Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Makan Jambu Monyet

Tri Yuniwati Lestari, 03 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jambu monyet atau jambu mete memiliki banyak khasiat termasuk menurunkan berat badan. Ini dia manfaat jambu monyet untuk kesehatan.

Manfaat Sehat Makan Jambu Monyet

Buah jambu monyet sudah sangat populer di Indonesia. Tak cuma itu, buah tersebut punya banyak manfaat bagi kesehatan Anda. 

Mungkin sebagian dari Anda gemar memakan jambu monyet tapi tidak menyadarinya. Terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalam buah itu yang baik untuk tubuh

Yuk, simak manfaat jambu monyet yang bisa Anda peroleh berikut ini.

Jambu Monyet dan Nutrisinya

Satu porsi jambu monyet (99,25 gram) mengandung:

  • Kalori: 48 
  • Karbohidrat: 12 g
  • Gula: 6 g
  • Serat: 3 g
  • Vitamin A; 27 μg
  • Vitamin C: 102 mg

Jambu monyet adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Terdapat juga beberapa mineral terkandung di dalamnya, yaitu fosfor dan magnesium, serta zat besi.

Artikel lainnya: Musim Hujan Cuaca Tak Menentu, Tetap Sehat dengan Jus Jambu

Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat jambu mete yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Mencegah Kanker

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menjelaskan, buah jambu monyet mengandung senyawa proanthocyanidin, yaitu golongan flavonoid yang dapat menekan replikasi sel kanker

Buah jambu mete juga mengandung beberapa mineral yang dapat mengurangi kecenderungan sel untuk bermutasi. Mengonsumsi jambu monyet dapat mencegah kanker usus besar.

  1. Meningkatkan Energi

Jambu monyet dapat membantu melawan penyakit dan bakteri dengan meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. 

“Karena jambu monyet kaya antioksidan, maka akan meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh juga,” ucap dr. Iqbal.

  1. Baik untuk Kesehatan Otak

Jambu monyet juga tinggi senyawa tanin. Senyawa tersebut juga bisa ditemukan pada kopi, teh, dan anggur merah. 

Tanin dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya yaitu melawan peradangan dan melindungi kesehatan otak.

Artikel lainnya: Faedah Jambu Biji untuk Kesehatan Balita

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Dijelaskan oleh dr. Iqbal, kandungan mineral jambu monyet yaitu fosfor dan magnesium memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral tersebut juga berperan dalam penyerapan karbohidrat dan lemak di dalam tubuh. 

  1. Mencegah Anemia

Jambu monyet mengandung zat besi yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga membantu memperkuat sistem kekebalan dan fungsi enzim. 

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti anemia, infeksi, kelelahan, dan lainnya. Oleh karena itu, makan jambu monyet dapat membantu Anda mencegah gangguan kesehatan tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Purdue University, Amerika Serikat, minyak esensial dan jus jambu monyet dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti kapalan, bisul, dan kutil.

"Jambu monyet juga kaya akan vitamin C, maka berperan dalam menjaga kesehatan kulit serta mempertahankan serat-serat kolagen dan elastin sehingga kulit jadi lebih sehat," ucap dr. Iqbal.

Artikel lainnya: Deretan Buah yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Sembarangan

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dokter Iqbal mengatakan, kandungan vitamin di dalam jambu monyet seperti vitamin A, D, E, dan K berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat jambu mete lainnya adalah menambah dan menjaga kesuburan pria. "Jambu monyet memiliki kandungan alami yang akan meningkatkan [kemampuan] aktivitas seksual dan hormon testosteron serta kualitas sperma seorang pria," ucap dr. Iqbal.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat jambu monyet berikutnya adalah membantu mengontrol kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi jambu monyet sesuai porsi dan secara teratur dapat membantu menurunkan penumpukan lemak yang mengarah kepada penambahan berat badan. 

Jambu monyet juga memiliki sejumlah serat yang penting untuk mengurangi berat badan bila dimakan dalam jumlah sedang. Pastikan untuk memaksimalkan upaya tersebut dengan olahraga teratur.

Ingin tahu beragam manfaat buah-buahan lainnya? Download aplikasi KlikDokter dengan beragam fitur kesehatan bermanfaat. Anda juga bisa konsultasi ke dokter lebih cepat lewat Live Chat.

(FR/JKT)

buahJambu

Konsultasi Dokter Terkait