Otot dan Sendi

10 Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Siti Putri Nurmayani, 03 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Nyeri sendi tak melulu bisa diatasi dengan obat dari dokter. Ada pula beberapa obat herbal nyeri sendi yang bersifat alami dan terbukti efektif. Apa saja? Yuk, cari tahu.

10 Obat Nyeri Sendi Alami yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Nyeri sendi bisa jadi masalah yang serius bagi kebanyakan orang. Pasalnya, keluhan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak heran, penderitanya pun melakukan segala cara agar terbebas dari penyakit tersebut. 

Penggunaan bahan-bahan herbal yang bersifat alami menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi nyeri sendi. Lalu, apa saja obat nyeri sendi alami yang bisa digunakan? Mari ketahui sejumlah pilihannya di sini. 

1. Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Namun siapa sangka, bahan alami ini juga bisa dijadikan obat tradisional nyeri sendi. 

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, teh hijau memiliki kandungan polifenol serta bersifat antiradang dan antioksidan. Berkat hal tersebut, teh hijau bisa meredakan nyeri akibat radang sendi

2. Jahe

Jahe juga bisa digunakan sebagai obat herbal nyeri sendi, terutama akibat asam urat

“Penggunaan jahe bisa sebagai obat antiradang. Sifat ini mirip dengan obat rheumatoid arthritis, seperti ibuprofen atau COX 2 inhibitor,” tutur dr. Iqbal. 

Artikel Lainnya: Waspada, Ini Deretan Penyebab Nyeri Sendi yang Mesti Kamu Ketahui

3. Lidah Buaya

Ada banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu atasi masalah nyeri sendi.

Bahan alami yang satu ini memiliki efek antiradang yang dapat mencegah pelepasan enzim pemicu peradangan ke dalam darah. 

4. Air Garam

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)

Garam memang dikenal sebagai penyedap rasa alami. Namun selain itu, bumbu dapur yang satu ini juga dapat membantu mengatasi nyeri sendi. 

Cara membuat obat tradisional nyeri sendi ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan garam ke dalam air hangat di wadah. Lalu, celupkan bagian tubuh yang terasa nyeri ke dalam wadah. Selain itu, bisa juga dengan mengompresnya menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke dalam wadah. 

5. Kunyit 

Kunyit ternyata juga menjadi salah satu pilihan obat herbal untuk nyeri sendi. Kandungan nutrisi utama dalam kunyit, kurkumin, memiliki sifat antiradang. 

Tak heran, kunyit telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan tradisional, termasuk untuk mengatasi nyeri sendi. 

Artikel Lainnya: Ini Beberapa Jenis Vitamin yang Bisa Meredakan Nyeri Sendi

6. Eucalyptus

Eucalyptus

Eucalyptus atau minyak hasil sulingan daun kayu putih juga bisa dijadikan sebagai obat alami nyeri sendi. Pasalnya, bahan alami ini memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antivirus. 

Selain itu, flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan juga bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri. 

Ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan pada Contemporary Clinical Trials Communication. Dilaporkan bahwa kayu putih dapat mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan kualitas hidup penderita radang sendi.

7. Minyak Borage

Sesuai namanya, minyak ini berasal dari tanaman starflower atau borage. Minyak borage mengandung asam lemak omega-6 alias gamma linolenic acid (GLA) yang memiliki sifat anti-inflamasi atau antiperadangan. 

Karenanya, banyak yang menggunakan minyak borage sebagai obat alami untuk nyeri sendi, terutama akibat radang sendi. 

Berdasarkan Arthritis Foundation, kamu bisa mengonsumsi minyak borage sebanyak 1300 mg setiap hari. Namun, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Artikel Lainnya: Nyeri Sendi dan Nyeri Otot, Apa Bedanya?

8. Tanaman Cakar Kucing

Tanaman cakar kucing alias cat’s claw menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri sendi. Bahan alami ini memiliki sifat antiperadangan yang bisa mengurangi nyeri sendi. 

Meski bermanfaat, tanaman ini memiliki efek samping yang bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, muntah, dan dapat menurunkan tekanan darah.

9. Minyak Ikan

Minyak ikan yang berasal dari ikan Kod, makarel, salmon, tuna, atau halibut, mengandung asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat memblokir peradangan dalam tubuh. 

Dengan mengonsumsi minyak ikan secara teratur, ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan dan kekakuan di pagi hari.

10. Ginkgo Biloba

Manfaat Herbal Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

Ginkgo biloba merupakan tanaman herbal yang dipercaya dapat membantu mengobati nyeri sendi. Obat herbal ini dapat meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi. 

Namun, ada sejumlah efek samping dari mengonsumsi ginkgo biloba, mulai dari sakit perut, pusing, hingga sakit kepala. Oleh karenanya, dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

Itu dia deretan obat herbal yang bisa dijadikan sebagai obat alami nyeri sendi. Meski obat dari bahan tradisional dan alami ini diyakini mampu bantu atasi nyeri sendi, tetap harusSupaya terhindar dari efek samping, dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Kamu bisa gunakan layanan Tanya Dokter. Dengan aplikasi KlikDokter, konsultasi jadi lebih cepat dan praktis.

(NM)

herbalNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait