Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Brotowali, Bahan Tradisional yang Ampuh untuk Usir Asam Urat

Brotowali, Bahan Tradisional yang Ampuh untuk Usir Asam Urat

Brotowali dikenal sebagai jamu yang punya rasa pahit. Brotowali disebut-sebut bisa dikonsumsi sebagai obat asam urat. Benarkah demikian?

Brotowali adalah tumbuhan semak dengan nama latin Tinospora cordifolia. Bagian akar, batang, dan daun brotowali, sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Bagi Anda yang suka minum jamu brotowali, pasti paham rasa minuman herbal ini. Ya, jamu brotowali punya rasa pahit luar biasa dan biasanya tidak untuk diminum dalam jumlah banyak.

Brotowali dipercaya dapat mengatasi berbagai kondisi, seperti demam, kolesterol tinggi, sakit perut, atau kudis. Bahkan, brotowali disebut-sebut juga bisa menjadi obat untuk mengobati asam urat. Benarkah demikian? Simak faktanya lewat ulasan di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Apakah Brotowali Bisa Digunakan Sebagai Obat Asam Urat?

Asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan bagian sendi tubuh terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam urat (uric acid) di dalam tubuh yang akhirnya menumpuk di bagian persendian.

Nyeri sendi akibat asam urat tidak bisa disembuhkan total. Anda hanya dapat mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh agar tak menimbulkan gejala nyeri sendi.

Umumnya, orang dengan asam urat harus mengubah gaya hidupnya dengan makan makanan sehat dan mengonsumsi obat-obatan secara rutin.

Lalu, apakah dengan minum jamu brotowali kondisi asam urat bisa berangsur membaik? Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, brotowali sudah banyak diteliti untuk dijadikan obat asam urat.

Artikel Lainnya: Terapi Herbal Ampuh Sembuhkan Penyakit

"Sudah banyak penelitian yang mempelajari manfaat brotowali untuk mencegah dan bantu mengatasi asam urat. Brotowali disinyalir memiliki potensi uricosuric untuk bantu buang zat penyebab asam urat," ujar dr. Astrid.

Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di India pada tahun 2018, kandungan brotowali diyakini dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Manfaat ini didapat dari kandungan endofit yang ada di dalam tanaman brotowali.

Di dalam uji studi, para peneliti menemukan endofit di dalam brotowali mengandung inhibitor (zat penghambat) xanthine oxidase. Perlu diketahui enzim xanthine oxidase ini berperan dalam membentuk asam urat di dalam tubuh.

Inhibitor XE dilaporkan memiliki kekuatan yang sebanding dengan allopurinol, yakni obat asam urat. Allopurinol bekerja dengan mengurangi jumlah asam urat yang dibuat oleh sel tubuh dan membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di persendian.

Kendati begitu, penelitian ini masih terbatas dan butuh cakupan yang lebih luas untuk membuktikan khasiat brotowali dalam mengobati asam urat.

Artikel Lainnya: Ragam Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes Secara Alami

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Brotowali

Meski dipercaya bermanfaat untuk mengatasi asam urat, namun ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Brotowali hanya dapat digunakan sebagai pengobatan pendamping, bukan pengobatan utama.

Orang yang memiliki kondisi nyeri sendi asam urat harus berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum minum jamu atau herbal yang terbuat dari brotowali. Dokter bisa merekomendasikan takaran dosis, cara pakai, serta memberitahukan efek samping yang dapat terjadi.

Tak hanya itu, hindari mengonsumsi brotowali apabila Anda punya kondisi kesehatan berikut ini:

  • Diabetes

Orang dengan diabetes harus berhati-hati ketika mengonsumsi jamu brotowali. Pasalnya, kandungan di dalam herbal ini bisa berdampak kepada kadar gula darah dalam tubuh.

  • Penyakit Autoimun

Tinospora cordifolia bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dan meningkatkan gejala penyakit autoimun. Jika Anda memiliki kondisi penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis (MS), lupus, rheumatoid arthritis (RA), sebaiknya hindari penggunaan herbal dari tanaman brotowali.

Artikel Lainnya: Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat

  • Mau Menjalani Operasi

Brotowali diyakini dapat memengaruhi kadar gula darah. Apabila Anda hendak menjalani operasi sebaiknya hindari konsumsi brotowali dua minggu sebelum jadwal pembedahan.

Anda juga harus melaporkan obat-obatan herbal yang sedang dikonsumsi agar dokter dapat bertindak untuk meminimalkan risiko operasi.

Kini sudah tahu, kan, kalau asam urat punya potensi untuk menurunkan sakit asam urat? Ingat! Pengobatan asam urat hanya bisa dilakukan dengan hidup sehat dan minum obat rutin dari dokter.

Herbal brotowali hanya sebagai obat pendamping saja, bukan obat utama atau satu-satunya! Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar