Sukses

Cara Mengendalikan Rasa Gugup Saat Bersama Gebetan

Jantung sering berdebar ketika berada dekat dengan orang yang ditaksir. Jangan salah tingkah! Ini cara mengatasi rasa gugup saat di dekat gebetan!

Siapa yang tak girang saat berhasil berada di sekitar gebetan alias orang ditaksir? Baik saat berada di tempat nongkrong, lingkungan kerja, maupun di kampus. Sayangnya, rasa gugup sering kali membuat Anda jadi salah tingkah.

Pada akhirnya, sang gebetan malah merasa terganggu dan bingung dengan sikap Anda itu. Bagaimana sih, cara mengatasi rasa gugup saat dengan gebetan? 

 

1 dari 3 halaman

Kenapa Gugup Saat Dekat Orang yang Ditaksir?

Mungkin cukup banyak yang merasa gugup atau gelagapan saat berada di dekat dengan orang yang disukai.

Hanya saja, kenapa ya perasaan itu bisa muncul, dan mengapa Anda jadi salah tingkah saat dekat dengan orang yang ditaksir? 

Menjawab pertanyaan ini, psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi. mengatakan bahwa ketika sedang jatuh cinta, akan ada banyak hormon yang terproduksi.

Akibatnya, emosi Anda jadi bercampur aduk akibat hormon yang dikeluarkan secara bersamaan. 

“Ketika hal ini terjadi, orang yang sedang jatuh cinta akan tampak grogi. Anda pun jadi lebih bingung harus merespons pembicaraan seperti apa,” ujar Ikhsan.

“Pada kondisi tersebut, orang tersebut bisa merasakan senang yang berlebihan dan dicampur dengan perasaan grogi karena takut salah tingkah,” Ikhsan menambahkan. 

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Serangan Panik Saat Gugup

2 dari 3 halaman

Kendalikan Gugup dengan Cara Ini

Nah, agar sesi pendekatan alias PDKT bisa berjalan dengan lancar, berikut cara agar tidak grogi saat bersama orang yang ditaksir:

1. Tetap Jadi Diri Sendiri 

Karena ingin menampilkan jati diri terbaik, Anda jadi bertingkah yang tidak sesuai dengan kepribadian. Beberapa orang mungkin bisa dikibulin dengan tingkah fake ini.

Namun, orang yang peka mungkin akan risih dan merasa Anda jadi orang yang sok asik dan sok kenal.

Bukan semakin dekat dengan orang yang Anda suka, si gebetan bisa jadi menjauh karena “ilfil”.

2. Atur Pola Pernapasan 

Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan lainnya adalah dengan mengatur pola napas. Tidak mau, kan, terlihat seperti orang yang baru selesai olahraga?

Wajar jika Anda merasa gugup, tapi jika pernapasan Anda tidak diatur, sikap grogi Anda justru semakin terlihat. Kata-kata yang keluar dari mulut Anda pun bisa jadi tidak masuk akal alias berantakan.

3. Tetap Percaya Diri

Jangan minder, tetaplah percaya diri. Biasanya, karena takut dianggap buruk oleh gebetan, Anda jadi tak percaya diri dan tidak menunjukkan sisi positif diri.

“Sebisa mungkin tetap percaya dengan diri sendiri. Jangan karena grogi, Anda jadi menunjukkan tindakan tidak biasa karena tidak percaya diri di hadapan gebetan. Tunjukkan sisi positif dan jangan berlebihan dalam bertindak hingga membuat gebetan tidak nyaman,” ujar Ikhsan.

Artikel Lainnya: Lagi Cari Jodoh? Ini Tanda Kamu Tak Cocok Main Aplikasi Kencan Online

4. Dengarkan Ketika Mereka Berbicara atau Bercerita 

Mendengarkan orang yang ditaksir bercerita akan buat diri jadi lebih tenang dan tidak grogi.

Anda cukup mendengar dan merespons jika memang perbincangan itu telah selesai atau jika mereka meminta pendapat.

Namun, bukan berarti Anda harus membiarkan gebetan terus yang mencari topik perbincangan. Tetap usahakan untuk mencari topik menarik agar pasangan merasa lebih dihargai.

5. Sapalah Ketika Bertemu 

Jangan malu untuk menyapa orang yang ditaksir ketika bertemu di tempat umum. Jangan pernah pura-pura tidak melihat ketika berpapasan. Mereka akan merasa tidak dihargai dan tidak dianggap keberadaannya.

Ya, meski kagok dan takut untuk memulai pembicaraan, berikan sapaan singkat tapi hangat saat bertemu orang yang ditaksir. Pembicaraan singkat bisa mencairkan suasana sekaligus menjadi cara mengatasi rasa gugup Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi gugup saat dekat dengan orang yang Anda taksir. Jika pada pertemuan pertama sudah berjalan dengan baik, biasanya ini akan membuahkan hasil yang positif ke depannya.

Jika masih ingin berdiskusi dengan dokter seputar cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan, manfaatkan layanan LiveChat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar