Covid-19

Medfact: Anjuran Minum Air Kelapa untuk Menetralkan Vaksin COVID-19

Tri Yuniwati Lestari, 22 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mendadak heboh anjuran minum air kelapa setelah menerima vaksin COVID-19. Benarkah ada hubungan vaksin dengan air kelapa? Ini tanggapan dokter.

Medfact: Anjuran Minum Air Kelapa untuk Menetralkan Vaksin COVID-19

Baru-baru ini, media sosial dan grup aplikasi perpesan Whatsapp dihebohkan anjuran minum air kelapa setelah menerima vaksin COVID-19.

Informasi yang beredar berbunyi, "Buat anggota group yg sudah diVaksin karena dapat undangan, mohon siapkan kelapa ijo… jgn lupa, Bagi yang belum diVaksin persiapkan diri, Insya ALLAH air klapa ijob bisa jadi penawar effect racun Vaksin, Aamiin Ya Robbbal Alamin.

Lantas, adakah hubungan minum air kelapa hijau dengan vaksin virus corona? Cek fakta medisnya di sini.

Benarkah Air Kelapa Bisa Menetralkan Vaksin COVID-19? 

Ada semacam kepercayaan tradisional bahwa konsumsi air kelapa dapat menghambat dan mengurangi efektivitas obat. Sebagian orang pun percaya air kelapa tidak boleh diminum saat sedang dalam pengobatan.

Faktanya, hal itu belum bisa dibuktikan dalam penelitian yang memadai. Lalu, bagaimana dengan minum air kelapa untuk menetralkan vaksin COVID-19? Benarkah efek minum air kelapa  tersebut?

Menjawab isu yang tengah marak tersebut, dr. Arina Heidyana mengatakan tidak ada hubungan antara minum air kelapa dengan vaksin COVID-19.

“Menurut saya tidak benar air kelapa bisa menetralkan vaksin COVID-19. Lagian vaksin kan bukan racun. Jadi apa yang mau dinetralkan?” ucap dr. Arina.

“Ingat juga, vaksin itu disuntiknya ke jaringan otot, sedangkan air kelapa diminum dan masuk ke lambung. Jadi tidak akan ketemu dan tidak akan memberikan interaksi satu sama lain juga,” dia menegaskan.

Klaim soal air kelapa bisa menetralkan vaksin COVID-19 juga dengan tegas dibantah di laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Dalam pernyataan tersebut disebutkan, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi air kelapa bisa mengganggu atau menetralkan fungsi vaksin yang sudah disuntikkan.

Artikel lainnya: Cuma Hoax, Amoxicillin Bukan Obat Virus Corona

Fungsi Air Kelapa yang Sebenarnya untuk Kesehatan 

Sudah jelas tidak ada hubungan antara minum air kelapa dengan vaksin COVID-19. Namun di luar itu, Anda tetap bisa menikmati air kelapa untuk mendapatkan khasiat sehatnya.

Berikut beberapa manfaat dan nutrisi yang dimiliki air kelapa:

1. Elektrolit Alami

Banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman pengganti cairan tubuh yang alami.  Minum air kelapa setelah joging atau olahraga lainnya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Cairan tubuh yang hilang pun dapat segera tergantikan.

Hindari minum air kelapa dengan tambahan gula, karena akan menghilangkan fungsi hidrasinya. Tambahan gula juga dapat menambah kalori dalam tubuh.

2. Rendah Kalori

Dalam satu cangkir air kelapa hanya berisi 45 kalori, terhitung rendah bila dibandingkan dengan jus buah lainnya.

Dikutip dari Healthline, Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat dibanding jus buah lainnya. 

Selain itu, air kelapa memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium. 

Artikel lainnya: Mata Merah Tanda Gejala Positif Corona, Hoaks atau Fakta?

3. Kandungan Kalium yang Tinggi

Air kelapa memiliki 10 kali lebih banyak jumlah kalium dari kebanyakan minuman elektrolit lainnya. Secangkir air kelapa memiliki 405 mg  kalium.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat sedang berolahraga. 

4. Memiliki Kandungan Kalsium dan Magnesium

Kalsium memiliki fungsi penting bagi kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium dapat membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik, apalagi pada saat Anda sedang melakukan aktivitas berat.

Magnesium juga membantu untuk mengurangi resiko kram atau otot kaku pada saat melakukan aktivitas yang berat.

Artikel lainnya: Fakta atau Hoaks Hasil Rapid Test Reaktif Bila Anda Sedang Flu?

5. Memiliki Kandungan Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Minumlah air kelapa langsung dari buahnya untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi.

6. Mengandung Asam Amino

Asam amino penting untuk memperbaiki jaringan tubuh, serta membantu penyusunan protein tubuh. Asam amino pada air kelapa lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. 

Asam amino non-esensial yang ada dalam kelapa seperti alanin, arginin, sistein, dan serin. Asam amino ini dapat membantu tubuh merespon stres. Selain itu, kandungan arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Mengandung Sitokinin

Senyawa ini dipercaya memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat menangkal kanker.

Meskipun memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, konsumsi air kelapa tidak boleh berlebihan karena akan menimbulkan efek buruk untuk kesehatan. Dokter Arina menyarankan untuk mengonsumsi satu gelas saja sehari.

“Jika minum berlebihan, air kelapa bisa menyebabkan kadar elektrolit di dalam darah tidak seimbang. Akibatnya, bisa timbul kram, lemah, lesu, mati rasa. Lalu bisa juga menurunkan tekanan darah, mengganggu fungsi ginjal, dan menyebabkan diare,” kata dr. Arina.

Jadi, konsumsi air kelapa tidak menetralkan vaksin COVID-19 dalam tubuh. Justru, bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, air kelapa bermanfaat bagi kesehatan.

Yuk, lawan hoaks dengan mencari tahu kebenaran info sebelum menyebarkannya lagi. Baca artikel seputar virus corona dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

virus coronaMedFact

Konsultasi Dokter Terkait