Sukses

Jenis Biji-Bijian untuk Bantu Melancarkan Program Hamil

Pemenuhan nutrisi selama program hamil bisa lewat banyak jalan. Salah satunya melalui biji-bijian. Berikut rekomendasi biji-bijian untuk kesuburan.

Selama menjalani program hamil, Anda dan pasangan akan diminta untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Hal ini dilakukan guna menjaga kebugaran fisik sekaligus kesuburan.

Nah, salah satu jenis makanan yang dianggap efektif untuk memelihara kesuburan itu adalah biji-bijian. Tak hanya satu, ada cukup banyak jenis biji-bijian yang rupanya bisa meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan biji-bijian untuk program hamil:

 

1 dari 4 halaman

1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari tergolong efektif untuk meningkatkan kesuburan. Sunflower seeds bahkan dapat membantu mempertahankan tingkat sperma tanpa harus mengubah pola makan secara drastis.

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, nutrisi penting yang meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

Selain itu, biji bunga matahari menawarkan sejumlah besar seng, asam folat, dan selenium. Ketiganya merupakan nutrisi kesuburan yang kuat dengan manfaat luar biasa. Hal ini juga dibenarkan dr. Arina Heidyana.

Artikel lainnya: Ibu Hamil Suka Makanan Bersantan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

“Ada sebuah studi dari Iran yang mengatakan biji bunga matahari bisa meningkatkan motilitas sperma. Tapi masih ada sedikit studi yang mengatakan hal ini. Perlu studi lebih lanjut untuk memastikannya,” kata dia.

2. Flaxseed 

Biji-bijian untuk kesuburan berikutnya adalah flaxseed atau biji rami. Mengutip laman The TOT, biji rami mengandung omega 3, vitamin B, magnesium, dan mangan yang baik. Mereka berperan penting dalam keseimbangan hormon.

Dengan kandungan serat dan fitoestrogen tinggi, biji rami membantu hati mendetoksifikasi kelebihan hormon yang bisa mengganggu PMS dan masalah infertilitas.

Simpan biji rami dalam lemari es. Pastikan untuk menggilingnya sebelum dimakan dengan takaran 1-2 sendok per hari. Anda bisa campurkan flaxseed ke dalam satu mangkuk smoothies atau jus. 

2 dari 4 halaman

3. Biji Wijen

Biji wijen adalah sumber zat besi dan kalsium yang kuat. Asupan ini mengandung tingkat protein tertinggi dibandingkan dengan semua biji dan kacang lainnya.

Karena kebanyakan wanita kekurangan zat besi, menambahkan biji wijen ke dalam makanan bisa dilakukan untuk mendapatkan zat besi dan menjaga kesuburan.

Selain itu, biji wijen juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang tak kalah dari susu. Satu ons biji wijen mengandung kalsium hampir sebanyak secangkir susu.

Artikel lainnya: Tanda Ibu Hamil Butuh bantuan Doula Saat Hamil Pertama Kali

4. Chia Seeds 

Jenis biji-bijian lainnya yang juga baik untuk program hamil adalah chia seeds. Meski bentuknya kecil, biji chia punya banyak kandungan penting yang bermanfaat bagi kesuburan. 

Chia seed mengandung antioksidan tinggi dan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan tersebut juga baik untuk meningkatkan imunitas.

Biji chia juga kaya serat dan asam lemak omega-3, yang dapat mencegah depresi dan nantinya meningkatkan kesuburan. Tak heran, chia seed amat disarankan sebagai biji-bijian untuk program hamil.

3 dari 4 halaman

5. Legumes 

Legumes banyak mengandung nutrisi tinggi serta mineral. Kandungan folat, mangan, thiamin, fosfor, magnesium, tembaga, dan besinya dapat meningkatkan kesuburan.

Biji-bijian yang umumnya berasal dari famili tanaman Fabaceae ini juga merupakan sumber protein dan serat nabati. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga berat badan dan keseimbangan hormon.

6. Beras Merah

Beras merah kaya akan mineral dan berbagai macam vitamin B, serta tinggi serat. Semuanya sangat baik untuk kesuburan.

Karbohidrat kompleks tersebut juga nantinya dapat mendorong ovulasi secara teratur. Anda bisa mengombinasikan beras merah matang dengan sayuran kaya zat besi, serat, dan antioksidan untuk meningkatkan kesuburan.

Itulah beberapa jenis biji-bijian untuk program hamil yang dianggap efektif untuk meningkatkan kesuburan. Imbangi dengan rutin olahraga, tidur yang cukup, hindari rokok dan alkohol, serta kelola stres dengan baik.

Dapatkan informasi lainnya seputar kehamilan dan kesuburan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar