HomeGaya hidupPerawatan WanitaEfek Buruk Membersihkan Wajah Menggunakan Tisu Basah
Perawatan Wanita

Efek Buruk Membersihkan Wajah Menggunakan Tisu Basah

Tamara Anastasia, 12 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Karena malas memakai makeup remover, Anda jadi menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah. Awas, pakai tisu basah untuk wajah bisa picu iritasi!

Efek Buruk Membersihkan Wajah Menggunakan Tisu Basah

Sebagian besar dari Anda mungkin masih banyak yang menggunakan tisu wajah untuk membersihkan riasan. Pilihan ini memang lebih praktis ketika Anda terlalu malas untuk mencuci muka. Namun, apakah tisu basah baik untuk wajah?

Sayangnya, tisu basah untuk wajah sebenarnya tidak direkomendasikan. Pasalnya, disampaikan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, tisu basah tidak diformulasikan untuk menghapus makeup dan menjaga kesehatan kulit wajah.

“Tisu basah biasa tidak diformulasikan untuk menghapus makeup dan memelihara kesehatan kulit wajah. Kalau tisu basah pembersih makeup biasanya ada campuran makeup remover yang berupa minyak untuk mengangkat riasan, bahkan yang waterproof,” ujarnya. 

“Namun, tekstur tisu tetap bisa mengganggu barrier kulit jika digunakan terlalu vigorous (kencang) dan sering,” ujar dr. Astrid.

Lantas, apa saja dampak buruk penggunaan tisu basah untuk muka? 

1. Kulit Jadi Kering 

Tisu basah memiliki beberapa bahan kimia di dalamnya seperti alkohol dan pengawet yang membuatnya bertahan lebih lama. Dilansir dari Life Health, bahan kimia yang terkandung dalam tisu basah juga dianggap ampuh dalam menghilangkan bakteri, jamur, dan kuman lainnya. 

Hal inilah yang buat tisu basah bisa buat wajah jadi lebih kering dan kasar. Karena itu, setiap kali Anda menggunakan tisu basah untuk membersihkah wajah, segera cuci dengan air dan sabun. 

2. Bikin Produk Perawatan Kulit Wajah Tidak Efektif 

Tisu wajah mengandung banyak bahan kimia yang dapat menghilangkan pengaruh produk perawatan kulit. Jadi, seseorang harus menghindari penggunaan tisu basah di wajah saat mengaplikasikan produk perawatan kulit apa pun.

Artikel lainnya: 5 Potensi Bahaya Tisu Toilet bagi Organ Kewanitaan

3. Muncul Garis Halus

Bahaya tisu basah untuk wajah lainnya adalah berisiko memunculkan garis halus di wajah. Hal ini disebabkan oleh tekanan berlebih yang muncul saat penggunaan tisu basah untuk wajah. 

Jika digunakan secara rutin dan berulang, garis halus pada wajah bisa saja muncul, terutama di area mata. Selain garis halus, elastisitas wajah juga jadi berkurang sehingga membuat kulit tampak kendur.

4. Iritasi Kulit 

Beberapa bahan kimia dalam tisu basah juga bisa menyebabkan iritasi terutama bagi mereka yang punya kulit sensitif. Biasanya, iritasi akan ditandai dengan muncul kemerahan dan rasa panas pada beberapa titik wajah.

Jika iritasi kulit muncul, segera hentikan penggunaan tisu basah dan konsultasikan pada dokter untuk penanganan yang tepat.

Artikel lainnya: Pilih Mana, Makeup Remover atau Micellar Water?

5. Berbahaya bagi Kulit Sekitar Mata

Mata adalah bagian tubuh yang sensitif. Mengelap wajah dengan tisu basah justru berisiko mengiritasi mata dan membuat kulit bawah mata jadi semakin kendur. Akibatnya, mata jadi terlihat lebih sayu, hitam, dan mengantuk.

6. Buruk untuk Keseluruhan Kesehatan Kulit 

Karena tidak bisa mengangkat kotoran dengan maksimal, tisu basah hanya menyebabkan permasalahan jerawat dan komedo jadi muncul. Kotoran yang tertinggal dan tidak terangkat secara sempurna bisa diam dalam kulit dan menyebabkan jerawat dan komedo. 

“Yang terbaik itu sebenarnya tetap menggunakan air dan sabun untuk membersihkan wajah, apalagi jika Anda baru saja selesai beraktivitas di luar rumah,” saran dr. Astrid.

“Kalaupun harus menggunakan tisu basah untuk wajah, pilih yang diformulasikan khusus dan punya bahan makeup remover. Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan muka dengan air dan sabun. Sabunnya pilih yang sesuai dengan jenis kulit,” ujar dr. Astrid. 

Setelah mengetahui fakta medis tentang penggunaan tisu basah di atas, masih tertarik menggunakannya untuk membersihkan muka?

Hayo, dikurangi penggunaan tisu basahnya. Lebih baik gunakan tisu basah untuk mengelap area tangan, dan benda-benda asing di sekitar Anda. 

Konsultasikan permasalahan kesehatan kulit Anda kepada dokter melalui fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

kulit

Konsultasi Dokter Terkait