Sukses

Beragam Manfaat Vitamin E untuk Kulit Wajah

Vitamin E memiliki segudang manfaat untuk tubuh Anda, termasuk untuk wajah. Kira-kira apa saja manfaat vitamin E untuk wajah Anda? Simak penjelasan dokter.

Vitamin E merupakan vitamin yang mengandung antioksidan dan larut di dalam minyak. Ada delapan bentuk vitamin E, tapi yang paling sering ditemukan dalam produk perawatan kulit adalah tokoferol asetat. 

Apabila menemukan istilah “tokoferol” di dalam bahan aktif serum atau pelembap kulit, itu merupakan vitamin E.  

Menurut dr. Devia Irine Putri, vitamin E memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan eksim atau peradangan dan membantu mempercepat penyembuhan luka di kulit. 

“Vitamin E membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dan salah satunya berguna sebagai agen antipenuaan. Vitamin E juga dapat membantu melembabkan kulit Anda,” jelas dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Risiko Komplikasi Kesehatan Akibat Kelebihan Vitamin E

Lantas, apa saja manfaat vitamin E untuk kulit wajah? Simak khasiat vitamin E bagi kulit lewat ulasan berikut ini. 

1 dari 3 halaman

1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Bercak hitam yang muncul di kulit dapat menjadi tanda bahwa terlalu banyak pigmen (melanin) atau masalah hormon di dalam tubuh. Nah, vitamin E topikal atau oles disebut-sebut dapat mengatasi masalah bercak hitam.

Kendati begitu, menurut studi yang tercatat di PubMed, vitamin E hanya bisa memudarkan hiperpigmentasi, bukan menghilangkan secara total. 

Agar lebih efektif, Anda dapat mengatasi hiperpigmentasi dengan mencampurkannya vitamin E dan skincare mengandung vitamin C.

2. Mencegah Penuaan Dini 

Vitamin E mengandung antioksidan tinggi yang dapat memengaruhi sirkulasi darah. Manfaat vitamin E tersebut dapat membuat struktur kulit membaik dan kulit juga menjadi lebih kencang. 

Bahkan menurut studi tahun 2013, campuran vitamin E dan bahan alami lain yang kaya antioksidan dapat menjadi perawatan untuk menunda munculnya kerutan di wajah atau disebut dengan photoaging.

3. Mengobati Bekas Luka dan Jerawat

Beberapa orang meyakini kemampuan vitamin E untuk mengobati jaringan parut akibat bekas jerawat. Meski begitu, manfaat vitamin E untuk mengobati bekas jerawat masih perlu diteliti lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Konsumsi Vitamin E Bisa Mencerahkan Kulit, Benarkah?

2 dari 3 halaman

4. Melembutkan Kulit

Vitamin E dan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam krim atau lotion dapat membantu melembutkan kulit. Penelitian mengatakan, skincare mengandung vitamin E dapat membantu kulit menahan air. 

Alhasil, manfaat vitamin E tersebut dapat melembutkan serta membuat kulit tampak sehat dan tangguh. 

5. Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Skincare mengandung vitamin E dapat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV). 

Salah satu tanda kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah munculnya bercak hitam. 

Lalu, mengoleskan vitamin E ke kulit dapat mengurangi kerusakan DNA dan kemerahan akibat luka bakar. Agar perlindungan kulit menjadi maksimal, Anda tetap harus menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari.

Itu dia manfaat vitamin E untuk wajah yang perlu Anda ketahui. Untuk tahu informasi seputar manfaat vitamin atau perawatan kulit lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar