HomeInfo SehatKesehatan LansiaTips Perawatan Kulit untuk Usia 50 Tahun
Kesehatan Lansia

Tips Perawatan Kulit untuk Usia 50 Tahun

Zahra Aminati, 18 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selewat usia 50 tahun, Anda mulai khawatir oleh berbagai perubahan di kulit? Jangan cemas. Ikuti Langkah-langkah perawatan kulit lansia ini.

Tips Perawatan Kulit untuk Usia 50 Tahun

Walaupun sudah melewati usia setengah abad, menjaga kesehatan kulit tetap harus dilakukan secara paripurna. Fokus perawatan kulit usia 50 tahun biasanya bagaimana untuk menjaga kulit tampak lebih muda. 

Akan tetapi, alih-alih fokus untuk awet muda, berusahalah untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Ketika sehat, kulit akan terlihat terawat dengan baik, tidak peduli berapa pun usia Anda. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, pada usia 50 tahun ke atas kulit memang sudah mengalami banyak perubahan.

“Hal ini terjadi karena kadar air menurun, kolagen berkurang, serta lapisan kulit terluar menipis,” ujarnya. 

Namun demikian, ungkap dr. Theresia, sebenarnya merawat usia 50 tahun ke atas tidak jauh berbeda dengan orang yang usianya lebih muda.

“Namun, penting untuk menghindari mandi dengan air yang terlalu panas, hindari berendam (bathing). Pada usia ini sebaiknya hindari produk sabun pembersih yang bersifat antiseptik dan menggantinya dengan sambut yang mengandung pelembap,” jelasnya. 

Selain itu, ada beberapa cara perawatan kulit usia 50 tahun, yaitu:

1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan langsung matahari adalah musuh bagi kulit. Jika berlebihan, sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, kulit terlihat kasar dan kusam, serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Itu sebabnya, lindungi kulit Anda. Gunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 30. Hindari berada di bawah terpaan sinar matahari langsung pada pukul 10 pagi 4 sore. 

Anda bisa mengenakan topi yang bertepi lebar, baju berlengan panjang, serta gunakan kacamata hitam sebagai perlindungan tambahan.

2. Makan Buah dan Sayur

Apa pun yang Anda konsumsi akan memengaruhi kesehatan kulit Anda. Itu sebabnya, American Academy of Dermatology menyarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran, protein, dan lemak sehat untuk menjaga kesehatan kulit.

Salah satu studi di Skotlandia menemukan, karotenoid yang banyak ditemukan di dalam buah dan sayuran dapat menjaga kesehatan kulit.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Kulit membutuhkan kelembapan. Dan, cara terbaik untuk menghidrasinya adalah dengan minum air putih yang cukup, berapa pun rentang usia Anda.

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi rentan terhadap dehidrasi karena kehilangan sebagian rasa haus, menurut laporan Hydration and Health pada 2010.

Artikel Lainnya: Peeling Skin Syndrome, Penyakit Langka Penyebab Kulit Terkelupas

4. Pilih Sabun Berpelembap

Perawatan kulit untuk usia 50 tahun berikutnya adalah dengan menggunakan sabun dengan kandungan pelembap. 

Pastikan juga sabun Anda tidak mengandung zat basa (alkali) yang tinggi. Kandungan basa yang tinggi cenderung menyebabkan kulit kering dan iritasi.

5. Cuci Muka 2 Kali Sehari

Jangan lupa membersihkan muka dengan facial wash dua kali sehari untuk menjaga wajah tetap bersih dan segar. Hindari menggosok kulit Anda terlalu keras.

Hal ini dapat menghilangkan sebum alami dalam kulit dan membuat kulit kering. Selalu cuci muka sebelum tidur untuk membersihkan kotoran setelah seharian beraktivitas.

6. Jangan Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mungkin Anda merasa nyaman dan rileks saat mandi atau berendam di air hangat. Tak sadar, Anda sudah menghabiskan cukup banyak waktu di kamar mandi.

Namun ingat, mandi air hangat terlalu lama dapat mengeringkan kulit hingga menyebabkan keriput. Batasi waktu berendam air hangat Anda maksimal sekitar 10 menit.

7. Lembapkan Kulit Setiap hari

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi rentan kering. Mungkin Anda harus menyesuaikan perubahan ini dengan pelembap baru yang lebih cocok. Carilah pelembap yang kental dan lembut dengan bahan dasar minyak.

“Ingatlah untuk menggunakan pelembab setelah mandi minimal dua kali sehari,” dr. Theresia berpesan.

Artikel Lainnya: Luka Gatal di Kulit Jangan Digaruk, Ini Bahayanya

8. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat membuat kulit tampak kusam dan bersisik. Namun, jangan lakukan terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering.

Kulit orang yang sudah melalui usia 50 tahun memang rentan terhadap penuaan dan keriput. 

Untuk menjaganya tetap sehat dan terawat, terapkan tips perawatan kulit untuk usia 50 tahun di atas, ya. 

Anda masih punya pertanyaan seputar cara perawatan kulit sesuai usia? Buka aplikasi Klikdokter dan manfaatkan layanan LiveChat untuk langsung ngobrol dengan dokter. Praktis, bukan?

(HNS/AYU)

kulit

Konsultasi Dokter Terkait