Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Nutrisi Lengkap Susu Ibu Hamil untuk Cegah Stunting

Manfaat Nutrisi Lengkap Susu Ibu Hamil untuk Cegah Stunting

Tahukah Anda bahwa stunting dapat dicegah dengan memenuhi nutrisi ibu sejak hamil? Simak penjelasan selengkapnya disini.

Stunting masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Data menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan kasus stunting tertinggi. Tak heran, bila kampanye pencegahan stunting kini kerap digaungkan.

Banyak yang mengira stunting hanyalah persoalan badan yang pendek. Nyatanya, masalah yang ditimbulkan akibat stunting lebih dari itu.

Stunting juga berdampak terhadap masalah tumbuh kembang dan kemampuan kognitif anak. Pada akhirnya, anak tidak mampu mencapai potensinya secara maksimal.

1 dari 3 halaman

Stunting Dapat Dicegah Sejak Kehamilan

Kabar baiknya, stunting dapat dicegah dan pencegahan tersebut dapat dilakukan sejak 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak yang dimulai sejak dalam kandungan. Artinya, stunting dapat dicegah sejak seorang ibu mengandung buah hatinya.

Kecukupan nutrisi seorang ibu saat hamil amat berhubungan dengan kondisi bayi saat lahir bahkan hingga usia balita.

Berbagai penelitian menunjukkan, sebagian besar (85 persen) balita yang mengalami stunting lahir dari ibu dengan status nutrisi yang buruk saat hamil.

Artikel Lainnya: Nutrisi Makro dan Mikro Masa Kehamilan Cegah Stunting

Sebaliknya, asupan nutrisi yang baik pada ibu hamil dapat mencegah atau menurunkan risiko terjadinya stunting.

Karena itu penting bagi ibu hamil untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Ibu hamil wajib mengonsumsi makanan dengan kandungan makronutrien dan mikronutrien yang lengkap dan seimbang.

Makronutrien meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrien meliputi vitamin dan mineral.

Berbagai zat gizi tersebut dapat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu, salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah dengan mengonsumsi susu ibu hamil.

2 dari 3 halaman

Manfaat Susu Ibu Hamil untuk Cegah Stunting

Bila Anda sedang hamil, tentu Anda sering mendengar anjuran atau nasihat untuk minum susu ibu hamil. Anda pun bisa memilih PRENAGEN mommy.

Susu PRENAGEN mommy diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil setiap hari dengan jumlahnya yang tepat, lengkap dan seimbang, dan tentunya dapat membantu cegah stunting.

Artikel Lainnya: Cegah Stunting dengan Persiapan Kehamilan yang Tepat

Dalam hal pemenuhan makronutrien, PRENAGEN mommy mengandung protein yang baik untuk pembentukan jaringan tubuh dan karbohidrat  serta menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

Susu ibu hamil ini juga mengandung lemak seperti DHA. Tingginya kadar DHA dalam tubuh ibu hamil dapat merangsang kecerdasan dan fungsi otak janin setelah lahir nantinya.

Sementara untuk mikronutrien, susu ibu hamil yang bagus kaya akan mineral seperti  kalsium yang amat diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi.

Tak hanya itu, susu ibu hamil juga memiliki kandungan mikronutrien seperti asam folat, DHA dan Omega 3 yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Lebih jauh lagi, susu ini dapat membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit dalam kehamilan seperti anemia atau kekurangan sel darah merah yang rentan terjadi selama kehamilan.

Artikel Lainnya: Pentingnya Penuhi Kebutuhan Makro dan Mikro sejak Kehamilan

PRENAGEN mommy membantu melengkapi kebutuhan nutrisi selama kehamilan serta mencegah stunting.

Nutrisi selama kehamilan amat penting untuk diperhatikan karena merupakan salah satu faktor penentu terjadinya stunting pada bayi.

Jika Anda sedang hamil, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari.

Lengkapi dengan minum susu PRENAGEN mommy yang mengandung makronutrien serta mikronutrien dalam jumlah tepat dan seimbang.

PRENAGEN mommy, Asupan di masa kehamilan ini tersedia dalam lima rasa, yakni Groovy Mocha, Delicious Mung Bean, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, dan French Vanilla. Pilihlah sesuai selera Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu kontrol kehamilan secara rutin dengan dokter kandungan guna memantau perkembangan bayi Anda. karena waktu tak bisa kembali.

Dengan demikian, kehamilan dapat berjalan dengan lancar dan bayi pun lahir sehat bebas dari stunting.

Itu dia cara mencegah stunting saat hamil. Untuk tahu informasi mengenai nutrisi saat hamil dan cara mencegah stunting, Anda bisa membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar