Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hasil Tes Urine Epitel Positif, Apa Artinya dalam Medis?

Hasil Tes Urine Epitel Positif, Apa Artinya dalam Medis?

Sempat melakukan tes urine dan mendapati hasil epitel positif? Waspada, hasil tes urine epitel positif dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan!

Apakah baru-baru ini Anda sempat ikut tes urine untuk tujuan tertentu? Jika ya, coba perhatikan setiap detail dari hasil dari tes tersebut.

Jika mendapati hasil tes urine epitel positif, Anda mesti waspada. Pasalnya, epitel dalam urine dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan tertentu di tubuh Anda.

 

1 dari 3 halaman

Mengenal Sel Epitel

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, sel epitel merupakan bagian yang melapisi permukaan tubuh. Sel ini dapat berasal dari kulit, pembuluh darah, saluran kemih maupun organ lainnya.

Mengutip dari Healthline, sel epitel juga berfungsi melindungi tubuh dari virus. Sel ini dapat dibagi ke dalam tiga jenis; berdasarkan ukuran, bentuk, dan penampilannya.

1. Tubulus Ginjal

Tubulus ginjal merupakan bagian epitel terpenting, yang juga sering disebut sebagai sel ginjal. Lonjakan sel tersebut dapat mengindikasikan gangguan fungsi ginjal.

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

2. Skuamosa

Skuamosa merupakan sel epitel berukuran paling besar. Sel ini berasal dari vagina dan uretra. Sel epitel jenis ini paling sering ditemukan pada urine wanita.

3. Transisi

Sel epitel transisi berasal dari uretra pria maupun pelvis ginjal. Jenis ini sering disebut sebagai sel kandung kemih.

Sel epitel transisi ini sering muncul pada orang dewasa atau berusia lebih tua.

2 dari 3 halaman

Arti Sel Epitel dalam Tes Urine

Sel epitel akan secara alami mengelupas dari tubuh. Ketika air seni Anda mengandung sel tersebut, maka tes urine yang dilakukan akan menunjukkan hasil positif dengan level angka tertentu.

Hasil tes urine dikatakan normal jika Anda memiliki satu hingga lima sel epitel skuamosa per medan daya tinggi (HPF) di dalam urine. Lebih dari itu, jumlah sel epitel dikatakan berjumlah sedang hingga banyak.

“Banyak sel epitel di tes urine bisa menjadi tanda adanya penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK),” ucap dr. Sara.

“Hasil tes urine epitel positif dengan level yang tinggi juga bisa menandakan masalah kesehatan lain, seperti gangguan ginjal,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Urine Beraroma Kopi? Mungkin Ini Penyebabnya

Menilik laporan Healthline, jumlah sel epitel lebih dari lima dalam tes urine dapat pula menunjukkan keberadaan kanker jenis tertentu.

Kandungan sel epitel dalam urine pun bisa menandakan sejumlah kondisi lain. Salah satu contohnya, yaitu epitel yang mengandung banyak hemoglobin menandakan bahwa orang tersebut memiliki sel darah merah dalam urine.

Jika Anda memiliki lebih dari 15 sel epitel tubulus ginjal per HPF, hal ini mengindikasikan bahwa organ ginjal tidak bekerja dengan baik.

Walau demikian, dr. Sara mengatakan bahwa hasil tes urine epitel positif harus disesuaikan lagi dengan anamnesis dan pemeriksaan fisis guna menegakkan diagnosis yang lebih akurat.

Pasalnya, banyaknya kandungan sel epitel dalam urine juga dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi berikut ini:

  • Sistem kekebalan tubuh menurun
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Punya riwayat keluarga dengan penyakit ginjal kronis
  • Pembesaran prostat
  • Kehamilan
  • Keturunan India Afrika, Hispanik, Asia, atau Amerika

Jika Anda khawatir dengan hasil tes yang menunjukkan epitel dalam urine, sebaiknya segera lakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter guna mengonfirmasi kondisi kesehatan.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar