Sukses

Perawatan Gigi Bercelah dengan Metode Tambal Gigi

Gigi bercelah umumnya bisa diatasi dengan perawatan ortodontik, Namun, jika Anda juga bisa melakukan perawatan gigi bercelah dengan tambal gigi.

Gigi bercelah atau renggang dapat disebut sebagai diastema gigi. Kondisi ini terdiri dari beberapa macam kondisi, di antaranya terdapat gigi bercelah multiple diastema dan central diastema

Untuk kasus multiple diastema, cara yang banyak dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan perawatan ortodontik. Dengan perawatan ortodontik, beberapa gigi yang mengalami diastema bisa dikoreksi sekaligus. 

Sedangkan untuk kondisi kasus central diastema, selain menghilangkan faktor penyebabnya, dapat juga dilakukan perawatan dengan cara ditambal.

Artikel lainnya: Sederet Hal yang Harus Dilakukan Setelah Tambal Gigi

Opsi perawatan dengan penambalan gigi dapat dilakukan apabila pasien tidak menginginkan perawatan ortodontik dan menginginkan hasil yang lebih cepat. 

Penambalan gigi dengan kasus central diastema dilakukan dengan teknik veneer. Nantinya, sisi gigi yang renggang akan dilebarkan untuk menutupi celah tersebut.

Perawatan veneer untuk mengatasi central diastema tidak berbeda jauh dengan perawatan veneer pasien yang menginginkan giginya terlihat lebih putih atau dengan kondisi lain.

Perawatan veneer pada kasus central diastema hanya diberikan pada gigi yang renggang.

Di bagian depan kedua gigi tersebut harus dilakukan pengikisan terlebih dahulu. Lalu, bahan veneer akan diaplikasikan ke sisi tersebut dan dipasangkan terlebih dahulu guna menutupi celah yang ada di gigi. 

Artikel lainnya: Habis Scaling Gigi Jadi Renggang, Apa Penyebabnya?

Keuntungan dari perawatan ini adalah tidak memerlukan tindakan pembedahan. Perawatan ini memiliki hasil yang lebih singkat dibandingkan dengan perawatan yang menggunakan alat ortodontik. 

Selain itu apabila pasien merasa giginya berwarna kurang putih dan ingin memutihkannya, maka veneer dapat dilakukan. 

Tidak hanya pada gigi yang mengalami central diastema, veneer dapat dilakukan pada beberapa gigi yang ingin diubah warnanya menjadi lebih putih atau lebih estetis.

Perawatan veneer juga tidak membutuhkan penggunaan retainer. Dengan kata lain, setelah perawatan veneer, pasien tidak perlu melakukan treatment apa pun untuk menjaga supaya celah gigi  tersebut tidak muncul kembali.

Untuk tahu informasi kesehatan dan perawatan gigi lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar