Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kimchi? Ini Kata Dokter

Tamara Anastasia, 03 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ibu hamil gemar nonton drama Korea mungkin akan tertarik untuk mengonsumsi kimchi. Lantas, bolehkah ibu hamil makan kimchi? Apakah bermanfaat, atau justru berbahaya?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kimchi? Ini Kata Dokter

Ibu hamil disarankan untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila makan sembarangan, bukan tak mungkin hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan diri dan janin di dalam kandungan.

Dari sekian makanan yang konon dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, kimchi adalah salah satunya. Makanan fermentasi khas Korea ini disinyalir dapat memberikan pengaruh buruk pada kehamilan.

Benarkah kimchi untuk ibu hamil bisa membahayakan kehamilan? Agar tidak salah kaprah, yuk cari tahu fakta medis tentang ibu hamil makan kimchi.

Artikel Lainnya: 4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil   

Kimchi untuk Ibu Hamil, Berbahaya atau Bermanfaat?

Kimchi merupakan hidangan khas Korea yang terbuat dari sayuran mentah fermentasi. Jenis makanan seperti ini memang mudah terkontaminasi kuman yang dapat mengancam kesehatan.

Kendati demikian, bukan berarti ibu hamil dilarang makan kimchi. Ibu hamil boleh saja mengonsumsi sajian tersebut, asalkan memilih produk yang terjamin mutu dan kebersihannya.

“Kimchi merupakan makanan yang difermentasi, sehingga mengandung banyak probiotik. Makanan ini bisa bermanfaat apabila dikonsumsi dengan cara yang tepat,” kata dr. Arina Heidyana.

“Manfaatnya bisa memperlancar pencernaan, mengingat ibu rentan mengalami sembelit. Selain itu, rasanya yang juga tidak terlalu manis sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula darah,” sambungnya.

Selain itu, dr. Arina juga mengatakan bahwa kimchi efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Hal ini berkat kandungan berbagai jenis nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, B1, B2. zat besi, dan lainnya.

Tak berhenti di situ, makan kimchi saat hamil juga pernah dilaporkan dalam Journal of Maternal Fetal and Neonatal Medicine. Penelitian ini menjelaskan bahwa kandungan probiotik yang terdapat di dalam kimchi dapat membantu menjaga berat badan selama kehamilan.

Ada pula manfaat kimchi untuk ibu hamil yang lain, yaitu dapat membantu mengatasi infeksi jamur. Kondisi tersebut merupakan masalah umum yang dihadapi wanita selama kehamilan karena ketidakseimbangan hormon.

Artikel Lainnya: Perlukah Minum Obat Penguat Kandungan Saat Hamil?    

Tetap Harus Waspada

Selama tidak mengalami keluhan atau gangguan kesehatan, tak ada salahnya ibu hamil makan kimchi.

Meski begitu, ibu hamil tetap perlu memperhatikan hal-hal berikut, agar sajian asal Korea tersebut tidak menyebabkan dampak yang merugikan kesehatan:

  • Ibu hamil diminta untuk mengolah kimchi sendiri di rumah. Pastikan untuk mengedepankan higienitas saat mengolahnya. Jangan lupa untuk melakukan pasteurisasi pada kimchi agar bebas kuman berbahaya. Simpan pula kimchi tersebut dengan benar dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Berdasarkan dr. Arina, kimchi punya rasa asam dan pedas yang cukup kuat. Hal ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan untuk ibu hamil, khususnya jika dikonsumsi saat perut kosong.
  • Pastikan hanya mengonsumsi kimchi yang telah dipasteurisasi. Pasalnya, Food and Drugs Administration (FDA) menyarankan agar wanita hamil menghindari makanan yang tidak dipasteurisasi, karena dapat terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

Kimchi untuk ibu hamil dapat memberikan banyak manfaat sehat, asalkan produk yang dikonsumsi higienis dan tidak dalam jumlah berlebihan.

Jika ingin lebih aman untuk makan kimchi saat hamil, Anda sebaiknya melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Kehamilanmakanan

Konsultasi Dokter Terkait