Sukses

Mengenal Zat Peptide untuk Kulit Wajah Awet Muda

Peptide merupakan salah satu zat yang ada di dalam skincare antiaging. Apa manfaat peptide untuk kulit? Benarkah peptide mencegah penuaan di kulit?

Punya wajah awet muda adalah goals bagi kebanyakan orang, terutama wanita. Oleh karena itu, banyak produk skincare antiaging atau antipenuaan dijual di pasaran. 

Salah satu zat dalam produk skincare yang punya kemampuan antiaging adalah peptide. Yuk, cari tahu tentang peptide dan apa saja kelebihannya untuk kulit wajah lewat ulasan ini.  

1 dari 3 halaman

Mengenal Zat Peptide untuk Kulit

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan bahwa peptide atau peptida adalah kandungan zat yang termasuk ke dalam golongan asam amino. Peptide bekerja merangsang kolagen agar kulit tetap terjaga elastisitasnya.

Diwartakan dari beberapa sumber, peptida ini merupakan zat yang membangun protein di dalam tubuh kita, termasuk kolagen di kulit. 

Sebenarnya, tubuh sudah menghasilkan kolagen secara alami. Tetapi seiring bertambahnya usia, produksi zat kolagen di dalam tubuh akan menurun. Ketika tubuh kekurangan atau kehilangan kolagen, wajah jadi berkerut, kuku rapuh, dan rambut rentan patah karena kering. 

Tidak hanya itu, peptide memiliki cara kerja yang lebih kompleks. Dilansir dari Dermstore, dr. Whitney Bowe, dermatolog dari New York, Amerika Serikat mengatakan, tubuh melihat peptida sebagai pemberi “sinyal”. 

Artikel Lainnya: Cara Mencegah dan Mengatasi Garis Kerutan di Dahi

Kehadiran peptide menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Misalnya, ketika Anda mengoleskan peptide ke wajah, tubuh menangkap sinyal untuk menghasilkan kolagen lebih banyak di tempat tersebut. 

Lalu, jika mengalami cedera di pergelangan kaki, peptida memberi sinyal ke tubuh Anda untuk fokus memperbaiki sendi di sekitar lokasi cedera. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Skincare yang Mengandung Peptide

Zat peptide dalam skincare dapat menembus lapisan luar kulit untuk meresap lebih dalam. Apabila rutin mengaplikasikan peptide ke wajah, berikut manfaat yang bisa Anda dapat:

  1. Memperlambat Penuaan

Seperti yang dijelaskan di atas, produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kulit yang kendur membuat penampilan seseorang jadi tampak lebih tua. 

Maka itu, Anda membutuhkan asupan nutrisi atau skincare yang bisa meningkatkan elastisitas kulit. Anda bisa menggunakan peptide sebagai pilihan untuk menstimulasi kolagen. 

Nantinya, peptide dapat meningkatkan elastisitas dan memperlambat munculnya tanda penuaan di kulit.

  1. Memperbaiki Skin Barrier Kulit 

“Kandungan peptide dalam produk skincare berfungsi membantu memperbaiki kondisi skin barrier. Skin barrier ini bisa saja rusak akibat paparan sinar matahari, eksfoliasi kulit yang berlebihan, paparan debu, asap polusi, dan paparan asap rokok,” ujar dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Tindakan Sederhana yang Bikin Awet Muda, Apa Saja?

  1. Meredakan Peradangan 

Peptida dapat membantu meredakan peradangan, memperbaiki kulit yang rusak, dan meratakan warna kulit. Beberapa jenis peptida memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain menggunakan produk mengandung peptide, Anda juga bisa menggunakan obat jerawat yang dianjurkan dokter dan diimbangi dengan pola makan sehat. 

  1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari 

Paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan kulit rusak. 

Karena itu, Anda perlu mengoleskan tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit. 

Selain tabir surya, Anda bisa membantu meningkatkan perlindungan di kulit dengan menggunakan produk skincare yang mengandung peptide. 

“Biasanya, kandungan peptide ini terdapat di campuran serum atau moisturizer. Jadi memang dianjurkan untuk memakai produk ini sesuai dengan jenis kulit. Produk perawatan yang mengandung peptide juga bisa digunakan bersamaan dengan produk mengandung vitamin C, niacinamide, atau hyaluronic acid,” jelas dr. Devia Irine. 

Namun, penggunaan skincare berbahan alpha hydroxy acids (AHA) sebaiknya tidak dipakai bersamaan dengan produk mengandung peptide. Sebab, fungsi dari peptide itu sendiri bisa bekerja secara tidak maksimal jika dikombinasikan dengan AHA.

Apakah bahan peptide bisa menyebabkan alergi? Menurut dr. Devia sangat jarang produk berbahan peptide dapat memicu alergi, jerawat, atau iritasi. Akan tetapi, jika kondisi kulit Anda memang sensitif, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum menggunakan produk mengandung peptide. 

Cari tahu informasi kesehatan dan kecantikan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar