HomePsikologiRelationshipCatat! Ini 11 Cara agar Tidak Salting Saat Bertemu Gebetan
Relationship

Catat! Ini 11 Cara agar Tidak Salting Saat Bertemu Gebetan

Aditya Prasanda, 03 Feb 2023

Ditinjau Oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jantung sering berdebar ketika berada dekat dengan orang yang ditaksir? Jangan gugup, Ini cara agar tidak salting saat dekat gebetan!

Catat! Ini 11 Cara agar Tidak Salting Saat Bertemu Gebetan

Siapa yang tak senang saat berada di dekat gebetan alias orang yang ditaksir? Sayangnya, rasa gugup sering kali membuat kamu salah tingkah saat bertemu si dia.

Hal ini justru bisa membuat gebetan merasa terganggu dan bingung dengan sikap yang kamu tunjukkan. Lalu, kenapa muncul rasa gugup saat bertemu orang yang disukai? Gimana cara agar tidak salting saat dekat gebetan? Yuk, cari tahu.

Kenapa Gugup Saat Dekat Orang yang Ditaksir?

Merasa gugup saat berada di dekat gebetan adalah hal yang normal. Disampaikan Psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi., hal ini disebabkan tubuh kamu menghasilkan sejumlah hormon saat sedang jatuh cinta. Hormon yang dikeluarkan bersamaan bikin emosi kamu campur aduk.

“Akibatnya, kamu akan tampak grogi saat bertemu orang yang ditaksir. Kamu juga bisa kebingungan harus merespons pembicaraan seperti apa,” ujar Psikolog Ikhsan.

Pada kondisi tersebut, Ikhsan menambahkan, kamu bisa merasakan senang berlebih bercampur perasaan grogi karena takut salah tingkah.

Kendalikan Gugup Saat Bersama Gebetan dengan Cara Ini

Nah, agar sesi pendekatan alias PDKT bisa berjalan lancar, simak cara agar tidak gugup saat bertemu orang yang disukai berikut:

1. Tetap Jadi Diri Sendiri 

Karena ingin menampilkan citra diri terbaik, kamu mungkin bertingkah tidak sesuai dengan kepribadian asli. Beberapa orang mungkin bisa dikibulin dengan kelakuan palsu tersebut. Namun, orang yang peka justru bisa merasa risih. Mereka mungkin menganggap kamu orang yang sok asyik dan sok kenal.

Bukannya makin dekat, gebetan kamu justru makin menjauh karena merasa ilfeel.

2. Atur Pola Pernapasan 

Cara menghilangkan salting berikutnya, yaitu dengan mengatur pola napas. Kamu tentu tidak mau keringatan saat berhadapan dengan orang yang ditaksir, bukan?

Karena itu, atur pola pernapasan saat bertemu si dia. Tidak mengatur pernapasan justru bisa bikin sikap grogi kamu makin terlihat. Kata-kata yang kamu ucapkan pun bisa jadi berantakan.

3. Tetap Percaya Diri

Jangan minder, tetaplah percaya diri. Biasanya, karena takut dianggap buruk oleh gebetan, kamu jadi tak percaya diri dan tidak menunjukkan sisi positif diri sendiri.

“Karenanya, sebisa mungkin tetap percaya dengan diri sendiri. Jangan karena grogi, kamu justru menunjukkan tindakan tidak biasa akibat tidak percaya diri di hadapan orang yang ditaksir,” ujar Ikhsan.

“Tunjukkan sisi positif dan jangan berlebihan dalam bertindak hingga membuat gebetan tidak nyaman,” Ikhsan menambahkan.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Sesuai

Gunakan pakaian yang nyaman saat bertemu gebetan. Tak lupa, sesuaikan juga dengan acara yang kamu datangi bersama si dia.

Cara agar tidak salting di depan crush ini penting dilakukan karena pakaian yang tidak nyaman atau tidak sesuai bisa memperparah rasa gugup.

5. Buat Rencana ke Depan

Cara menghilangkan salting di depan orang yang kamu taksir bisa dengan menyusun rencana untuk menyikapi hal-hal yang mungkin terjadi saat kamu bertemu gebetan. Coba bayangkan obrolan yang mungkin akan terjadi, lalu bagaimana cara kamu menanggapinya.

Cara tersebut bisa membantu kamu lebih siap menghadapi segala kemungkinan, termasuk menghindari rasa awkward saat ngobrol bareng si dia.

6. Cari Tahu Hal yang Disukai Gebetan

Psikolog Ikhsan menyarankan agar kamu mencari tahu minat maupun hal-hal yang disenangi gebetan.

“Karena nanti topik pembicaraannya bisa saja kepada hal hal yang dia minati ataupun hal yang kamu minati. Supaya selalu ada nih topik yang akan dibahas, biar enggak kaku juga nantinya,” papar Ikhsan.

7. Jangan Berekspektasi Terlalu Tinggi

Rasa cemas bisa muncul karena kamu berekspektasi terlalu tinggi terhadap orang yang kamu taksir. 

“Maka, sebaiknya nilai gebetan kamu apa adanya sesuai dengan yang dia tampilkan dan sampaikan tentang dirinya. Bukan hanya menggunakan penilaian kamu yang belum tentu benar adanya,” jelas Ikhsan.

Jadi, sesuaikan ekspektasi kamu terhadap gebetan, ya, biar grogi berkurang dan rasa kecewa pun bisa diminimalkan.

8. Tatap Matanya Saat Ngobrol

Ketika ngobrol dengan gebetan, sebisa mungkin tatap matanya. Ini menunjukkan rasa percaya diri kamu. Seiring waktu, perasaan canggung pun bisa berkurang saat berhadapan dengan orang yang kamu sukai.

Artikel Lainnya: Cara Efektif Mengatasi Serangan Panik 

9. Dengarkan Ketika Mereka Bercerita 

Mendengarkan gebetan bercerita bisa bikin kamu lebih tenang dan tidak grogi. Kamu cukup mendengar, lalu respons ketika dia selesai bercerita atau meminta pendapatmu.

10. Usahakan Agar Pembicaraan Terus Berlanjut

Meski begitu, bukan berarti kamu harus membiarkan gebetan terus yang mencari topik perbincangan. Tetap usahakan untuk mencari topik menarik agar pasangan merasa lebih dihargai.

11. Sapalah Ketika Bertemu 

Jangan malu untuk menyapa orang yang ditaksir ketika bertemu di tempat umum. Jangan pernah pura-pura tidak melihat ketika berpapasan. Mereka akan merasa tidak dihargai dan tidak dianggap keberadaannya.

Meski merasa gugup dan takut untuk memulai pembicaraan, berikan sapaan singkat, tapi hangat saat bertemu orang yang ditaksir. Pembicaraan singkat bisa mencairkan suasana sekaligus menjadi cara mengatasi rasa gugup.

Kini, kamu bisa mulai menerapkan sederet cara agar tidak salting saat berhadapan dengan gebetan. Jika pada pertemuan pertama sudah berjalan dengan baik, biasanya akan membuahkan hasil yang positif ke depannya.

Apabila kamu punya pertanyaan lain seputar tips menjalin komunikasi yang sehat dengan pasangan, konsultasikan langsung kepada psikolog lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu. 

(ADT/NM)

Asmara

Konsultasi Dokter Terkait