Pencernaan

Mengenal GERD Anxiety yang Mesti Diwaspadai Kaum Milenial

Tamara Anastasia, 01 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes.

Gerd anxiety adalah kondisi asam lambung naik ketika kamu mengalami kecemasan. Kondisi ini sering terjadi pada kaum milenial, lho. Kenali gejala dan cara mengatasinya!

Mengenal GERD Anxiety yang Mesti Diwaspadai Kaum Milenial

Kaum milenial mungkin sudah tidak asing dengan istilah anxiety. Keadaan tersebut ternyata tidak hanya memicu rasa gelisah di hati, tapi juga bisa meningkatkan risiko GERD. Kondisi ini dikenal medis dengan istilah GERD anxiety.

Tidak bisa dianggap sepele, pasalnya GERD anxiety adalah kondisi gabungan dari masalah fisik dan psikis. Jika dibiarkan terus tanpa diobati dengan tepat, dapat menimbulkan bahaya dan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Apa Itu GERD Anxiety?

GERD

Menurut dr. Sara Elise Wijono, GERD anxiety merupakan gangguan saluran pencernaan yang dipicu karena adanya kecemasan. 

Agar tidak salah kaprah, berikut ini penjelasan dari kondisi GERD dan anxiety:

GERD

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit kronis pada saluran pencernaan. Kondisi ini ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Jika kondisi ini terus terjadi dan tidak diatasi, kerongkongan berisiko tinggi mengalami iritasi. 

Ada banyak penyebab GERD, mulai dari konsumsi makanan pedas, asam, minuman bersoda, kebiasaan merokok, langsung tidur setelah makan, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Sering Dikira Sama, Apa Beda GERD dengan Sakit Maag?

Anxiety 

Anxiety merupakan kecemasan yang muncul akibat respons alami tubuh saat dihadapkan dengan suatu masalah. 

Kaum milenial adalah golongan orang yang berisiko tinggi mengalami anxiety, meski tak menutup kemungkinan untuk dialami oleh siapa saja. 

Salah satu hal yang menyebabkan kaum milenial lebih rentan mengalami anxiety adalah kesulitan, khawatir, galau, dan bingung untuk menentukan langkah dalam menentukan masa depan. Kondisi ini sering disebut sebagai quarter life crisis.

“Seseorang yang mengalami GERD anxiety mulanya akan mengalami kecemasan terlebih dahulu. Dari kecemasan itu, munculah komplikasi lain seperti GERD,” jelas dr. Sara.

“Jadi, GERD anxiety adalah asam lambung yang naik akibat seseorang sedang mengalami kecemasan. Pada dasarnya, masalah psikologis seperti stres dan cemas adalah faktor risiko GERD itu sendiri,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Keringat Dingin Timbul saat Sakit Lambung, Ini Alasannya

Gejala GERD Anxiety yang Harus Diwaspadai

GERD secara umum atau yang terjadi akibat kecemasan memiliki gejala yang sama. Hal yang membedakan hanyalah penyebab yang mendasarinya. 

Lalu, apa saja gejala GERD anxiety? Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Muncul rasa panas di bagian dada atau heartburn
  • Sakit perut, dan mual
  • Sensasi tercekik di bagian tenggorokan
  • Gangguan tidur 
  • Sering merasa gelisah atau khawatir berlebih
  • Keringat dingin
  • Jantung berdebar, bahkan hingga menyebabkan sesak

Artikel Lainnya: Jangan Diabaikan, Ini 12 Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah

Cara Mengatasi GERD Anxiety

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi GERD anxiety ini, sebagai berikut.

1. Minum Obat yang Dianjurkan Dokter

Cara mengatasi GERD anxiety harus disesuaikan dengan gejala yang dialami oleh pasien. Hal ini perlu pemeriksaan langsung oleh dokter, guna menentukan jenis dan dosis obat yang sesuai untuk mengendalikan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

2. Atur Pola Makan

Selain konsumsi obat dari dokter, penderita GERD dan anxiety juga perlu mengatur pola makan. Kamu sebaiknya mengurangi makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti makanan pedas, asam, berlemak, dan berminyak.

Tidak cukup hanya dengan itu, penderitanya juga mesti berupaya mengatasi anxiety yang dialami. 

3. Hindari Hal yang Menjadi Pemicu GERD Anxiety

“Caranya dengan mencari tahu penyebab munculnya anxiety dan berusaha untuk menghindarinya. Cari kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan,” saran dr. Sara.

“Apabila kecemasan terus berlanjut dan tidak kunjung membaik, sebaiknya dikonsultasikan dengan psikolog atau psikiater,” pungkasnya.

Jangan tunda untuk berobat ke dokter apabila kamu mengalami sensasi GERD anxiety. Kamu bisa diskusikan keluhan kamu dengan chat dokter spesialis lewat fitur Tanya Dokter. Atau kamu juga dapat konsultasi langsung dengan dokter di klinik menggunakan layanan Temu Dokter. Yuk #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter!

(NB/JKT)

Gangguan KecemasanGERD

Konsultasi Dokter Terkait