Kehamilan

Sederet Manfaat Alpukat untuk Program Hamil

Selain nikmat dan menyehatkan, alpukat juga disinyalir dapat meningkatkan kesuksesan program hamil. Yuk, cari tahu fakta medis soal manfaat alpukat untuk promil!

Sederet Manfaat Alpukat untuk Program Hamil

Kesuburan merupakan salah satu komponen penting untuk kesuksesan program hamil. Dengan kata lain, memiliki kesuburan yang optimal turut meningkatkan potensi kehamilan.

Tahukah Kamu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kesuburan adalah dengan mengonsumsi alpukat secara rutin dan teratur? Berikut ini beberapa alasan yang mendasari manfaat alpukat untuk program hamil:

1. Kaya Akan Nutrisi 

Sudah tidak diragukan lagi bahwa alpukat punya banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam satu buah alpukat terkandung protein, asam folat, potasium, serat, lutein, dan beragam vitamin maupun mineral lain yang bermanfaat. Kandungan tersebut juga berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Agar nutrisinya bisa lebih optimal diterima tubuh, pastikan untuk mengonsumsi alpukat tanpa tambahan gula atau kental manis.

2. Mengandung Lemak Sehat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh. Melansir Reproductive Health and Wellness Center, jenis lemak tersebut dapat membantu mengelola gula darah, serta mengurangi peradangan dan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan lemak sehat dalam alpukat juga disebut bisa mengurangi risiko gangguan sel telur yang menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

3. Kaya Akan Antioksidan 

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, alpukat kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada tubuh.

“Ketika kadar antioksidan dalam tubuh meningkat, perlindungan terhadap dampak buruk radikal bebas juga akan semakin optimal,” jelas dr. Sara. Radikal bebas itu sendiri sering dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan kesuburan.

4. Kaya Akan Fitonutrien 

Alpukat mengandung fitonutrien yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Ini artinya, fitonutrien yang ada di dalam alpukat dapat secara tidak langsung melindungi organ reproduksi dari kerusakan sehingga turut mencegah gangguan kesuburan.

5. Kaya Akan Kalium

Alpukat memiliki kandungan kalium, yang jika diserap tubuh dalam jumlah cukup dapat membantu menjaga kestabilan fungsi sel saraf dan otot, termasuk jantung. Kalium juga punya peranan penting untuk jaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah. 

Kadar kalium yang optimal dalam tubuh wanita turut berperan dalam mempersiapkan kehamilan, dan mencegah komplikasi yang mungkin bisa terjadi saat hamil.

6. Sumber Vitamin E 

Vitamin E tak hanya baik untuk kesehatan kulit. Vitamin ini juga berperan penting dalam transportasi sel telur dan embrio yang sudah dibuahi. Jika tidak ada vitamin E yang cukup, konsepsi atau pembuahan pun akan sulit terjadi.

7. Menurunkan Risiko Obesitas

Alpukat memiliki banyak kandungan gizi bermanfaat, yang sebagian di antaranya dapat membantu mempertahankan berat badan agar tetap direntang optimal. Dengan demikian, risiko obesitasyang merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan pun dapat diminimalkan.

Artikel lainnya: Redakan Radang Sendi dengan Alpukat

8. Mengurangi Resiko Preeklamsia

Alpukat dapat memberikan manfaat dalam mengurangi risiko preeklamsia. Alpukat mengandung nutrisi penting seperti asam folat, vitamin C, vitamin E, dan kalium, yang semuanya dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mencegah perkembangan preeklamsia.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Demikan sederet manfaat alpukat untuk kesuburan, yang turut meningkatkan kesuksesan program hamil. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat, serta pola makan seimbang.

Apabila Kamu membutuhkan tuntunan lebih lanjut terkait kesuburan dan kehamilan, tak perlu ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui Tanya Dokter Kandungan atau buat janji dengan Dokter Kandungan di KlikDokter.

Jika Kamu ingin merencanakan kehamilan bisa pesan layanan program kehamilan bisa dilakukan secara online. Beli suplemen dan vitamin, Kamu bisa beli dengan mudah tanpa harus keluar rumah! Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

(NB/JKT)

KehamilanKesuburanmakanan

Konsultasi Dokter Terkait