Sukses

Menyingkap Manfaat Kencur untuk Hipertensi

Banyak orang memanfaatkan kencur untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Benar tidak, ya? Yuk, ketahui fakta efektivitas kencur untuk hipertensi.

Hipertensi adalah masalah kesehatan kronis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah hingga di atas normal. Kondisi ini bisa terjadi bertahun-tahun di dalam tubuh, tanpa diketahui penderita.

Jika tidak terkontrol, tekanan darah tinggi bisa memicu gangguan kesehatan serius, seperti stroke dan serangan jantung.

Untuk mengelola penyakit ini, Anda disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan meminum obat-obatan medis menurut petunjuk dokter.

Akan tetapi, bukan hanya obat-obatan dari dokter, beberapa bahan alami juga dipercaya bisa menjaga tekanan darah tetap normal.

Salah satu bahan alami itu adalah kencur. Sebelum Anda mencobanya, mari simak penjelasan dokter soal kencur untuk darah tinggi ini.

1 dari 3 halaman

Adakah Manfaat Kencur untuk Penderita Hipertensi?

Kencur bukanlah barang asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Rimpang ini, bersama lengkuas dan jahe, sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma dalam masakan.

Rimpang dengan nama ilmiah Kaempferia galanga ini juga terkenal sebagai pengobatan batuk alami. Diseduh dengan air panas, kemudian dicampur dengan jeruk nipis, kencur juga baik untuk membantu keluhan batuk.

Lalu, bagaimana dengan kencur untuk hipertensi? Apakah memiliki khasiat yang sama? Diketahui kencur memang memiliki kandungan antioksidan yang mumpuni. Selain itu, efek antiinflamasinya juga dipercaya bisa membantu atasi hipertensi.

Artikel Lainnya: Lakukan 8 Hal Ini untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Namun, semua kandungan itu belum cukup kuat untuk mengamini manfaat kencur untuk hipertensi. Hal itu yang sempat diungkap dr. Sepriani Timurtini Limbong.

"Kencur memang mengandung antioksidan dan punya efek antiinflamasi atau antiperadangan, seperti kebanyakan rempah lainnya. Tapi, untuk spesifik menyasar tekanan darah tinggi, sepertinya belum banyak penelitiannya," ungkap dr. Sepriani.

Keterbatasan inilah yang akhirnya belum bisa menyimpulkan kencur sebagai obat alami untuk tekanan darah tinggi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya secara berkala.

Artikel Lainnya: Manfaat Kencur untuk Kesehatan Saat Puasa

2 dari 3 halaman

Adakah Efek Samping Konsumsi Kencur untuk Penderita Hipertensi?

Karena sifatnya alami, efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi kencur relatif minim bagi penderita hipertensi. Yang penting, Anda mengonsumsinya dalam jumlah wajar.

"Untuk efek sampingnya sendiri belum diketahui jelas sejauh ini. Mungkin muncul efek samping kalau konsumsinya dalam jumlah sangat banyak sekaligus, ya," ungkap dr. Sepriani.

Akan tetapi, hindari konsumsi kencur jika Anda punya alergi pada bahan herbal yang satu ini. Hindari juga pemberian kencur pada bayi di bawah 2 tahun.

Itulah beberapa fakta soal manfaat kencur untuk hipertensi. Jika Anda ingin mengonsumsinya bersamaan dengan pengobatan medis, lebih baik bicarakan dahulu dengan dokter Anda. Apabila muncul reaksi tak biasa, segera hentikan konsumsi kencur.

Masih ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar hal ini? Manfaatkan fitur Live Chat 24 Jam untuk bertanya langsung kepada dokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar