HomeInfo SehatKulitPakai Sheet Mask setiap Hari dapat Mengatasi Jerawat, Benarkah?
Kulit

Pakai Sheet Mask setiap Hari dapat Mengatasi Jerawat, Benarkah?

Tri Yuniwati Lestari, 24 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pakai sheet mask setiap hari sebelum tidur diklaim bisa mengatasi jerawat. Apa iya, klaim ini benar? Simak dulu penjelasannya di sini.

Pakai Sheet Mask setiap Hari dapat Mengatasi Jerawat, Benarkah?

Kecil tapi mengganggu. Mungkin itu yang Anda rasakan saat jerawat muncul di wajah. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini, misalnya minyak berlebih, sering terpapar debu dan kotoran, serta faktor genetik.

Untuk mengatasi dan mencegah kemunculan jerawat, perawatan rutin wajib dilakukan. Caranya antara lain dengan membersihkan muka secara teratur, menggunakan skincare untuk mengurangi minyak berlebih, serta menjalani pola hidup sehat.

Namun, kini ada cara yang diklaim bisa mengatasi jerawat, yakni menggunakan sheet mask setiap hari sebelum tidur. Apa iya, klaim sheet mask untuk penanganan jerawat ini benar?

Bisakah Atasi Jerawat dengan Pakai Sheet Mask Setiap Malam? 

Efek pakai sheet mask setiap hari pada dasarnya tidak berbahaya untuk kulit. Namun, perhatikan dulu kandungan di dalamnya.

"Tidak masalah menggunakan sheet mask setiap hari. Dengan catatan, masker tersebut tidak mengandung asam glikolat," Elizabeth Tanzi, Direktur Capital Laser & Skin Care dan profesor klinis di Departemen Dermatologi di Universitas Washington, Washington DC.

Mengapa demikian? Tanzi beralasan, menggunakan sheet mask yang diformulasikan dengan exfoliating acid, seperti asam glikolat, terlalu kuat untuk penggunaan sehari-hari. Efeknya, kulit bisa teriritasi.

Lalu, kalau untuk dipakai setiap malam, adakah manfaat sheet mask untuk jerawat? Menjawab hal itu, begini penuturan dr. Dyah Novita Anggraini. Menurutnya, ada banyak pemicu jerawat. Jadi, Anda harus mencari tahu dulu penyebab jerawat muncul di wajah.

Artikel lainnya: Bolehkah Menggunakan Masker Saat Sedang Jerawatan?

“Menggunakan sheet mask saja setiap hari enggak berarti bisa menyembuhkan total jerawat,” kata dokter yang akrab disapa Vita itu.

Selain itu, sheet mask mempunyai beberapa kandungan seperti telur atau minyak kelapa. Bahan tersebut bisa berefek pada penyumbatan pori-pori yang justru memperparah jerawat. 

Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat sebaiknya menguji masker di bagian pipi terlebih dahulu. Bila hari berikutnya muncul kemerahan atau bintik kecil, kandungan sheet mask tersebut tidak cocok untuk Anda.

“Jadi, lihat dulu sheet mask yang mau dipakai untuk jenis kulit apa. Acne-prone skin (kulit yang mudah berjerawat) biasanya tidak disarankan,” saran dr. Vita.

Artikel lainnya: 7 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Sheet Mask

Cara Lain Mengatasi Jerawat

Bila sheet mask ternyata bukan pilihan yang dapat mengatasi jerawat, beberapa cara di bawah ini bisa Anda coba:

1. Berhenti Menyentuh Wajah dan Kulit yang Rawan Jerawat

Bila Anda merasa kulit sudah mulai berminyak dan kotor, hindari menyentuh wajah dengan tangan ataupun menggosok-gosoknya dengan selembar tisu. Hal ini dapat mengiritasi kulit, dan memperparah jerawat Anda.

Gunakan tisu khusus untuk wajah, atau kertas minyak untuk mengurangi minyak di wajah Anda.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit dan Kosmetik yang Tidak Sebabkan Jerawat

Beberapa produk dengan label ini punya kandungan yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Beberapa keterangan yang tertera, antara lain tidak menyumbat pori-pori, non-comedogenic, non-acnegenic, dan oil free.

3. Hindari Memencet Jerawat

Anda sering tergoda untuk memencet jerawat guna menghilangkannya secara instan? Tahan keinginan Anda! Tindakan tersebut justru memperburuk keadaan.

Setiap kali Anda menyentuh, mencongkel, atau memencet, sebenarnya Anda sedang memperparah jerawat.

Artikel lainnya: Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

4. Oleskan Obat Jerawat pada Kulit yang Rentan

Anda bisa mengoleskan obat jerawat pada area kulit yang rentan. Tindakan tersebut dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah kemunculannya.

5. Cuci Benda-benda yang Sering Berkontak dengan Wajah

Jagalah selalu kebersihan benda-benda yang sering berkontak dengan kulit wajah, seperti sarung bantal dan seprai. Sel kulit mati, bakteri, dan kotoran akan menumpuk di permukaannya dan dapat menyumbat pori-pori. 

Gantilah seprai setiap minggu dan sarung bantal dua atau tiga kali seminggu, untuk menghindari bakteri bersarang di sana.

6. Mintalah Bantuan Dokter Kulit

Jika jerawat masih saja tumbuh setelah mencoba cara-cara di atas, mungkin Anda perlu bantuan dokter kulit.

Mereka akan menentukan penyebab wajah berjerawat Anda, dan menyesuaikannya perawatannya.

Jadi, menggunakan sheet mask untuk jerawat setiap malam bukanlah solusi. Salah-salah, justru kulit bisa teriritasi. Lebih baik, gunakan sheet mask sesuai anjuran, yakni sekali seminggu bagi pemilik kulit berjerawat.

Jangan ketinggalan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan nutrisi kulit dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

Jerawat

Konsultasi Dokter Terkait