Sehat dan Bugar

Duduk Lama Saat WFH Bikin Lelah? Ini Cara Mengatasinya

KlikDokter, 17 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Duduk terlalu lama saat bekerja WFH kerap menimbulkan kelelahan. Bagaimana solusinya? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

Duduk Lama Saat WFH Bikin Lelah? Ini Cara Mengatasinya

Apakah Anda termasuk kelompok orang yang harus Work from Home (WFH)? Kalau ya, pasti kegiatan sehari-hari disibukkan dengan berbagai pertemuan online atau Zoom meeting yang mengharuskan Anda duduk di depan komputer dalam waktu lama.

Hati-hati, bekerja di depan komputer berlebihan dan sering duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan. Apa saja keluhan atau gejala yang dapat dirasakan akibat duduk terlalu lama saat WFH?

Waspada Kelelahan Akibat WFH

Ketika Anda bekerja dari rumah, berbagai kendala dapat dikurangi misalkan jarak jauh ke kantor, kemacetan, atau bahkan risiko penularan COVID-19 dari lingkungan luar.

Namun, beban pekerjaan tetap ada dan bisa jadi malah menumpuk. Semua tugas perlu diselesaikan menggunakan bantuan komputer. Alhasil, Anda jadi terus berjibaku di depan komputer dalam waktu yang lama.

Menggunakan komputer dalam waktu lama berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Lalu, terus duduk dalam posisi yang sama dapat menyebabkan kelelahan.

Kelelahan yang terjadi biasanya berkaitan dengan masalah otot akibat duduk dengan posisi sama untuk waktu yang lama.

Selain rasa lelah, orang yang bekerja di depan komputer terlalu lama juga bisa mengeluhkan gejala kram otot leher dan kesemutan.

Hal ini disebabkan oleh posisi yang tidak ergonomis atau buruk saat menggunakan komputer. Kemudian, paparan cahaya layar komputer bisa menyebabkan mata lelah dan sakit kepala.

Berbagai gangguan kesehatan yang terjadi tentunya dapat menurunkan kualitas hidup dan malah membuat WFH terasa menyiksa karena kondisi tubuh yang tidak fit.

Artikel Lainnya: Tips Peregangan untuk Anda yang Duduk Terlalu Lama

Tips WFH Bebas Lelah Meski Harus Duduk Lama

Bila Anda harus bekerja di rumah, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan selama work from home:

Tetap Berpola Hidup Sehat

Pola hidup sehat tetap merupakan kunci utama menjaga kesehatan. Perhatikan asupan makanan Anda, pastikan buah dan sayuran tidak terlewat dalam pola makan harian. Jangan lupakan olahraga untuk menjaga kebugaran.

Batasi Penggunaan Komputer

Coba regangkan otot secara berkala di sela bekerja dengan komputer. Anda juga dapat menggunakan komputer sambil berdiri dengan meja khusus agar tidak terus duduk.

Untuk mengurangi keluhan mata lelah akibat penggunaan komputer, gunakan rumus 20-20-20.

Tiap 20 menit di depan komputer, usahakan mata diistirahatkan selama 20 detik. Alihkan pandangan dari screen ke benda yang jaraknya minimal 20 kaki (6 m).

Perhatikan Posisi Duduk

Jangan lupa memerhatikan posisi duduk Anda saat bekerja. Misalnya, hindari kursi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Artikel Lainnya: Ini 7 Penyakit Berbahaya Akibat Duduk Terlalu Lama

Konsumsi Vitamin

Asupan makanan yang tidak optimal kadang membuat kebutuhan vitamin tidak terpenuhi. Hal ini tentu dapat memengaruhi kondisi tubuh menjadi tidak bugar saat WFH dan akhirnya memicu kelelahan.

Untuk itu, konsumsilah suplemen dengan kandungan vitamin esensial yang lengkap. Forneuro dapat menjadi pilihan tepat dengan vitamin B1, B6, B12, vitamin E dan asam folat.

Vitamin B penting untuk menunjang fungsi saraf. Sementara, vitamin E merupakan antioksidan dalam menurunkan radikal bebas yang menjadi biang berbagai penyakit, seperti sakit jantung dan kanker.

Asam folat sendiri adalah kandungan yang baik untuk menunjang produksi sel darah merah.

Untuk usia dewasa, Anda dapat mengonsumsi Forneuro sebanyak 1 kapsul per hari atau sesuai anjuran dokter. Rutin minum Forneuro dapat membantu mengatasi gejala pegal, kesemutan, dan cepat lelah.

Kini, Anda tak perlu lagi khawatir akan terserang kelelahan akibat duduk terlalu lama saat WFH.

Perhatikan asupan gizi Anda, berolahraga rutin, dan jangan lupa suplemen multivitamin Forneuro untuk menunjang kesehatan!

Bila ingin konsultasi lebih lanjut ke dokter seputar gejala kelelahan, gunakan layanan LiveChat di Klikdokter.

(FR/AYU)

AdvertorialDuduk Terlalu LamaWork From Home

Konsultasi Dokter Terkait