Diet dan Nutrisi

Bahaya Makan Nanas yang Mesti Diwaspadai Siapa Saja

Krisna Octavianus Dwiputra, 08 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Nanas bisa bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Apabila berlebihan, Anda justru berpotensi merasakan bahaya nanas bagi kesehatan. Cek fakta selengkapnya!

Bahaya Makan Nanas yang Mesti Diwaspadai Siapa Saja

Nanas adalah buah sehat nan menyegarkan yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini menawarkan berbagai manfaat sehat, khususnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Nah, manfaat nanas tersebut bisa berubah menjadi efek samping yang merugikan kesehatan apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Apa saja efek samping makan nanas yang dimaksud? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Masalah Asam Lambung

Menurut dr. Valda Gracia, bahaya nanas apabila dikonsumsi berlebihan adalah bisa menyebabkan peningkatan asam lambung. Hal ini khususnya dirasakan oleh orang yang punya penyakit mag.

2. Merusak Enamel Gigi

"Kandungan di dalam nanas bisa menurunkan pH menjadi lebih asam. Hal tersebut berisiko merusak enamel gigi, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan," ungkap dr. Valda.

Enamel yang menipis berisiko menyebabkan gigi berlubang dan gigi sensitif. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi ngilu dan nyeri apabila terpapar makan asam, panas, atau dingin. 

3. Alergi

Nanas memiliki sifat asam yang bisa ‘melunakkan daging’. Hal inilah yang membuat buah tersebut dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang yang sensitif.

Sebagian besar kasus reaksi alergi akibat nanas bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam. Namun, pada kasus yang parah, alergi akibat konsumsi nanas dan makanan jenis lainnya dapat pula memicu gejala yang butuh pertolongan medis segera.

4. Gula Darah Tinggi

Nanas adalah salah satu buah yang memiliki kandungan gula alami sangat tinggi. Oleh karena itu, buah ini dapat meningkatkan kadar gula darah apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Kadar gula darah tinggi dapat mencetuskan gejala sakit kepala, rasa haus yang meningkat, dan sering buang air kecil. Pada orang dengan diabetes, gula darah yang terus-menerus tinggi dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Artikel Lainnya: Jangan Kebanyakan Makan Buah, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!

5. Lidah Terasa Gatal

Pada orang-orang yang memiliki bakat alergi, konsumsi nanas dapat menyebabkan keluhan lidah terasa gatal. 

6. Interaksi obat

Nanas mengandung enzim bernama bromelain. Enzim ini diketahui dapat menyebabkan mual, diare, dan gangguan pencernaan, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Tidak hanya itu, bromelain juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar antibiotik yang diserap oleh tubuh. 

Konsumsi bromelain secara berlebihan bersamaan dengan obat pengencer darah dapat pula meningkatkan risiko perdarahan. 

Artikel Lainnya: Nanas Muda Buat Mencegah Kehamilan, Apa Kata Medis?

Cegah bahaya nanas dengan memperhatikan porsi saat mengonsumsinya. Jika Anda alergi terhadap buah tersebut, lebih baik hindari untuk mengonsumsinya. Anda tak ingin mengalami hal-hal yang merugikan kesehatan, bukan?

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai efek makan nanas, tak ada salahnya untuk bertanya langsung kepada dokter dengan memanfaatkan layanan Tanya Dokter atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

nanasbuah

Konsultasi Dokter Terkait