Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupPerawatan WanitaMengenal Zat Peptide untuk Kulit Wajah Awet Muda
Perawatan Wanita

Mengenal Zat Peptide untuk Kulit Wajah Awet Muda

dr. Arina Heidyana, 17 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Peptide merupakan salah satu zat yang ada di dalam skincare anti-aging. Apa manfaat peptide untuk kulit? Benarkah peptide dapat mencegah penuaan kulit?

Mengenal Zat Peptide untuk Kulit Wajah Awet Muda

Sekarang ini, penuaan dini pada kulit lebih rentan terjadi akibat berbagai macam paparan radikal bebas setiap hari. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada banyak produk skincare anti-aging atau anti-penuaan dijual di pasaran.

Salah satu zat dalam produk perawatan kulit yang punya kemampuan anti-aging adalah peptide. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai peptide di artikel ini.

Mengenal Zat Peptide untuk Kulit

Peptide atau peptida adalah kandungan zat yang termasuk dalam golongan asam amino. Cara kerjanya dengan merangsang kolagen agar kulit tetap terjaga elastisitasnya.

Peptida merupakan zat yang membangun protein di dalam tubuh kita, termasuk kolagen di kulit. 

Sebenarnya, tubuh sudah menghasilkan kolagen secara alami. Tetapi seiring bertambahnya usia, produksi zat kolagen di dalam tubuh akan menurun. 

Ketika tubuh kekurangan atau kehilangan kolagen, wajah jadi berkerut, kuku rapuh, dan rambut rentan patah karena kering.

Artikel Lainnya: Cara Mencegah dan Mengatasi Garis Kerutan di Dahi

Perlu diketahui bahwa peptida juga memiliki cara kerja yang lebih kompleks. Kehadirannya menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki. 

Misalnya, ketika kamu mengoleskan peptida ke wajah, tubuh menangkap sinyal untuk menghasilkan kolagen lebih banyak di tempat tersebut.

Selain itu, peptida memiliki molekul yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Peptida juga lebih mudah menembus kulit dan usus, sehingga dapat masuk ke aliran darah lebih cepat. 

Manfaat Skincare yang Mengandung Peptide

Rutin menggunakan skincare yang mengandung peptide akan memberikan banyak manfaat, mulai dari mencegah penuaan dini hingga membantu mengatasi jerawat. Berikut penjelasan lengkapnya: 

1. Memperlambat Penuaan

Produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kulit yang kendur membuat penampilan seseorang jadi tampak lebih tua. 

Maka itu, kamu membutuhkan asupan nutrisi atau skincare yang bisa meningkatkan elastisitas kulit. Kamu dapat menggunakan peptida sebagai pilihan untuk menstimulasi kolagen. 

Nantinya, peptide dapat meningkatkan elastisitas dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan di kulit.

Dalam studi klinis yang diikuti oleh 22 orang wanita, didapatkan bahwa ada perbaikan pada kerutan kulit secara signifikan setelah dua minggu menggunakan peptida.

2. Memperbaiki Lapisan Terluar Kulit

Kandungan peptida dalam produk skincare dapat membantu memperbaiki kondisi lapisan terluar kulit atau skin barrier. 

Lapisan terluar kulit ini bisa saja rusak akibat paparan sinar matahari, eksfoliasi yang berlebihan, paparan debu, asap polusi maupun asap rokok.

Salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengemukakan bahwa peptida mampu memperbaiki lapisan terluar kulit pada studi yang dilakukan di laboratorium.

Artikel Lainnya: Ladies, Ini Cara Penggunaan Skincare yang Benar

3. Meredakan Peradangan 

Peptide ternyata bermanfaat untuk meredakan peradangan, memperbaiki kulit yang rusak, dan meratakan warna kulit. 

Untuk mengatasi peradangan pada wajah, selain memakai produk yang mengandung peptida, kamu juga bisa menggunakan obat yang dianjurkan dokter dan diimbangi dengan pola makan sehat. 

4. Mengatasi Jerawat

Bersifat sebagai antimikroba, penggunaan peptida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, skincare yang mengandung peptida bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat

Perawatan untuk jerawat yang terpenting adalah rajin membersihkan muka minimal dua kali sehari, menggunakan perawatan wajah khusus untuk kulit berjerawat, dan menjaga asupan makanan agar jerawat tidak bertambah parah.

5. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari 

Paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan kulit rusak. Karena itu, kamu perlu mengoleskan tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit. 

Selain tabir surya, kamu bisa membantu meningkatkan perlindungan di kulit dengan menggunakan produk skincare yang mengandung peptida. Fungsi peptide juga dapat merangsang produksi melanin dan pigmen kulit. 

6. Mengencangkan Kulit

Peptide dianggap bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Selain memberi sinyal untuk menghasilkan kolagen, peptida juga menyusun serat elastin. Elastin inilah yang bertindak membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 18 wanita yang diberikan minuman suplemen mengandung peptida. Hasilnya, terdapat peningkatan nyata dalam elastisitas dan hidrasi kulit serta mengurangi kerutan.

Artikel Lainnya: Mengenal pH Balance pada Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulit

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Karena kolagen adalah komponen penting dari kulit yang sehat, peptida juga dapat memfasilitasi penyembuhan luka yang lebih cepat.

Peptida dapat bertindak sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Itulah berbagai manfaat peptide untuk kulit agar lebih awet muda. Kini telah banyak produk perawatan kulit yang menggunakan bahan dasar peptida di dalamnya. Pastikan produk yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu.

Cari tahu informasi lainnya seputar kesehatan dan kecantikan kulit dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Bila butuh konsultasi dengan dokter kulit, kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter. #JagaSehatmu selalu, ya!

[RS]

Kecantikan KulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter