Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Manfaat dan Kelebihan Vegan Skincare untuk Kulit

Mengenal Manfaat dan Kelebihan Vegan Skincare untuk Kulit

Pernah mendengar istilah vegan skincare? Yuk, kita kenali lebih dekat salah satu produk perawatan kulit dengan segudang manfaat ini!

Mentok dengan skincare harian yang tak kunjung menampakkan hasil yang diinginkan? Mungkin ini saatnya Anda mencoba dan berkenalan dengan perawatan wajah yang terbuat dari tumbuhan alias vegan skincare

Supaya Anda tambah yakin, yuk kita bahas sama-sama untuk mengetahui khasiat dan keunggulan dari produk skincare vegan ini!

 

1 dari 4 halaman

Apa Itu Vegan Skincare? 

Sebelum membahas khasiat dan keunggulannya, kenalan dulu dengan arti dari vegan skincare. Sebenarnya, vegan skincare adalah produk atau perawatan kulit yang proses pembuatannya menghindari bahan-bahan hewani.

Lho, memangnya ada produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan dari hewan? Sebenarnya, bahan-bahan produk skincare memang tidak terbuat dari hewan langsung.

Namun, ada beberapa produk skincare yang menggunakan bahan turunan dari hewan, seperti susu dan madu. Bahan-bahan seperti itulah yang dihindari dalam vegan skincare.

Dikutip dari Vogue, produk vegan memang lebih baik digunakan dibandingkan dengan animal product. Terlebih lagi, jika Anda pemilik kulit sensitif. Itu karena bahan-bahan hewani bisa membuat kondisi wajah semakin kering dan dapat menyumbat pori-pori di wajah.

Artikel lainnya: Tetap Menawan di Usia Senja, Ini Skincare untuk Usia 60-an!

Namun, bukan berarti perawatan kulit nonvegan itu tidak baik untuk kulit dan perawatan dari vegan itu yang paling baik. Seperti dikatakan dr. Sepriani T. Limbong, tidak semua produk yang menggunakan animal product itu tidak baik.

Hal itu kembali lagi ke kondisi kulit dan kebutuhan dari kulit individu. Namun, dia menambahkan, vegan skincare bisa jadi lebih baik daripada animal product, apalagi untuk Anda yang kulit sensitif.

“Memang vegan skincare di klaim lebih unggul karena mudah diserap oleh kulit, relatif lebih aman untuk kulit sensitif, dan lebih sustainable untuk lingkungan,” kata dr. Sepriani.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vegan Skincare

Bila Anda seorang vegan yang tidak mengonsumsi makanan hewani, tak ada salahnya untuk menggunakan produk vegan skincare. Berikut manfaat yang disarankan vegan skincare:

1. Terhindar dari Bahan-bahan Bahaya

Produk kecantikan vegan diproduksi tanpa membahayakan hewan dan juga tidak mengandung bahan-bahan hewani.

Bahan-bahan vegan skincare relatif aman karena menggunakan bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan berbahaya, seperti paraben ataupun sodium lauryl sulfate.

2. Ramah untuk Kulit Sensitif

Seperti yang sudah dijelaskan, produk-produk vegan skincare ramah untuk kulit sensitif. Hal ini bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi Anda.

Biasanya, produk-produk yang terbuat dari bahan hewani, seperti susu dan madu, bisa membuat kulit makin sensitif.

Artikel lainnya: Tak Cocok untuk Wajah? Ubah Saja Skincare Jadi Body Care!

3. Kaya Akan Vitamin

Manfaat lain dari formula perawatan kulit vegan adalah bahan-bahan yang diambil dari tanaman cenderung mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Vitamin itu didapatkan dari minyak alami seperti kelapa, argan dan rosehip, alga, ekstrak kedelai, dan ekstrak biji rami. Bahan-bahan ini dipercaya lebih efektif untuk menjaga kelembapan kulit.

4. Kaya Antioksidan

Menurut Indian journal of dermatology, produk nabati biasanya kaya minyak, antioksidan, hidrokoloid, terpenoid, protein, serta senyawa bioaktif lain yang bagus untuk kulit. 

Antioksidan di tumbuhan juga bermanfaat dalam mengurangi gejala dan tanda penuaan. Tak hanya itu, antioksidan, mineral, dan minyak alami akan membantu memperbaiki dan menjaga kelembutan kulit.

5. Kandungan Asam Lemak Tumbuhan Lebih Unggul dari Asam Lemak Hewani

Produk skincare vegan punya kandungan essential fatty acid atau EFA yang bekerja lebih baik pada kulit.

Beberapa penelitian membuktikan lemak esensial, termasuk linoleic acid, pada tumbuhan punya sejumlah manfaat untuk kulit. Yakni, membantu mengempiskan jerawat, melawan kulit kering, mengurangi minyak, serta tingkatkan elastisitas kulit.

Artikel lainnya: Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Jadi Jerawatan

3 dari 4 halaman

Mau Pakai Vegan Skincare? Hindari Kandungan Ini 

Kalau Anda ingin mengganti produk perawatan dengan vegan skincare, ada beberapa kandungan yang perlu dihindari karena termasuk dalam bahan hewani.

Sebab, ada saja kosmetik vegan yang masih menambahkan bahan hewani dalam porsi kecil. Kandungan itu antara lain:

  1. Lanolin, merupakan zat berminyak yang biasa digunakan pada produk pelembap kulit. Lanolin sendiri merupakan zat minyak yang diambil dari bulu domba.
  2. Gelatin, biasa ditemukan dalam produk pelembap kulit. Senyawa ini hasil dari ekstraksi kolagen tulang rawan ataupun kulit hewan, contohnya ikan, sapi, dan babi.
  3. Beeswax (lilin lebah), biasa digunakan untuk bahan pengental skincare.
  4. Kandungan susu, biasa digunakan dalam pelembab produk kecantikan yang didapatkan dari sapi.
  5. Kolestrol, biasa digunakan pada bahan pelembap, yang biasanya berasal dari bulu domba.
  6. Kolagen, masih dalam bahan dari produk pelembap. Kolagen biasa didapat dari sapi atau ikan.
  7. Silk Protein, protein alami dalam produk skincare diperoleh dari noil sutra alami (serat, fibroin) dari kepompong ulat sutra (bombyx mori).

Anda tertarik mencoba perawatan wajah ala vegan skincare? Tak ada salahnya, lho! Yang penting sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda. Konsultasikan dengan dokter kulit jika muncul reaksi tak biasa akibat pemakaian vegan skincare.

Jika masih punya pertanyaan lain tentang masalah kulit atau penyakit lainnya, manfaatkan layanan Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar