Sukses

Mau Minum Vitamin saat Perut Kosong? Ini Dia Daftarnya

Ada beberapa jenis vitamin yang bisa dikonsumsi ketika Anda belum makan apa-apa, misalnya saat buka puasa. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Meski tubuh memproses multivitamin dengan lebih baik saat perut terisi makanan, ternyata, kondisi itu bersifat tidak mutlak. 

Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan, ada vitamin dan mineral yang penyerapannya tetap terjadi walaupun Anda belum sempat makan. 

Bahkan, ada pula khasiat vitamin yang malah berkurang akibat makanan atau minuman yang habis Anda konsumsi. 

Misalnya, Anda habis minum suplemen zat besi. Tapi sebelumnya, Anda menyantap dessert yang mengandung kafein dan susu.  Penyerapan mineral tersebut malah akan terhambat. 

Karena itu, tak hanya soal vitamin boleh diminum sebelum makan atau tidak, penting juga mengetahui pantangan kombinasi makanan serta vitamin yang hendak diminum. 

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah kondisi minum vitamin saat perut kosong tidak berlaku untuk penderita sakit lambung. Asam lambung akan naik, sensasi nyeri, mual, dan muntah justru akan terjadi jika Anda memaksakan diri. 

Artikel Lainnya: Konsumsi Vitamin C Tiap Hari, Apakah Berbahaya?

Adapun jenis vitamin yang boleh diminum sebelum makan, yaitu:

1 dari 4 halaman

1. Vitamin B

Sebagai awal yang baik untuk memulai hari-hari Anda, minumlah vitamin B saat perut kosong, khususnya saat pertama kali bangun di pagi hari. 

Vitamin B merupakan golongan vitamin larut air yang meningkatkan energi dan menghilangkan stres. Beberapa vitamin B yang paling populer, antara lain B2, B6, dan B12. 

Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Psychopharmacology tahun 2010 melaporkan khasiat mengonsumsi vitamin B secara rutin. 

Peneliti studi tersebut mengatakan bahwa vitamin yang satu itu mampu mengurangi jumlah stres dan bisa mempersiapkan suasana hati yang lebih baik untuk beraktivitas. 

2. Vitamin Kehamilan 

Vitamin prenatal dapat diminum sebelum makan agar semua kandungan nutrisinya dapat terserap dengan baik. 

Menurut American Congress of Obstetrics and Gynecology (ACOG), vitamin prenatal yang baik mencakup kalsium, zat besi, dan asam folat. 

Zat besi paling baik diserap saat perut kosong. Namun, jika lambung Anda sensitif, lebih baik makan dulu sebelum mengonsumsi mineral tersebut untuk mencegah mual. 

Melansir Healthline, beberapa wanita menemukan bahwa mengonsumsi vitamin prenatal setelah makan justru menyebabkan mual dan sembelit. 

Jika Anda masih kurang nyaman untuk mengonsumsi vitamin di pagi hari atau tanpa makanan cobalah meminumnya tepat sebelum Anda pergi tidur. 

Manfaat vitamin prenatal bersifat kumulatif, yang terpenting adalah Anda meminumnya setiap hari.

Artikel Lainnya: Konsumsi Vitamin Saat Hamil Turunkan Risiko Autisme pada Anak?

2 dari 4 halaman

3. Zinc

“Selain vitamin B, suplemen mineral zinc juga lebih baik diminum dalam keadaan perut kosong. Sebab, penyerapannya memang lebih baik di waktu tersebut,” kata dr. Dyah Novita. 

Mikronutrien yang satu ini mampu memelihara fungsi imunitas tubuh, mencegah penyakit jantung, mengontrol gula darah, serta menjaga fungsi penglihatan. 

Biasanya suplemen ini jarang dikombinasikan dengan antibiotik jenis tertentu karena dapat mengganggu penyerapan dari si pembunuh bakteri tersebut. 

4. Zat besi

Mineral yang satu ini sangat dibutuhkan oleh penderita anemia. Jika tidak, tubuhnya akan lemas, pucat, dan beragam kondisi medis yang tidak diinginkan bisa terjadi. 

Waktu yang paling baik untuk minum suplemen zat besi adalah di waktu perut kosong. 

Namun, tak ada salahnya juga untuk mengonsumsi sedikit makanan dulu agar tidak mual (bagi yang punya riwayat sakit lambung). 

5. Enzim proteolitik

Suplemen enzim proteolitik bekerja maksimal ketika Anda belum makan. Enzim ini sering digunakan untuk membantu mengurangi peradangan. 

Apabila dikonsumsi sesudah makan, dikhawatirkan enzim hanya menjadi enzim pencernaan (tidak berfungsi maksimal).

Artikel Lainnya: Perlukah Konsumsi Suplemen Enzim Sehabis Makan Banyak?

3 dari 4 halaman

6. Bioflavonoid

Antioksidan seperti bioflavonoid sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis. Penyerapan nutrisi yang satu ini paling maksimal ketika perut dalam keadaan kosong. 

7. Probiotik

Ada alasan mengapa orang-orang sering mengonsumsi yoghurt ataupun suplemen probiotik ketika mereka baru bangun tidur. 

Sebab, bakteri Lactobacillus acidophilus dan bifidus bisa berfungsi maksimal di saluran cerna ketika perut Anda masih kosong. 

Itu dia daftar vitamin yang boleh diminum sebelum makan. Sebaiknya Anda selalu melihat dosis yang dianjurkan pada kemasan. 

Hindari konsumsi vitamin melebihi dosis rekomendasi atas inisiatif pribadi demi mencegah efek samping. 

Bila perlu, konsultasikan dulu dosisnya ke dokter karena kondisi dan kebutuhan tiap orang bisa berbeda-beda. 

Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar suplemen, obat, dan nutrisi, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter. Berbagai jenis produk multivitamin juga bisa dapatkan di fitur Belanja Sehat. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar