Sukses

Sederet Manfaat Bayam Merah untuk Anak

Tak kalah sehat, bayam merah juga mengandung beragam manfaat sehat untuk anak. Simak fakta dari dokter tentang manfaat bayam merah untuk anak di artikel berikut.

Bayam merah mungkin tidak begitu terkenal layaknya yang berwarna hijau. Meski demikian, tahukah Anda bahwa bayam berwarna eksotis itu juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat?

Faktanya, konsumsi bayam merah secara rutin dan teratur dapat membantu menyehatkan tubuh, bahkan menunjang tumbuh kembang anak.

Oleh karena itu, setiap orang orangtua disarankan untuk memberikan asupan bayam merah kepada si kecil secara rutin dan teratur.

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Bayam Merah

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, kandungan nutrisi bayam merah tak jauh berbeda dengan yang hijau.

"Sebagian besar sama-sama mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, bayam merah juga mengandung berbagai jenis serat, energi, karbohidrat, protein, dan antioksidan dalam bentuk beta-karoten," kata dr. Iqbal.

"Hanya saja, ada yang sedikit lebih tinggi (kandungan bayam merah), ada juga yang lebih rendah dibanding bayam hijau," sambungnya.

Menurut dr. Iqbal, bayam merah memiliki kadar kalsium lebih tinggi ketimbang yang berwarna hijau. Selain itu, bayam merah juga memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang sedikit lebih banyak daripada yang hijau.

Artikel Lainnya: 6 Alasan Kenapa Anak Perlu Makan Bayam

2 dari 3 halaman

Manfaat Bayam Merah untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat bayam merah untuk anak:

1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium pada bayam merah dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada si kecil.

"Kalsium pada bayam merah bisa memadatkan tulang dan membuat gigi menjadi lebih kuat," jelas dr. Iqbal.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C pada bayam merah cukup tinggi. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, daya tahan tubuh si kecil akan lebih optimal sehingga terhindar dari risiko penyakit.

3. Menyehatkan Rambut

Bayam merah mengandung vitamin B yang cukup. Oleh karena itu, mengonsumsinya secara rutin dan teratur dapat membuat anak memiliki kondisi rambut yang lebih sehat.

Artikel Lainnya: MPASI Bayam untuk Bayi, Ini Manfaat dan Tips Membuatnya!

4. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat pada bayam merah bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan anak. Dengan demikian, tubuh si kecil bisa menyerap zat-zat yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang dengan lebih optimal.

5. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat pada bayam merah juga bisa membat si kecil terhindar dari risiko sembelit alias konstipasi.

6. Bagus untuk Kesehatan Mata

Menurut dr. Iqbal, vitamin A pada bayam merah tergolong tinggi. Vitamin tersebut memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata.

7. Kulit Sehat

Kandungan vitamin A dan E pada bayam merah adalah paduan yang bagus untuk kesehatan kulit anak.

Artikel Lainnya: Apakah MPASI Berbahan Organik Lebih Baik?

8. Mengatasi Disentri

Dalam penelitian berjudul Medicinal Importance of Unexploited Vegetable Under North Eastern Regions of India, bayam merah disebut mampu mengatasi penyakit disentri.

Hal tersebut berkat serat larut dan antosianin yang ada di dalam bayam merah. Senyawa tersebut bisa ‘membersihkan’ saluran pencernaan, sekaligus membasmi bakteri penyebab disentri.

9. Menurunkan Risiko Asma

Bayam merah mengandung beta karoten, yang mampu meningkatkan fungsi saluran pernapasan dalam membersihan residu-residu berbahaya yang tertinggal di organ tersebut.

Berkat khasiat tersebut, bayam merah dapat menurunkan risiko asma.

10. Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat pada bayam merah dapat meningkatkan energi anak.

Peningkatan energi dapat dirasakan lebih optimal dengan mengonsumsi bayam merah secara rutin, berkat adanya kombinasi protein, vitamin K, folat, riboflavin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.

Tertarik dengan manfaat bayam merah untuk anak? Tetap perhatikan porsi saat memberikannya kepada si kecil, ya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas bayam yang dimasak. Segera dikonsumsi setelah dimasak hingga matang, dan langsung buang jika penampilannya sudah kehitaman.

Jika terdapat keraguan saat hendak memberikan bayam merah untuk anak, Anda sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar