Sukses

Lidah Buaya Bisa Bantu Atasi Masalah Panu

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kulit. Lidah buaya juga dipercaya dapat mengatasi penyakit panu. Benarkah? Simak infonya lewat uraian ini.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya memberikan efek sejuk dan melembapkan kulit. 

Beberapa produk skincare juga kerap mengandung aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan dasarnya. 

Karena khasiat tersebut, gel lidah buaya disebut-sebut juga bisa mengatasi penyakit kulit seperti panu. Benarkah demikian?

1 dari 3 halaman

Lidah Buaya dapat Membantu Mengatasi Panu

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. Tanda atau ciri panu paling khas adalah muncul bercak putih di kulit. 

Infeksi jamur ini dapat muncul karena tinggal di cuaca yang lembap dan memiliki tingkat kebersihan yang buruk. 

Sementara itu, lidah buaya mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan. 

Kandungan antioksidan polifenol dari lidah buaya membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

Dokter Dyah Novita Anggraini pun menambahkan, “Lidah buaya mempunyai sifat antijamur dan bisa menjadi sebagai terapi suportif untuk mengatasi panu.” 

Tak hanya itu, lidah buaya mengandung vitamin B12 yang diyakini dapat membantu mengobati panu. 

Kemudian, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk membuat tubuh menjadi lebih basa guna mencegah terinfeksi penyakit, termasuk panu. 

Aloe vera juga mengandung polisakarida guna memecah dan mencerna biofilm (kumpulan mikroorganisme) yang diproduksi Malassezia furfur untuk melindungi diri. 

Lidah buaya juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat mempercepat penyembuhan panu. 

2 dari 3 halaman

Tips Meracik Lidah Buaya untuk Atasi Panu

Kendati begitu, dr. Dyah Novita mengatakan, “Lidah buaya memang bisa membantu mengatasi panu. Namun, obat utama untuk mengatasi panu, ya, tetap obat antijamur golongan azole.”

“Apabila ingin menggunakan racikan lidah buaya, campurkan lidah buaya dan minyak zaitun lalu oleskan ke kulit yang terkena panu,” ujar dr. Dyah Novita. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut adalah tips menggunakan lidah buaya untuk membantu mengatasi panu:

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

  • Siapkan 1 sendok makan gel lidah buaya.
  • Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil berisi gel lidah buaya.
  • Oleskan dengan lembut ke kulit yang terkena panu.
  • Biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas

Untuk mengetahui informasi seputar kesehatan kulit lainnya atau cara mengatasi panu, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar