsumsi mulai pagi hari setelah sarapan:

1. Jus Jeruk

Melansir WFMC Health, jus jeruk baik untuk dikonsumsi saat Anda hamil. Akan tetapi, Anda hanya boleh mengonsumsi jus jeruk yang tidak mengandung gula tambahan.

Jus jeruk mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Dengan tekanan darah yang stabil selama kehamilan, risiko preeklampsia dapat diturunkan.

2. Teh 

Meski mengandung kafein, teh tetap menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang kopi untuk memulai hari. 

Beberapa jenis teh yang bisa dikonsumsi, misalnya rooibos yang bebas kafein dan kaya antioksidan. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi teh peppermint dan jahe untuk membantu meredakan gejala mual di pagi hari. 

3. Smoothies 

Smoothies adalah minuman yang sehat dan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, khususnya di trimester pertama. Adapun beberapa buah yang direkomendasikan untuk dijadikan smoothies, yaitu stroberi, blackberry, ceri, persik, kiwi, dan alpukat. 

Selain buah, Anda juga dapat memasukan protein dan lemak sehat pada smoothies. Anda bisa menambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian, hindari menambahkan gula tambahan. Jika ingin menambah rasa manis, gunakan sedikit madu. 

Artikel Lainnya: Minum Soda Saat Menyusui, Adakah Dampak Buruknya?

4. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Dengan kandungan vitamin C, magnesium, potasium, dan antioksidan, air kelapa juga dapat membantu menstabilkan kadar gula dan menurunkan tekanan darah.

5. Lemonade 

Siapa yang tidak suka dengan segelas air lemon di pagi hari? Minuman ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung vitamin C tinggi dan efektif mengurangi mual

Anda bisa mencampurkan sedikit madu untuk menekan rasa asam dari lemon. Anda juga dapat mencampur sedikit creamer ke dalamnya guna menambah cita rasa dari lemonade yang dibuat sendiri di rumah. 

6. Infused Water

Infused water juga termasuk sebagai minuman ibu hamil yang dapat dikonsumsi saat pagi hari. 

Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu menambahkan potongan buah beri, melon, jeruk, apel, pir, atau lainnya ke dalam air putih, lalu diamkan di lemari es selama beberapa jam. 

Demikian beberapa minuman pagi ibu hamil yang dapat Anda jadikan pilihan. Apabila merasa tidak cocok dengan minuman selain air putih di pagi hari, lebih baik jangan paksakan diri.

Apabila Anda membutuhkan saran dan bantuan mengenai kehamilan, tak perlu ragu untuk bertanya langsung kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter