Sukses

Bentuk Vagina seperti Jengger Ayam, Normalkah?

Merasa aneh dengan miss v sendiri, karena bentuknya mirip jengger ayam? Waspada, bentuk miss v seperti jengger ayam bisa mengindikasikan penyakit seksual. Cek faktanya!

Kesehatan vagina sangat penting bagi wanita. Oleh sebab itu, ketika terdapat perubahan atau kejanggalan pada organ intim, kaum hawa pasti langsung khawatir. 

Salah satu hal yang bisa membuat wanita merasa khawatir berlebih adalah ketika bentuk miss v seperti jengger ayam. 

Jengger ayam mirip seperti kulit ringan yang agak panjang dan keriput. Bentuknya yang tidak keruan bisa mengganggu penampilan vagina, sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Lantas, apa yang membuat bentuk miss v seperti jengger ayam? Apakah kondisi tersebut hanya keunikan anatomi tubuh? Atau, jangan-jangan, itu adalah penyakit menular seksual?

Artikel Lainnya: 10 Fakta Menarik tentang Vagina

1 dari 3 halaman

Bentuk Miss V seperti Jengger Ayam, Apa Sebabnya?

Menurut dr. Arina Heidyana, jengger ayam pada wanita umumnya menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual. 

“Jika ada kondisi seperti itu, maka kemungkinan besar si wanita mengalami yang namanya kondiloma akuminata. Biasanya penyakit ini memang menimbulkan kutil yang bentuknya mirip jengger ayam dan terasa sangat gatal,” jelas dr. Arina. 

Penyakit kondiloma akuminata disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV), yang biasanya menular akibat hubungan seksual berisiko, termasuk bergonta-ganti pasangan tanpa pengaman (kondom). Baik pria maupun wanita, keduanya bisa terinfeksi virus tersebut. 

Selain menyebabkan kelamin berbentuk jengger ayam, kutil kelamin ini dapat menyerupai kembang kol. Di awal, ukurannya kecil seperti benjolan biasa. Lama-kelamaan, bentuknya bisa semakin besar, berkumpul, dan mengganjal. 

Bentuk jengger ayam akibat kondisi tersebut kemungkinan besar berawal dari wujud kembal kol yang awalnya kecil. 

Jika diperhatikan, warnanya juga akan sedikit lebih gelap daripada area lain. Rasa gatal, nyeri, dan perih tak langsung instan muncul setelah terinfeksi. Butuh waktu lama sampai gejala tersebut muncul. 

Faktanya, penyakit menular seksual tersebut tak hanya dapat terjadi di organ intim. Penyakit dapat menular ke mulut jika penderitanya sering melakukan seks oral. Penggunaan sex toys yang tidak higienis dan aktivitas seks anal juga meningkatkan risiko penyakit kelamin jengger ayam tersebut. 

Kondiloma akuminata dapat berkembang menjadi kanker, baik itu kanker serviks maupun kanker penis. Virus HPV mampu mengubah struktur sel yang telah terjangkit menuju ke komplikasi yang lebih serius. 

Untuk memastikan apakah Anda benar terinfeksi virus HPV dan terkena penyakit kondiloma akuminata, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang mungkin tidak disadari oleh orang pada umumnya. 

Tanpa adanya gejala penyerta dan riwayat aktivitas seksual berisiko, bisa saja hal yang Anda anggap sebagai jengger ayam hanyalah keunikan anatomi dari vagina. 

Sejauh ini, terdapat 9 tipe bentuk vagina. Salah satunya, yaitu bibir vagina yang menjuntai. Pada kasus ini, bibir vagina bagian dalam memiliki bentuk menggantung dan bisa bergesekan dengan celana dalam. Bahkan, ada juga bibir vagina yang tampak kendur dan sedikit terbuka.

Artikel Lainnya: Benjolan di Vagina Bisa Disebabkan oleh 6 Kondisi Ini

2 dari 3 halaman

Penyakit Jengger Ayam pada Wanita, Bisakah Diobati?

Apabila diagnosis mengidap kutil kelamin, dr. Arina mengatakan, pasien akan diberikan dua pengobatan. 

“Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan diberikan cairan podofilin di sel kutil. Yang kedua, tindakan laser atau kauterisasi juga bisa dilakukan,” tutur dr. Arina. 

Umumnya, kauterisasi dilakukan apabila pengobatan topikal kurang menunjukkan hasil maksimal. Kauterisasi merupakan tindakan medis untuk menghilangkan kutil dengan menggunakan arus listrik yang disesuaikan.

Dokter juga akan mengoleskan asam trikloroasetat setiap kali pasien kontrol. Kondiloma akuminata bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat dan cepat. Kendati begitu, Anda tetap harus hati-hati dengan risiko kanker di masa mendatang. 

Setelah sembuh, Anda bisa mendapatkan vaksinasi kanker serviks. Lalu, hindari pula perilaku seks berisiko agar tidak lagi terkena penyakit kelamin jengger ayam atau infeksi menular lainnya. 

Kini Anda sudah mengetahui alasan medis di balik bentuk miss v seperti jengger ayam, bukan? Apabila masih ada pertanyaan seputar kesehatan organ intim, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter. 

(NB/JKT)

1 Komentar

  • Ela Wawati

    Hallo pembaca, Sudahkan anda mencoba untuk trading forex, emas, saham dan bitcoin, meefx adalah broker terbaik untuk anda. mengapa harus berdagang di meefx. 1. Bonus 5 usd tanpa deposit 2. Trading tidak dikenakan swap 3. Trading tidak dinekan komisi kunjung : http://meefx.co.id