Sukses

Medfact: Bawang Merah dan Lemon Cegah Virus Corona?

Beredar informasi bahwa tetesan jeruk lemon dan bawang merah dapat mencegah covid, benarkah? Berikut fakta medisnya!

Sudah lebih dari setahun sejak pandemi virus corona menyerang dunia. Namun, masih saja banyak beredar informasi-informasi meragukan tentang cara menyembuhkan atau mencegah covid yang beredar di media sosial.

Salah satu unggahan mengklaim, mengonsumsi bawang merah dan meneteskan perasan lemon di hidung lebih ampuh mencegah penularan virus corona dibandingkan vaksin COVID-19

Bagaimana tanggapan dokter mengenai hal tersebut? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Benarkah Bawang Merah dan Lemon Ampuh Cegah COVID-19?

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa mencegah virus corona bisa dilakukan dengan 2 cara. 

Pertama, makan bawang merah 3 kali sehari kemudian taburkan garam di dekat hidung. Kedua, meneteskan air perasan lemon di area sekitar hidung yang didiamkan selama kurang lebih 2 jam.

Artikel Lainnya: Cegah Corona dengan Tingkatkan Imun Tubuh Anda

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, tidak ada bukti metode ini efektif. Meneteskan perasan jeruk lemon di hidung justru dapat menyebabkan iritasi yang dapat berujung infeksi.

“Cara tersebut tidak benar. Terapi untuk virus corona tetap sesuai prosedur yang ada. Untuk mencegah COVID-19, WHO dan CDC sendiri menyarankan mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi dan jumlahnya cukup,” ucap dr. Devia.

Melansir USA today, sejumlah peneliti dan ahli telah berulang kali membantah klaim bahwa asam atau vitamin C di dalam jus lemon dapat mencegah virus corona. 

WHO sendiri mengatakan, tidak ada bukti ilmiah mengenai manfaat lemon atau kunyit sebagai cara mencegah coronavirus. 

Para ahli juga mengatakan, makan bawang merah dengan garam bukanlah obat untuk COVID-19. 

National Onion Association, AS, menjelaskan, manfaat bawang merah menyehatkan tubuh karena kaya prebiotik. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan bakteri menguntungkan di usus untuk membangun kekebalan terhadap virus. 

Namun, karena virus corona merupakan jenis baru, belum ada penelitian khusus atau diketahui secara pasti apakah senyawa yang ditemukan di dalam bawang merah memiliki efek perlindungan atau penghambatan pada COVID-19.

Artikel Lainnya: Mau Pandemi Usai? Ketahui Pentingnya Gerakan 5M COVID-19

2 dari 3 halaman

Bisakah Konsumsi Bawang Merah dan Lemon Menguatkan Imun?

Lemon dan bawang merah tidak terbukti secara khusus mencegah ataupun menyembuhkan infeksi virus corona. 

Namun, menurut dr. Devia, mengonsumsi keduanya untuk menguatkan sistem imun boleh-boleh saja. 

“Lemon sendiri memang kaya vitamin C, tidak masalah untuk dikonsumsi agar meningkatkan daya tahan tubuh. Polifenol dalam bawang merah juga baik untuk membantu memelihara daya tahan tubuh,” jelas dr. Devia.

Namun, dalam menjaga daya tahan tubuh, tidak hanya bergantung pada lemon dan bawang merah. 

Anda disarankan untuk makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Saran dr. Devia, sebaiknya tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Gunakan masker, menjaga jarak, dan cuci tangan. 

Jangan mudah termakan mitos atau kabar yang meragukan di internet. Bila Anda terinfeksi virus corona, ikuti jalur pengobatan yang disarankan dokter.

Pantau terus informasi atau fakta tepercaya lainnya seputar virus corona di Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter melalui layanan LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar